23 September

Sukses Cara Membasmi Rayap di Tembok

Cara membasmi rayap di tembok sebenarnya ada beberapa kesamaan dengan cara membasmi rayap di plafon ataupun lemari. Jika tidak segera di basmi, maka area sarang rayap akan semakin luas. Tentunya ini sangat mengganggu pemandangan, belum lagi serbuk sarang yang harus dibersihkan setiap hari.

Daftar Isi

Yuk ikuti cara basmi rayap di tembok berikut

Rayap ialah hewan pengerat yang sangat tidak disukai manusia. Bukan hanya karena menggerogoti furnitur rumah, tetapi jika terkena gigitannya juga cukup sakit. Rayap selalu memakan dinding rumah tanpa henti, maka harus segera diatasi dengan cara berikut:

1. Gunakan Bahan Alami

cara menghilangkan rayap

Cara membasmi rayap di tembok secara alami bisa digunakan dengan mudah. Mengingat saat ini semua bahan yang dibutuhkan bisa diperoleh di pasaran. Contohnya, air sabun, kapur barus, garam hingga karbol lantai. Air sabun bisa langsung dipraktikkan dengan menyemprot pada area sarang rayap.

Sedangkan kapur barus, bisa diletakkan di dekat sarang rayap tersebut. Atau jika ingin menyemprot juga boleh, hancurkan terlebih dulu dan larutkan ke dalam air. Begitu juga dengan karbol lantai dan garam bisa disemprotkan langsung pada sarang rayap.

2. Manfaatkan Pestisida

cara membasmi rayap di tembok

Sebaiknya gunakan pestisida yang ramah lingkungan. Umumnya pestisida yang digunakan harus dicampur dengan air terlebih dulu, selanjutnya disemprotkan pada sarang rayap. Kenakan masker dan sarung tangan ketika akan mengaplikasikan cara ini agar aman untuk kesehatan diri.

3. Menggunakan Larutan Garam

 

cara membasmi rayap di tembok

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa garam dapat digunakan untuk membasmi rayap. Sebaiknya kadar garam lebih tinggi agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan mengambil kapas kemudian merendamnya ke dalam air garam. Selanjutnya kapas diletakkan  di dekat sarang rayap hingga rayap kabur dengan sendirinya.

Baca Juga : 13 Cara Membasmi Rayap di Plafon Rumah Tuntas Total

4. Menyemprotkan Minyak Tanah

 

Cara membasmi rayap dengan minyak tanah bisa dilakukan dengan menyemprotkan langsung ke sarang rayap. Atau juga bisa dilakukan dengan menggunakan kapas ataupun kain yang sudah dicelupkan dalam minyak tanah. Letakkan di area sarang rayap. Baunya yang menyengat tentu tak disukai rayap.

5. Semprotkan Larutan Daun Mint

 

cara membasmi rayap di tembok

Saat ini banyak masakan yang menggunakan daun mint sebagai pelengkap ataupun campuran berbagai produk. Ternyata daun yang memiliki sensasi dingin ini juga ampuh mengusir rayap. Caranya boleh dengan menanam daun mint di sekitar rumah ataupun membuat larutan daun mint kemudian semprotkan ke sarang rayap.

6. Larutan Cuka

 

cara membasmi rayap di tembok

Larutan cuka untuk menambah kelezatan makanan ini rupanya juga efektif membasmi rayap. Memang cuka dikenal mampu atasi serangga, digunakan untuk mengusir rayap dengan menyemprotkan ke sarangnya. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu jika rayapnya sangat membandel agar benar-benar mati.

7. Menggunakan Minyak Cengkeh

 

Bagi yang ingin tahu cara membasmi rayap di tembok kayu, coba semprotkan minyak cengkeh. Bahan yang juga tak kalah efektif mengusir rayap, lakukan secara berulang hingga tidak ada satupun rayap yang tersisa. Jika tidak ada minyak cengkeh, juga bisa manfaatkan minyak esensial yang lainnya.

8. Tuang Minyak Jeruk

 

Termasuk minyak esensial yang juga dapat digunakan untuk mengusir rayap. Caranya dengan membuat lubang di bagian sarang rayap. Kemudian tuangkan minyak jeruk dalam lubang tersebut, lihatlah apa yang terjadi. Terdapat kandungan yang disebut Dlimonene dalam minyak jeruk yang akan menjadi racun jika terkena serangga, termasuk rayap.

9. Lidah Buaya

 

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? Tanaman yang dihiasi oleh duri di bagian tepinya ini memiliki sensasi dingin. Kandungan gel dari lidah buaya sering dimanfaatkan dalam berbagai industri. Untuk mengatasi rayap, silakan ambil lidah buaya dan dibersihkan. Selanjutnya digiling ataupun diblender dan masukkan ke dalam botol untuk penyemprotan. Posisikan mulut botol semprotan ke sarang rayap, bisa diulangi beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

10. Semprotkan Larutan Kapur Sirih

 

Kapur sirih yang sudah dilarutkan ke dalam air memiliki sifat panas. Cara membasmi rayap di tembok rumah ialah dengan memanfaatkan larutan air kapur sirih ini disemprotkan ke sarang rayap. Ketika larutan sudah mengenai sarang, otomatis ada rayap yang langsung terkena cairan ini. Kulit rayap yang lembut dan tipis tidak tahan dengan sensasi panas, hingga lama-lama mati sendiri. Bisa diaplikasikan beberapa kali hingga semua rayap mati.

11. Semprotkan Air Cucian Beras

 

Pencucian beras pertama tentunya menyisakan air yang berwarna putih susu. Umumnya, air ini dibuang sebab tidak bisa dikonsumsi. Namun, ternyata air buangan ini ada manfaatnya juga dalam kehidupan seperti membasmi rayap. Terutama ketika rayap sudah bersarang di tembok rumah, masukkan air cucian beras ke dalam botol. Kemudian semprotkan pada sarang rayap secara merata hingga semua rayap terkena cairannya.

12. Menggunakan Asam Borat

 

Perlu diketahui bahwa asam borat bukan bahan alami untuk mengusir rayap, melainkan bahan kimia. Sehingga ketika menggunakannya sebaiknya lengkapi dengan peralatan kesehatan.  Terutama masker dan sarung tangan agar tetap aman. Memang benar penggunaan bahan kimia sangat berbahaya untuk orang awam sebab tidak tahu cara yang benar.

Namun, jika mengikuti prosedur dengan benar tentunya akan tetap aman hingga proses penyemprotan selesai. Asam borat terlebih dulu dicairkan dalam air hingga menghasilkan larutan asam borat. Kini untuk mendapatkan asam borat pun sangat mudah di berbagai toko.

13. Jasa Anti Rayap Profesional

 

Jika sudah menggunakan cara-cara di atas, namun karena rayapnya sangat bandel, maka cara menghilangkan rayap di tembok yang terakhir ialah menggunakan jasa atasi rayap. Kini, jasa-jasa seperti ini bisa dengan mudah dihubungi serta fast respon. Tetapi perlu diingat bahwa, menggunakan jasa anti rayap ialah cara terakhir jika cara di atas tidak bisa sepenuhnya membantu.

Memilih jasa anti rayap pun jangan sembarangan dan jangan mudah tergiur dengan harga murah. Utamakan kualitas dan pelayanan, jika kualitasnya buruk pikirkan ulang. Untuk apa biaya jasa murah namun tidak  bisa mengusir ataupun mematikan rayap secara sempurna. Bukankan rugi uang yang dikeluarkan.

Sebaliknya tidak mengapa jika sedikit lebih mahal, namun hasil yang diperoleh benar-benar sesuai harapan. Tidak ada satu pun rayap hidup yang tersisa. Pilih jasa yang memiliki tenaga kerja profesional dan sudah berpengalaman. Jika tidak berpengalaman, takutnya tidak berhasil mematikan rayap dengan baik. Bahkan bisa saja malah merusak tembok rumah. Jika hal ini terjadi tentu sangat merugikan konsumen.

Sebenarnya, dibandingkan menggunakan jasa profesional akan lebih hemat menggunakan 12 cara di atas. Selain mudah juga hemat sebab bahan yang digunakan bahan murah bisa ditemukan langsung di lingkungan sekitar. Meskipun begitu, juga tidak membutuhkan waktu lama, tidak ribet karena tinggal semprot saja atau tinggal mengoleskan saja.

Makanya, terapkan dulu cara membasmi rayap di tembok seperti yang sudah dijelaskan di atas, jangan langsung membayar orang untuk melakukannya. Anda bisa juga menerapkan 5 Cara Membasmi Rayap Sampai KOLONI Efektif dan Terbukti Ampuh dengan cara Klik Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *