11 Cara Mengusir Lebah yang Jadi Hama di Rumah Anda

Lebah merupakan hewan yang sudah banyak dikenal orang bisa menyengat. Mereka biasanya akan menyengat bila dalam keadaan yang terancam. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui cara mengusir lebah jika mereka ada di sekitar Anda. terutama jika dalam jumlah yang banyak seperti ada sarang lebah di sekitar rumah atau lingkungan Anda.

Lebah tersebut bisa menyebabkan berbagai macam gejala atau efek lainnya yang cukup tidak nyaman untuk tubuh. Oleh karena itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir lebah ala Bintoro Pest.

 

Cara mengusir lebah yang menjadi hama di rumah

1. Tanaman pengusir lebah

Cara yang pertama dan juga alami adalah dengan menanam tanaman yang tidak disukai oleh lebah. Lebah biasanya akan lebih tertarik pada aroma tanaman yang manis, untuk itu Anda bisa menanam tanaman dengan aroma yang berbeda dimana tidak mereka sukai.

Beberapa jenis tanaman tersebut seperti penny royal, serai, apsintus, eukaliptus, dan herba timi. Tanamlah tanaman tersebut disekitar rumah Anda atau yang dekat dengan sarang lebah agar mereka merasa terganggu sehingga juga akan pergi dari lingkungan tersebut.

2. Menggunakan perangkap lebah

Cara selanjutnya adalah dengan membuat jebakan lebah. Anda bisa membuat perangkap lebah menggunakan botol soda yang berukuran 2 l. Nantinya lebah akan tertarik untuk masuk ke dalam botol dan mereka tidak bisa keluar lagi karena Anda membalik bagian atas botol soda tersebut. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat jebakannya:

    • Potong botol soda berukuran 2L beberapa sentimeter.
    • Tempatkanlah itu luar-dalam pada bagian bawah botol.
    • Berikan selotip kedua potongan tersebut secara bersamaan.
    • Tuangkan 1-3 cm cairan manis, Anda juga bisa menggunakan campuran air dan gula.
    • Biarkan di luar atau pada tempat yang terdapat banyak lebahnya agar mereka bisa masuk perangkap tersebut.

3. Membersihkan sisa makanan

Membersihkan sisa makanan setelah Anda makan bersama keluarga di luar rumah seperti di halaman juga bisa menjadi cara mengusir lebah dengan mudah. Walaupun Anda hanya menikmati makan di teras atau di halaman saja, namun hal tersebut sudah bisa mengundang para lebah untuk datang.

Jadi agar mereka tidak semakin banyak, sesegera mungkin bereskan sisa makanannya dengan bersih.

 

Baca Juga : 7 Cara Mengusir Tawon dan Solusi Jika Tersengat Lebah

 

4. Melakukan pembasmian di malam hari

Lebah merupakan hewan yang lebih aktif di siang hari daripada di malam hari. Mereka akan mencari sari bunga untuk dijadikan madu di siang hari. Untuk itu Anda bisa memanfaatkannya dengan membasmi sarang lebah tersebut di malam hari. Agar tidak kesulitan saat melakukannya, Anda bisa menggunakan lampu dengan warna merah.

Hal ini karena lampu tersebut memiliki hasil pancaran yang tidak terlalu terang. Selain itu jangan lupa untuk mengenakan pelindung diri agar Anda tidak disengat lebah dalam jumlah yang banyak. Jika Anda tidak memiliki baju khusus untuk membasmi lebah, maka gunakan pakaian berlapis hingga tebal agar mereka tidak bisa menyengat kulit Anda secara langsung.

5. Insektisida khusus untuk lebah

Terkadang memang membasmi lebah cukup menyulitkan jika dilakuan satu persatu. Untuk itu Anda bisa menggunakan insektisida yang khusus digunakan untuk lebah dengan cara membasmi secara langsung ke bagian sarangnya. Anda bisa membeli insektisida tersebut secara khusus di toko bahan kimia. Biasanya insektisida akan berupa cairan atau aerosol.

Selain itu juga ada dalam bentuk bubuk yang dipercaya lebih ampuh untuk mengusir lebah. Cara mengusir lebih dari rumah menggunakan bubuk insektisida tersebut adalah dengan cara mengoleskan bubuk insektisida pada bagian sarangnya secara merata. Akibatnya nanti sarang lebah akan berubah kaku sehingga lebah yang ada di dalamnya juga akan ikut melemah.

6. Menggunakan asap pembakaran

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan asap pembakaran. Asap tersebut bisa membuat lebah menjadi lebih lemah. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu membakar daun-daunan kering tepat pada bagian bawah sarang lebah. Asap tersebut nantinya akan membumbung ke bagian atas secara langsung ke sarang lebahnya.

Sebaiknya usahakan agar asap tersebut bertahan hingga 2 jam. Akibatnya nanti lebah akan kesulitan untuk bernafas karena asapnya dan membuat mereka meninggalkan sarang. Jika sudah lebih dari 2 jam, Anda bisa memukul sarangnya agar terjatuh dan ikut terbakar dengan sampah tadi.

Biasanya cara ini akan lebih cocok untuk mengusir sarang lebah yang menggantung di pohon sekitar rumah Anda.

7. Menyemprotkan merica

Merica yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk mengusir lebah. Caranya dengan membuat ramuan merica dari 6 sendok makan bubuk merica, air putih satu cangkir dan 3 sendok makan cabai bubuk.

Masak semua bahan tersebut hingga mendidih dan masukkan cairannya pada botol semprot. Ramuan tersebut bisa secara langsung Anda semprotkan pada sarang lebah untuk membantu mengusirnya.

8. Bawang putih

Selain merica, juga ada bawang putih yang bisa digunakan sebagai cara mengusir lebah secara alami. Aroma dari bawang putih yang cukup menyengat tersebut akan membuat lebah meninggalkan sarang mereka.

Anda bisa menggunakan bubuk bawang putih yang Anda temukan di toko-toko dengan mudah. Caranya hanya dengan menaburkan bubuk bawang putih tersebut pada sarangnya dan di sekitar letak sarang tersebut agar mereka merasa terganggu.

9. Kapur barus

Kapur barus atau kamper yang banyak digunakan untuk mengharumkan lemari ternyata memiliki aroma yang tidak disukai oleh lebah. Bahkan kapur barus ini juga bisa membantu untuk mengusir hewan serangga lainnya seperti semut.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menggantung kaos kaki yang sudah diisi dengan kapur barus di dekat sarang lebah tersebut. nantinya mereka akan merasa terganggu dengan aroma harum dari kapur barus sehingga juga akan lebih cepat meninggalkan sarangnya.

10. Cuka

Cairan cuka dikenal berguna untuk membersihkan noda, namun selain itu cuka juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan lebah dari sekitar rumah Anda. Cuka tersebut akan Anda semprotkan ke sarang lebah agar mereka bisa pergi dan membuat sarang baru di tempat lain.

Namun sebelum itu buatlah terlebih dulu campuran ¼ sendok makan cuka dengan ¼ air. Masukkan ke dalam botol penyemprot dan semprotkan secara langsung pada sarang tawon tersebut. Bahkan ramuan ini juga bisa Anda gunakan untuk mengusir lebah yang masuk ke dalam rumah. Hanya saja pastikan agar cairan tersebut tidak sampai mengenai mata Anda.

11. Sabun cuci piring

Cara mengusir lebah yang terakhir adalah menggunakan sabun cuci piring. Caranya dengan mencampurkan 1L air panas dengan sabun cuci piring secukupnya hingga berbusa. Kemudian masukkan ke dalam semprotan.

Semprotkan cairan tersebut pada bagian masuk sarang. Cara mengusir lebah dengan cara ini termasuk cara yang ampuh dan mudah karena Anda bisa mendapatkan sabun cuci piring tersebut dengan mudah. selain itu juga hanya perlu menyemprotkannya saja. Selamat mencoba.

7 Cara Mengusir Tawon dan Solusi Jika Tersengat Lebah

Mengetahui cara mengusir tawon adalah hal yang penting jika lingkungan rumah Anda terdapat sarang tawon atau Anda sedang dikejar tawon. Sengatan tawon cukup berbahaya karena rasanya juga cukup sakit. Sengatan tawon mengandung racun yang bisa menyebabkan rasa nyeri, gatal-gatal, terbakar sampai pembengkakan.

Untuk itu lebih baik memang mencegah degan mengusir tawon itu sebelum bertambah banyak dan menjadi berbahaya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir tawon.

 

Cara mengusir tawon di sekitar Anda

 

1. Menanam pohon pengusir hama

Cara yang pertama adalah dengan menanam pohon pengusir hama. Ada beberapa jenis pohon yang bisa membantu untuk menjauhkan tawon. Bahkan juga bisa mengusir jenis hama yang lainnya. Jenis pohon tersebut adalah tanaman mint.

Tawon tidak menyukai jenis tanaman yang satu ini. Aroma dari tanaman mint yang tidak disukainya bisa membantu untuk mengusir tawon sehingga mereka juga tidak akan kembali. Dengan begitu lingkungan rumah Anda akan aman dari kunjungan tawon.

2. Kayu manis

Kayu manis biasanya banyak dimanfaatkan untuk menjadi bumbu dapur. Namun ternyata rempah-rempah ini juga bisa membantu untuk mengusir tawon. Anda bisa menggunakan beberapa kayu manis dan haluskan hingga menjadi serbuk.

Untuk menggunakannya, taburkan bubuk kayu manis tersebut di sekitar sarang tawon. Lakukan hal tersebut dengan rutin kurang lebih selama satu minggu. Aroma kayu manis yang wangi akan menarik perhatian tawon sehingga mereka juga akan memindahkan sarangnya ke tempat lain.

 

Baca Juga : 7 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk di Rumah Dengan Efektif

 

3. Jasa pembasmi hama

Jika beberapa cara di atas masih kurang ampuh untuk mengusir tawon, maka Anda bisa menggunakan jasa pembasmi hama. Jasa tersebut sudah terlatih dan berpengalaman dalam mengusir tawon.

Mereka akan mengusir hingga membersihkan sisa sarang tawon yang ada di rumah atau sekeliling rumah Anda. Dengan begitu tawon akan pergi dan sarangnya bisa hilang dengan bersih.

4. Menghancurkan sarangnya

Cara mengusir tawon lebah yang selanjutnya bisa Anda coba adalah dengan menghancurkan sarangnya. Tawon biasanya tidak akan terbang terlalu jauh dari sarangnya. Jadi ketika ada tawon, maka kemungkinan posisi atau letak sarangnya akan ada di sekitar Anda juga.

Cara yang ampuh untuk mengusir tawon agar tidak kembali lagi adalah dengan menghancurkan sarangnya. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir atau menghancurkan sarangnya.

Anda bisa mencoba dengan menyalakan api kecil dan menaruhnya di bawah sarang tawon tersebut. Asap dari tawon tersebut akan masuk ke dalam sarang dan mengganggu pernafasannya. Dengan begitu mereka juga akan keluar dari sarang dan berusaha untuk mencari rumah yang baru.

5. Air dan sabun

Siapa yang mengira bahwa air dan sabun adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tawon. Anda hanya perlu membuat racikan berupa air sabun dan masukkan ke dalam botol spray atau botol penyemprot. Kemudian semprotkan ke sekitar halaman rumah atau di sekitar rumah tawon tersebut.

Sabun bisa menyebabkan tawon keracunan karena akan menyumbat sistem pernafasannya. Dengan begitu tawon nantinya akan mati dengan perlahan setelah terkena air sabun. Anda hanya perlu mencampurkan sekitar 2 sendok sabun cuci piring dengan air dan masukkan ke dalam botol semprot.

6. Jebakan air dan gula

Mungkin beberapa orang mengira apakah cara ini bisa berhasil karena tawon menyukai Sesuatu yang manis. Ternyata hal ini sangatlah efektif untuk mengusir tawon. Anda hanya perlu menggunakan air dan gula yang dicampurkan kemudian masukkan ke dalam botol kecil.

Cara ini cocok untuk tawon yang tidak sengaja masuk ke dalam rumah. Tawon akan mendekat dan mencoba untuk mengambil cairan manis tersebut dengan cara masuk ke dalam botol. Ketika tawon sudah masuk ke dalam botol maka tawon akan terjebak di dalamnya dan kesulitan untuk keluar lagi. Baru Anda bisa membuang botol tersebut.

7. Minyak peppermint

Cara mengusir tawon di halaman yang terakhir adalah menggunakan minyak pepermin. Minyak pepermin ini termasuk bahan yang alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping untuk lingkungan dan juga untuk Anda.

Selain itu harganya juga cukup terjangkau dan mudah Anda temukan. Menurut sebuah penelitian di tahun 2013, tawon akan menghindar jika dihadapkan dengan sesuatu yang berbau mint.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah. semprotkan minyak pepermin tersebut di tempat yang banyak tawonnya atau juga bisa menyemprotkannya menggunakan kapas dan letakkan dekat dengan sarang tawon. Dengan begitu nanti tawon akan lebih cepat pergi.

Cara mengatasi sengatan lebah

Banyak orang pasti mengetahui bahwa efek atau gejala dari sengatan lebah memang sangat menyakitkan. Bahkan ada juga yang bisa sampai demam karena sengatan lebah tersebut. Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sengatan lebah.

1. Lepaskan aksesoris di sekitar area yang tersengat

Pertama adalah melepaskan terlebih dulu aksesoris pada daerah yang tersengat. Misalnya jika Anda tersengat di daerah jari, maka lepaskan cincin yang Anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko sengatan yang akan membengkak.

2. Lepaskan penyengat sesegera mungkin

Tawon atau lebah akan menyalurkan racunnya pada alat penyengatnya. Alat penyengat tersebut berbentuk seperti jarum kecil yang akan menusuk Anda. Ketika lebah sudah melepaskannya atau sudah menyengat Anda, maka penyengat tersebut masih menempel pada kulit dan berisi racun. Racun itulah yang berbahaya karena bisa menyebabkan efek lainnya yang lebih parah.

Untuk itu segera setelah Anda tersengat lebah, lepaskan penyengat yang tertinggal dalam waktu 30 detik. Anda bisa menggunakan pinset, kuku atau lainnya. Namun pastikan agar Anda tidak sampai meremas kantong racun tersebut.

Tujuannya untuk membatasi agar jumlah racun yang masuk ke aliran darah tidak terlalu banyak. Untuk itu memang sangat penting mengetahui cara mengusir tawon secara alami agar Anda juga tidak sampai tersengat.

3. Mencuci area yang tersengat

Jika penyengat sudah Anda lepaskan dari kulit, maka selanjutnya adalah cuci area yang tersengat tersebut dengan air mengalir dan sabun:

4. Kompres dengan air dingin

Ketika racun dari tawon tersebut sudah masuk ke pembuluh darah, maka akibatnya area yang tersengat nanti akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut tentunya akan sangat mengganggu dan menyakitkan. Untuk mengurangi terjadinya pembengkakan agar tidak bertambah parah, Anda bisa mengompres area sengatan menggunakan air dingin.

5. Meminum antihistamin

Cara yang terakhir adalah dengan meminum antihistamin. Obat ini akan bekerja untuk membantu mengurangi gejala atau efek dari sengatan tawon. Seperti rasa gatal, pembengkakan hingga reaksi radang lainnya. Jika Anda merasa gejalanya bertambah berat dan parah, maka disarankan untuk segera mencari pertolongan medis.

Demikian artikel mengenai cara mengusir tawon dan mengobati sengatan tawon. Akan lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi bebaskan rumah dari hama tawon dengan jasa pembasmi hama Bintoro Pest.

7 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk di Rumah Dengan Efektif

Cara mencegah gigitan nyamuk dengan mengoleskan minyak pada bagian yang gatal pasti sudah biasa. Namun terkadang cara tersebut masih tidak bisa mencegah nyamuk untuk menggigit bagian tubuh yang lainnya. Akibatnya tetap sama saja dimana Anda akan bisa tergigit nyamuk.

Gigitan nyamuk memang menjadi hal yang biasa. Akan tetapi di musim pancaroba dimana curah hujan cukup tinggi membuat banyak nyamuk juga akan lebih mudah berkembang biak. Sehingga intensitas untuk gigitan nyamuk akan semakin tinggi. Untuk itu guna mencegah penyebaran nyamuk dan gigitannya, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

 

Cara mencegah gigitan nyamuk di rumah

1. Menanam tanaman yang tidak disukainya

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanam tanaman tertentu dimana tanaman tersebut tidak disukai nyamuk. Tanaman itu biasanya memiliki aroma yang bagi nyamuk cukup menyengat. Sehingga mereka tidak akan masuk pada ruangan tersebut.

Beberapa jenis tanaman tersebut seperti serai, marigold, lavender, dan kemangi. Bahkan beberapa jenis tanaman tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai dekorasi ruangan. Namun perlu diperhatikan bahwa penanaman atau penggunaan tanaman tersebut di dalam ruangan tidak bisa secara langsung mengusir semua nyamuk. Setidaknya jumlah nyamuk yang ada pada ruangan tersebut bisa berkurang.

2. Minyak esensial penangkal nyamuk

Penggunaan minyak esensial ini juga bisa membantu untuk menangkal nyamuk. Hal ini sangat bagus terutama bagi Anda yang memang tidak bisa menggunakan obat nyamuk dengan bahan kimia karena alergi dan sebagainya.

Beberapa jenis minyak bisa membantu untuk menangkal nyamuk. Misalnya minyak kayu putih, minyak serai, minyak pepermin, dan minyak tea tree. Jenis minyak tersebut bahkan juga bisa membantu mengurangi gejala dari penyakit tertentu.

 

Baca Juga : 5 Cara Menghindari Gigitan Nyamuk dan Mencegahnya Datang

 

3. Membersihkan genangan

Cara mencegah gigitan nyamuk di rumah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan genangan. Banyak orang pasti sudah mengetahuinya bahwa kondisi lingkungan dengan banyak genangan adalah tempat yang bagus bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Untuk itu agar nyamuk tidak semakin banyak berkembang biak di sekitar lingkungan Anda, maka bersihkan genangan airnya. Jika ada di halaman maka sebisa mungkin jangan sampai ada air yang menggenang.

Sedangkan untuk di dalam rumah, seperti pada bak mandi, penampungan air, kolam renang dan lainnya bisa Anda berikan bubuk pembunuh jentik nyamuk dan bersihkan dengan rutin.

4. Menghindari memproduksi CO2 berlebihan

Nyamuk akan mendeteksi sasaran untuk digigitnya melalui karbon dioksida atau CO2. Ketika detak jantung Anda meningkat, maka produksi karbon dioksida juga akan semakin banyak. Minum minuman beralkohol, stres, makan makanan pedas, olahraga dan banyak bergerak bisa meningkatkan produksi karbon dioksida yang lebih banyak.

Untuk itu guna menghindari terlalu sering digigit nyamuk, hindari untuk memicu tubuh menghasilkan banyak karbon dioksida secara berlebihan. Terutama untuk jam rawan nyamuk seperti malam hari.

5. Menggunakan pakaian berwarna terang

Mungkin beberapa orang tidak mengetahui hal ini, bahwa menggunakan pakaian yang terang bisa membantu mencegah agar Anda tidak digigit nyamuk. Ketika mencari mangsa di siang hari, nyamuk cenderung terbang dekat dengan lantai atau tanah.

Mereka akan mencari target dengan warna yang kontras dengan cakrawala. Itulah mengapa jika Anda menggunakan pakaian dengan warna yang gelap, Anda juga lebih cepat digigit oleh nyamuk. Jadi salah satu cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menggunakan pakaian berwarna terang.

6. Jangan terlalu banyak berkeringat

Alasan yang membuat nyamuk lebih sering menggigit Anda adalah karena produksi zat kimia tertentu dalam tubuh yang dilepaskan ketika Anda dalam keadaan yang berkeringat. Untuk itu cara mencegah gigitan nyamuk secara alami adalah hindari terlalu banyak berkeringat.

Selain dikarenakan aktivitas yang banyak menguras tenaga, keringat juga bisa disebabkan karena stres dan cuaca yang panas.

7. Menyalakan kipas angin

Cara yang terakhir untuk mencegah gigitan nyamuk adalah dengan menyalakan kipas angin. Hembusan angin dari kipas angin yang sepoi-sepoi akan menyulitkan nyamuk untuk terbang di sekitar Anda.

Anda bisa menyalakan dan mengarahkan kipas angin ke bagian bawah tubuh. hal ini karena nyamuk biasanya akan terbang rendah guna menghindari angin. Dengan begitu, nyamuk yang tadinya akan menggigit Anda bisa kesulitan karena adanya hembusan angin.

Kelebihan bahan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Sudah menjadi hal yang biasa bahkan refleks ketika Anda baru saja terkena gigitan nyamuk dan sesegera mungkin menggaruknya. Hal ini karena efek gatal yang dihasilkan akibat gigitan tersebut.

Namun menggaruk gigitan nyamuk ternyata tidak disarankan. Bekas gigitan nyamuk jika Anda garuk maka bisa saja menjadi luka bahkan infeksi. Akibatnya nanti, bekas gigitan tersebut justru akan menimbulkan bekas luka baru:

• Cuka apel

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cuka apel ini merupakan bahan alami sehingga ketika Anda menggunakannya untuk menghilangkan bekas gigitan, tidak akan menimbulkan luka baru atau efek samping baru.

Bahkan ketika Anda mengoleskan cuka apel, rasa gatal akibat gigitan nyamuk tersebut bisa reda dengan lebih cepat sehingga Anda juga tidak memiliki keinginan untuk menggaruknya.

• Madu

Cara mencegah gigitan nyamuk yang efektif memang tidak bisa menggunakan madu. Namun madu tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membantu meredakan dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Kelebihannya adalah madu memiliki sifat antiseptik yang alami dimana tidak menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Adanya kandungan antiseptik tersebut memang ampuh untuk membantu memudarkan bekas gigitan nyamuk. Anda bisa menggunakan madu tersebut yang dioleskan pada bekas gigitan dan tutup dengan perban semalaman.

• Bawang putih

Bawang putih selain tidak disukai oleh nyamuk karena aromanya, ternyata juga bisa membantu untuk meredakan bekas gigitan nyamuk. Hal ini karena kandungannya berupa antiseptik alami sehingga bisa meredakan gatal karena gigitan nyamuk. Selain itu bawang putih juga sekaligus bisa meredakan bekas gigitan nyamuk.

Anda hanya perlu menggunakan bawang putih yang sudah dipotong menjadi dua dan oleskan atau gosokkan pada bekas gigitan nyamuk tersebut. Gunakan cara ini untuk menghilangkan bekas gigitannya secara rutin.

• Putih telur

Putih telur selain dikonsumsi juga bisa membantu untuk meredakan dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Kelebihan menggunakan putih telur ini adalah untuk menggunakannya cukup mudah.

Anda hanya perlu mengoleskan putih telur pada bagian kulit yang menjadi bekas gigitan. Dikarenakan bahan yang digunakan adalah bahan yang alami, sehingga bahan ini juga aman digunakan pada kulit. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya pada area wajah. Guna hasilnya lebih maksimal, gunakan dan diamkan semalaman dan bersihkan ketika mandi pagi.

Demikian artikel mengenai cara mencegah gigitan nyamuk dan kelebihan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang mungkin akan berguna untuk Anda. Namun, jika hama nyamuk sudah menyerang, Anda bisa minta bantuan jasa pembasmi hama Bintoro Pest untuk mengatasinya.

5 Cara Menghindari Gigitan Nyamuk dan Mencegahnya Datang

Cara menghindari gigitan nyamuk memang sangat diperlukan terutama ketika nyamuk tersebut sudah sangat mengganggu aktivitas Anda. Gigitan nyamuk bisa saja menyebabkan penyakit lainnya seperti malaria dan demam berdarah. Walaupun tidak bisa dipungkiri hal tersebut bisa terjadi karena gigitan jenis nyamuk tertentu. Nyamuk tertentu yang membawa virus tertentu bisa menyebabkan kedua hal tersebut.

Akan tetapi memang penting untuk Anda mewaspadainya. Salah satunya dengan menghindari gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk biasanya memiliki gejala seperti kulit yang kemerahan, bentol dan juga gatal. Hal ini terkadang juga cukup mengganggu aktivitas Anda.

Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mencegah gigitan nyamuk.

 

Cara menghindari gigitan nyamuk yang efektif

1. Menggunakan minyak atau lotion khusus anti nyamuk

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan lotion anti nyamuk atau minyak. Gunakan lotion dengan bahan yang lembut dan aman untuk kulit, seperti minyak lemon eucalyptus dan picaridin. Setelah Anda mengoleskan lotion tersebut jangan lupa untuk mencuci tangan agar sisa lotionnya tidak tertelan atau mengenai mata sehingga menyebabkan iritasi.

Namun penggunaan lotion ini tidak disarankan untuk ibu hamil, anak di bawah usia 3 tahun dan ibu menyusui. Hindari juga menggunakannya di bagian wajah karena area tersebut termasuk bagian yang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit tangan.

Selain menggunakan lotion anti nyamuk, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon. Kedua minyak tersebut memiliki kandungan dan juga aroma yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga bisa membantu menjauhkan Anda dari serangan gigitan nyamuk.

2. Menggunakan aroma terapi

Cara menghindari gigitan nyamuk dengan mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan aroma terapi. Kebanyakan nyamuk tidak akan menyukai aroma tertentu yang menurut mereka tidak enak. Sedangkan untuk Anda sendiri aroma tersebut tidak mengganggu atau justru bisa menyegarkan dan mengharumkan ruangan. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk.

Beberapa jenis minyak esensial dengan aroma yang menyegarkan namun tidak disukai nyamuk adalah jeruk, lemon, lavender, serai, dan eukaliptus. Aroma tersebut bisa Anda pilih untuk aroma terapi pada ruangan yang menurut Anda terdapat banyak nyamuk. Nantinya nyamuk akan lebih berkurang karena tidak menyukai aromanya.

 

Baca Juga : Cara Mengusir Nyamuk Dengan Bawang Putih dan Bahan Alami Lain

 

3. Membersihkan kulit setelah digigit nyamuk

Sudah menjadi hal yang wajar ketika setelah Anda digigit nyamuk akan terjadi efek kulit yang kemerahan dan gatal. Akibatnya sebagian besar orang akan menggaruknya. Namun ternyata perlu dihindari menggaruk bagian yang sudah tergigit nyamuk.

Hal ini bisa menyebabkan infeksi atau luka pada kulit karena masuknya bakteri. Untuk itu ketika Anda baru saja digigit nyamuk, lebih baik untuk membersihkan area yang tadi tergigit dengan sabut dan air hangat.

Setelah itu, baru oleskan lotion kalamin guna membantu mengurangi rasa gatalnya. Akan tetapi jika rasa gatalnya cukup parah, maka bisa menggunakan salep dengan kandungan hidrokortison.

4. Membersihkan lingkungan sekitar

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa nyamuk bisa berkembang biak dengan lebih cepat dan mudah karena adanya lingkungan yang kotor. Untuk itu sangatlah penting menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk tidak bisa berkembang biak dengan mudah.

Bersihkan lingkungan tempat tinggal Anda dengan menyapu halaman rumah dengan rutin setiap hari dan juga membersihkannya dengan memangkas rumput atau tanaman yang tumbuh liar. Memasang kasa anti nyamuk di depan jendela dan pintu juga bisa menjadi solusi agar nyamuk tidak mudah masuk ke dalam rumah.

5. Memastikan tidak ada genangan air

Selain lingkungan yang kotor, genangan air juga menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karenanya, cara menghindari gigitan nyamuk yang efektif juga dengan menghindari adanya genangan di sekitar rumah. Genangan tersebut bisa berasal dari jalanan, kaleng bekas, ember bekas dan juga sampah plastik.

Sedangkan pada tempat penampungan air seperti bak mandi dan tangki air bisa Anda taburkan bubuk lavarsida yang bertujuan membunuh jentik nyamuk sehingga tidak bisa berkembang menjadi nyamuk dewasa.

Penyakit yang bisa disebabkan oleh gigitan nyamuk

Terkena gigitan nyamuk memang adalah hal yang biasa. Namun perlu diketahui juga bahwa ada jenis penyakit tertentu yang bisa disebarkan melalui gigitan nyamuk. Berikut adalah beberapa jenis penyakit akibat gigitan nyamuk:

• Chikungunya

Jenis penyakit pertama yang bisa disebabkan karena gigitan nyamuk adalah penyakit chikungunya. Penyakit ini diakibatkan karena infeksi virus chikungunya yang dibawa dan ditularkan oleh nyamuk jenis aedes albopictus dan aedes aegypti.

Penyakit ini bahkan bisa menular ke bayi atau janin jika sang ibu yang sedang hamil terinfeksi virusnya. Dampak yang bisa disebabkan dari jenis penyakit ini seperti gejala sakit kepala, demam, ruam dan nyeri sendi. untuk itu Anda perlu waspada ketika gejala tersebut mulai muncul.

• Demam berdarah

Jenis penyakit ini biasanya banyak menyerang ketika perpindahan musim seperti musim hujan. Penyakit ini biasanya dibawa oleh nyamuk jenis aedes aegypti. Gejala yang bisa ditimbulkan akibat penyakit ini seperti nyeri otot, nyeri sendi, ruam dan demam yang cukup tinggi. Bahkan untuk kasus yang ekstrem, demam berdarah juga bisa menyebabkan syok, pendarahan hebat hingga kematian.

Untuk itu cara menghindari gigitan nyamuk secara efektif seperti diatas sangatlah penting untuk Anda lakukan guna menghindari terkena penyakit demam berdarah dan lainnya yang dibawa oleh nyamuk.

• Virus zika

Mungkin beberapa orang tidak mengetahui mengenai penyakit yang satu ini. Virus zika merupakan penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Biasanya gejala yang ditimbulkan seperti demam, ruam, nyeri sendi. Gejala awal ini bisa berlangsung hampir selama satu minggu. Selain melalui gigitan nyamuk, virus ini juga bisa ditularkan melalui transfusi darah, kontak seksual, transplantasi organ dan ibu yang hamil.

• Demam kuning

Jenis penyakit yang selanjutnya yang juga bisa disebabkan oleh gigitan nyamuk adalah demam kuning. Dampak yang disebabkan oleh virus ini bisa dibilang cukup serius. Demam kuning bisa menyebabkan peradangan pada sumsum tulang belakang dan di bagian otak. Untuk gejalanya sendiri seperti sakit tenggorokan dan demam. Untuk itu Anda perlu waspada jika mengalami gejala tersebut setelah digigit oleh nyamuk.

• Malaria

Penyakit terakhir yang bisa disebabkan dan ditularkan melalui gigitan nyamuk adalah malaria. Berbeda dengan jenis nyamuk yang cukup umum membawa penyakit, malaria ini dibawa oleh nyamuk berjenis Anopheles.

Gejala ketika Anda sudah terkena penyakit ini hampir sama seperti flu, seperti demam, sakit kepala, batuk, dan pilek. Jenis penyakit ini juga mudah menyebar ketika iklim berubah menjadi hangat dan lembap. Selain itu ketika musim hujan maka jenis penyakit ini juga akan lebih mudah untuk menyerang.

Demikian artikel mengenai cara menghindari gigitan nyamuk dan berbagai jenis penyakit yang bisa disebabkan karena gigitan nyamuk yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin lebih efektif dalam mengusir hama nyamuk penyebab penyakit, maka mintalah bantuan jasa pembasmi hama seperti Bintoro Pest.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Bawang Putih dan Bahan Alami Lain

Ternyata cara mengusir nyamuk dengan bawang putih juga bisa Anda lakukan. Beberapa orang mungkin akan mengira bahwa bawang putih hanya bisa digunakan untuk bahan atau rempah-rempah ketika membuat hidangan saja. Namun ternyata bawang putih juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengusir nyamuk.

Nyamuk memang bisa sangat mengganggu aktivitas Anda. Bahkan bisa saja nyamuk tersebut juga membawa penyakit yang berbahaya untuk tubuh seperti malaria atau demam berdarah. Khususnya di masa cuaca yang tidak menentu seperti ini dimana hujan bisa membuat nyamuk semakin mudah dan cepat berkembang biak.

Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengusir nyamuk dengan bawang putih.

 

Ini cara mengusir nyamuk dengan bawang putih di rumah

1. Mengonsumsi bawang putih

Cara pertama yang cukup mudah adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Sebenarnya nyamuk bisa menemukan korbannya untuk dihisap melalui bau. Pengindraan nyamuk akan mencari sumber asam laktat dan karbon dioksida dimana kedua bahan ini bisa membantu mengarahkan nyamuk pada darah panas manusia.

Dengan kata lain agar nyamuk tersebut tidak menggigit Anda adalah dengan menghindari kandungan kedua senyawa tersebut. Biasanya dalam obat anti nyamuk akan berisi kandungan berupa sereh atau geranium dimana akan bekerja untuk meminimalisasi kandungan asam laktat dan karbon dioksidanya.

Sedangkan bawang putih juga memiliki aroma yang cukup kuat sehingga bisa membantu untuk mencegah nyamuk mendekat dengan lebih efektif. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih atau bawang putih saja, maka nafas Anda akan memiliki aroma yang kuat sehingga juga bisa menjadi cara untuk mengusir nyamuk.

2. Mengoleskannya

Cara mengusir nyamuk dengan bawang putih mudah selanjutnya adalah mengoleskan bawang putih. Anda bisa menggunakan bawang putih yang dihaluskan atau ditumbuk yang kemudian ditambahkan dengan olive oil.

Kedua campuran tersebut bisa Anda oleskan pada tubuh atau area yang banyak digigiti nyamuk. Namun terkadang cara ini tidak bekerja dengan efektif pada beberapa orang. Hal ini karena ada beberapa orang yang bisa dikatakan menjadi target yang kuat untuk nyamuk mendekat.

 

Baca Juga : Cara Mengusir Nyamuk Dengan Kopi Memang Bisa? Simak!

 

3. Air rebusan bawang putih

Air rebusan dari bawang putih juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan nyamuk. Dalam bawang putih mengandung nicotinic acid dan juga aroma yang cukup menyengat dimana aroma tersebut tidak disukai nyamuk.

Cara untuk menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu memotong-motong bawang putih dan merebusnya hingga mendidih. Masukkan air rebusannya pada botol semprot dan semprotkan ke seluruh ruangan atau kamar sebelum Anda tidur. Dalam kata lain air rebusan ini juga sama berguna sebagai pengganti untuk obat nyamuk.

4. Menanam bawang putih

Cara yang terakhir untuk mengusir nyamuk dengan bawang putih adalah dengan menanamnya di halaman rumah Anda. Beberapa orang percaya bahwa untuk membantu mengusir nyamuk adalah menggunakan bawang putih sebagai penghalangnya. Dikarenakan bawang putih memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan, maka tidak ada salahnya jika Anda menanamnya di halaman.

Akan tetapi Anda juga tidak bisa hanya mengandalkan bawang putih saja untuk mengusir nyamuk tersebut. Bubuk bawang putih yang Anda taburkan pada halaman bisa membantu untuk mengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk yang lebih aman untuk bayi

Selain cara mengusir nyamuk dengan bawang putih alami, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara alami lainnya untuk mengusir nyamuk. Cara ini bahkan dirasa lebih aman jika Anda memiliki bayi atau balita karena tidak menggunakan obat-obatan. Berikut adalah beberapa cara di antaranya:

• Mengepel lantai dengan rebusan serai

Hampir semua orang pasti akan mengepel lantai menggunakan bahan pembersih atau obat pel lantai. Namun obat ini memang dikhususkan untuk membersihkan lantai yang kotor. Berbeda halnya jika Anda memiliki ruangan yang banyak nyamuknya. Mengepel lantai menggunakan rebusan serai bisa membantu agar nyamuk tersebut hilang.

Caranya dengan merebus serai dengan air hingga mendidih. Kemudian gunakan air tersebut untuk mengepel seluruh lantai. Bau atau aroma dari serai tersebut akan membantu untuk mengusir nyamuk. Selain itu baunya juga aman untuk bayi.

• Mengoleskan kulit dengan ekstrak vanila

Selanjutnya ada bahan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk yaitu vanila. Bahan kue dengan aroma yang enak ini justru tidak diinginkan atau tidak disukai oleh nyamuk.

Selain itu juga adanya kandungan berupa antioksidan dimana lebih bisa mengusir nyamuk dengan lebih cepat. Anda hanya perlu menggunakan satu sendok ekstrak vanila dan dicampurkan dengan satu gelas air. Dengan menggunakan kain yang dibasahi campuran tersebut, Anda bisa mengoleskannya pada seluruh kulit.

• Menggunakan kulit jeruk

Kulit jeruk yang memiliki aroma segar ternyata justru tidak disukai oleh nyamuk. Hal ini menjadikan kulit jeruk bisa Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk. Kandungan senyawa lemon ternyata bisa merusak zat pelindung yang ada pada sistem pernafasan serangga.

Anda bisa meletakkan kulit jeruk yang masih segar atau baru saja Anda kupas pada tempat-tempat tertentu dimana yang biasanya menjadi sarang nyamuk. Seperti pojokkan ruangan, tempat yang gelap, kamar tidur dan lain sebagainya.

Namun perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan kulit jeruk yang busuk atau sudah terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan nyamuk justru akan lebih banyak datang.

• Meletakkan serai disudut rumah

Cara yang satu ini juga hampir sama dengan cara mengusir nyamuk dengan bawang putih efektif dimana Anda hanya perlu meletakkan serai di beberapa bagian sudut ruangan di rumah. Aroma segar dari serai ternyata cukup menyengat untuk nyamuk sehingga mereka tidak menyukainya.

Anda bisa memotong serai tersebut menjadi beberapa bagian agar aromanya bisa lebih keluar. Letakkan pada bagian rumah atau sudut-sudut ruangan di dalam rumah. Biasanya nyamuk juga akan lebih banyak berkembang biak pada ruangan yang gelap.

• Menanam tanaman yang dibenci nyamuk

Siapa sangka bahwa menanam tanaman tertentu juga bisa membantu untuk mengusir nyamuk. Ada berbagai macam jenis tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga ketika Anda meletakkannya di dalam rumah, nyamuk juga akan enggan untuk tinggal.

Kebanyakan jenis tanaman tersebut adalah tanaman yang memiliki aroma yang cukup menyengat. Seperti marigold, daun serai, pepermin dan juga lavender. Beberapa tanaman tersebut bahkan tidak hanya bisa untuk mengusir nyamuk namun juga bisa membantu untuk menghias ruangan Anda agar lebih cantik.

• Cat dinding dengan warna yang tidak disukai nyamuk

Mungkin beberapa orang akan aneh dengan hal ini, namun nyamuk juga tidak menyukai jenis warna tertentu. Beberapa warna tersebut seperti hijau, kuning, biru kehijauan, dan juga kuning kecokelatan. Anda bisa mencoba untuk menggunakan warna tersebut pada dinding agar nyamuk tidak ingin datang.

Demikian artikel mengenai cara mengusir nyamuk dengan bawang putih dan bahan-bahan alami lainnya. Jika masih kesusahan untuk mengusir hama nyamuk di rumah atau halaman, bisa minta bantuan jasa pengusir hama Bintoro Pest.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Kopi Memang Bisa? Simak!

Mengusir nyamuk ternyata tidak hanya bisa Anda lakukan dengan obat nyamuk saja. Cara mengusir nyamuk dengan kopi juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang tidak memiliki obat nyamuk.

Di Indonesia yang termasuk dalam negara dengan cuaca tropis memang akan rentan untuk mendapatkan serangan nyamuk. Terutama di musim hujan seperti ini dimana jumlah nyamuk akan lebih banyak.

Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu karena nyamuk akan lebih mudah datang dan menggigit Anda. Untuk itu memang lebih baik mengusirnya menggunakan bahan alami yang lebih mudah Anda temukan.

 

Cara mengusir nyamuk dengan kopi secara alami dan efektif

Untuk cara mengusir nyamuk menggunakan kopi sendiri bisa menggunakan bubuk kopi atau ampas kopi. Lalu lakukan cara berikut ini:

1. Menggunakan bubuk kopi

Selain menggunakan ampas kopi, bubuk kopi juga bisa Anda gunakan untuk membantu mengusir nyamuk yang mengganggu. Bahkan Badan Perlindungan Lingkungan di Amerika Serikat juga menyarankan untuk menggunakan bubuk kopi ini guna membantu mengusir nyamuk.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengusir nyamuk di halaman, maka ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan. Pertama adalah dengan menyiapkan bubuk kopi yang sudah terpakai.

Letakkan di dalam mangkuk untuk kemudian bisa Anda tutup menggunakan alumunium foil. Tinggalkan mangkuk tersebut pada ruangan yang gelap dan sejuk seperti halaman rumah sampai kopi kering.

Ketika kopi sudah kering maka bakar bubuk kopi pada ruangan yang terbuka atau yang menurut Anda terdapat banyak nyamuk. Asap dari kopi yang dibakar seperti dupa tersebut bisa membantu untuk mengusir nyamuk.

2. Menggunakan ampas kopi

Menurut sebuah penelitian, air yang mengandung kopi atau dalam hal ini adalah ampas kopi bisa membantu untuk menghalangi nyamuk dewasa agar tidak bertelur di halaman. Akan tetapi walaupun penggunaan ampas kopi bisa membantu untuk mengurangi jumlah larva nyamuk, berbeda jika hal tersebut Anda terapkan di dalam ruangan.

Cara mengusir nyamuk dengan kopi ampas mungkin tidak bisa membantu memberikan hasil yang maksimal untuk mengusir nyamuk baik di dalam maupun luar ruangan. Hal ini karena ampas kopi hanya mampu menolong mengurangi jumlah larva saja.

Cara mengusir nyamuk dengan bahan alami lainnya

Selain menggunakan bubuk atau ampas kopi, ternyata mengusir nyamuk juga bisa menggunakan beberapa bahan lainnya. Anda tidak perlu khawatir karena bahan yang digunakan adalah bahan alami sehingga akan lebih mudah ditemukan dan mengurangi risiko berbahaya yang mungkin bisa terjadi.

Adapun bahan yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

1. Minyak lemon

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk yang pertama adalah minyak lemon. Menurut beberapa penelitian, minyak lemon akan ampuh untuk membantu mengusir nyamuk dengan lebih efektif. Penggunaan minyak lemon ini bisa membantu mengusir nyamuk bahkan hingga 3 jam lamanya.

Cara untuk menggunakannya, Anda bisa menuangkan minyak lemon pada botol spray yang sudah bersih. Kemudian semprotkan pada kulit atau bagian tubuh yang sering terkena gigitan nyamuk.

Misalnya seperti lengan, leher, kaki dan beberapa bagian tubuh lainnya. Gunakan pada kulit dengan merata. Walaupun minyak lemon ini termasuk dalam bahan yang alami, namun tidak disarankan untuk menggunakannya pada anak di bawah usia 3 tahun.

 

Baca Juga : 6 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Sereh Secara Praktis dan Alami

 

2. Serai

Aroma dari serai ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Hal ini membuat bahan serai kerap dijadikan bahan untuk membantu mengusir nyamuk. Cara untuk menggunakannya juga terbilang cukup mudah. Anda bisa menggunakan serai tersebut seperti untuk lilin dan dibakar pada bagian ujungnya.

Kemudian letakkan, pada beberapa bagian yang menurut Anda terdapat banyak nyamuk. Biasanya ada dipojok ruangan atau ruangan dengan tempat yang gelap. Anda bisa meletakkan serai tersebut pada vas bunga yang terbuat dari kaca atau dari keramik.

Cara ini akan lebih aman dan lebih mudah. Nantinya ketika serai sudah habis maka Anda bisa menggantinya kembali dengan serai yang baru.

3. Kulit jeruk

Kulit jeruk yang biasanya Anda buang ternyata juga bisa digunakan untuk membantu mengusir nyamuk. Penggunaan kulit jeruk ini juga hampir sama dengan cara mengusir nyamuk dengan kopi di halaman. Akan tetapi perlu diperhatikan jika cara ini tidak bisa membantu untuk mengusir nyamuk seluruhnya atau 100%.

Namun tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Cara untuk menggunakannya juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan kulit jeruk pada tempat yang terdapat banyak nyamuknya. Biarkan hingga kulit jeruk tersebut mengering. Anda juga bisa menggantinya dengan yang baru jika memang dibutuhkan.

4. Bawang putih

Bawang putih yang kebanyakan digunakan untuk bahan memasak ini ternyata juga bisa Anda manfaat untuk mengusir nyamuk. Hal ini mungkin dikarenakan aroma dari bawang putih yang cukup menyengat sehingga kurang disukai nyamuk juga.

Anda hanya perlu meletakkan irisan bawang putih tersebut pada tempat yang gelap atau yang jarang terkena sinar matahari. Biasanya pada tempat tersebut, nyamuk akan berkembang biak dengan lebih mudah.

5. Kemangi

Sayur kemangi yang banyak dimanfaatkan untuk lalapan atau campuran makanan karena aromanya yang unik dan segar ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengusir nyamuk.

Tanaman dengan aroma yang khas ini ternyata tidak disukai nyamuk sehingga membuat nyamuk lebih mudah untuk pergi. Kandungan senyawa alami yang bisa menghasilkan bau ternyata cukup menyengat untuk nyamuk.

Caranya juga sama dengan cara mengusir nyamuk dengan kopi bubuk. Anda cukup meletakkan kemangi yang sudah dicuci pada tempat atau bagian rumah yang terdapat atau menjadi sarang nyamuk. Seperti sudut rumah, gantungan baju, tempat yang gelap dan lain sebagainya.

6. Minyak kayu manis

Mungkin ada banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ekstrak minyak kayu manis akan bagus untuk membantu mengusir nyamuk. Sebuah penelitian bahkan menemukan jika minyak kayu putih bisa membunuh telur-telur nyamuk yang sudah diletakkan pada tempat yang gelap.

Cara untuk menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan air dengan minyak kayu manis secukupnya. Kemudian masukkan dalam botol spray. Semprotkan cairan tersebut pada tempat yang biasanya menjadi sarang nyamuk. Dengan begitu nyamuk tidak akan mudah datang lagi.

Pentingnya membasmi nyamuk secara rutin

Saat ini beberapa daerah di Indonesia sering sekali mengalami musim hujan. Hal ini mengakibatkan beberapa masalah yang bisa terjadi. Mulai dari banjir, longsor dan lain sebagainya. Salah satunya yang juga pasti terjadi adalah nyamuk akan semakin mudah untuk berkembang biak.

Nyamuk memang menyukai tempat-tempat yang kotor, lembap, genangan, gelap dan lain sebagainya. Mereka akan lebih mudah untuk berkembang biak pada tempat-tempat tersebut. Hal ini menjadikan nyamuk menjadi lebih banyak dan bisa jasa menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya seperti malaria atau demam berdarah.

Untuk itu sangat penting mengatasi hal tersebut dengan cara mengusir nyamuk menggunakan bahan-bahan alami. Demikian artikel mengenai cara mengusir nyamuk dengan kopi dan menggunakan bahan-bahan alami lainnya. Semoga artikel Bintoro Pest ini bermanfaat.

6 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Sereh Secara Praktis dan Alami

Nyamuk merupakan salah satu predator yang cukup mengganggu kenyamanan sehingga penting untuk mengetahui cara mengusir nyamuk dengan sereh yang tepat. Sereh merupakan tanaman alami yang mudah dalam hal perawatan dan juga memiliki aroma khas sehingga nyamuk tidak suka.

Selain banyak terdapat pada bahan campuran obat nyamuk maupun losion anti nyamuk, sereh ini bisa Anda olah sendiri sebagai anti nyamuk yang efektif.

 

Cara mengusir nyamuk dengan sereh yang praktis

1. Sereh dan minyak esensial

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencampurkan sereh dengan minyak esensial lainnya. Anda bebas memilih menggunakan minyak sereh ataupun sereh yang masih segar, namun untuk keperluan lotion lebih disarankan menggunakan sereh dalam bentuk minyak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengaplikasiannya pada kulit.

Minyak esensial lain yang bisa digunakan bebas saja, namun yang paling recommended adalah jenis rosemary dan zaitun. Kedua minyak ini mampu memberikan formula tambahan yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Yang terpenting aroma dari dua bahan ini jika tercampur dengan minyak sereh juga akan sedap dan tidak aneh.

Ketika Anda memilih untuk menggunakan cara ini maka yang perlu diperhatikan adalah mengenai aroma akhir dari kedua jenis minyak esensial yang akan dicampur nantinya. Aroma yang aneh dan menyengat tentu akan membuat Anda tidak nyaman untuk menggunakannya.

Dengan cara ini tentu lebih menyenangkan karena Anda bisa melakukan eksperimen dengan bebas menggunakan beberapa jenis minyak esensial kesukaan yang berbeda-beda. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai dunia perminyakan dengan aroma bahan alami yang menenangkan.

2. Gunakan diffuser

Cara mengusir nyamuk dengan sereh di rumah kedua ini sangat cocok untuk Anda yang tidak suka menggunakan losion anti nyamuk. Beberapa alasan yang sering muncul dari orang yang tidak suka losion anti nyamuk adalah gerah dan sulit meresap dengan baik. Apalagi yang sampai muncul kemerahan karena iritasi dan kulit yang sangat sensitif.

Untuk menghindari efek samping tersebut Anda bisa menggunakan diffuser untuk membantu mengusir nyamuk menggunakan sereh. Namun karena menggunakan diffuser maka Anda wajib menggunakan sereh yang sudah terolah dalam bentuk minyak yang siap untuk dipakai.

Biasanya pada merek diffuser tertentu sudah menyediakan lengkap dengan pilihan minyak dari bahan alami, salah satunya adalah sereh. Untuk penggunaannya cukup teteskan maksimal 5 tetes pada air diffuser. Barulah nyalakan alat diffusernya, cara ini mampu mempermudah penyebaran aroma sereh ke seluruh ruangan dengan praktis.

Bahkan ketika menggunakan diffuser ini Anda tidak hanya bisa menggunakan satu jenis minyak esensial saja melainkan bisa menggabungkannya dengan beberapa jenis minyak sekaligus. Dengan begitu dalam satu malam beberapa manfaat sekaligus bisa langsung Anda dapatkan dengan mudah.

 

Baca Juga : 10 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Sabun dan Tanaman Alami

 

3. Lilin sereh

Cara lain dalam menikmati aroma sereh untuk mengusir nyamuk adalah memilih lilin aroma terapi dengan varian sereh. Layaknya jenis lilin aroma terapi pada umumnya untuk menikmati aromanya Anda perlu menyalakan lilinnya terlebih dahulu. Selain mampu mengusir nyamuk lilin ini juga bisa membantu Anda lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

Lilin sereh ini bisa Anda jumpai dengan mudah di pasaran dengan harga yang bervariasi, namun jika merasa harganya terlalu mahal maka kreasikan saja sendiri lilin sereh dengan bahan yang murah. Tentu sebelum membuatnya siapkan terlebih dahulu bahan untuk lilin dan juga minyak serehnya.

Ambil beberapa batang bahan olahan lilin kemudian cairkan dan tambahkan beberapa tets minyak sereh, jangan lupa untuk mengaduknya dengan cepat agar minyaknya tersebar dengan rata. Anda harus bekerja dengan cepat dalam memindahkan pada wadah cetakan lilin dan berikan sumbu untuk menyalakannya.

Tunggu beberapa saat dan lilin sereh sudah bisa Anda gunakan ketika dibutuhkan. Cara yang satu ini juga merupakan alternatif paling praktis untuk menggantikan diffuser maupun obat nyamuk yang lebih efektif. Bahkan dengan mengolahnya menjadi lilin kebutuhan minyak sereh menjadi lebih sedikit.

Sebenarnya cara ini adalah kelanjutan dari cara sebelumnya namun tidak lagi menggunakan botol semprot melainkan langsung menggunakan diffuser.

4. Mengoleskan minyak sereh

Cara mengusir nyamuk dengan sereh di kamar keempat adalah langsung menggunakan minyak sereh sebagai losion anti nyamuk yang praktis. Tentunya cara yang pertama adalah membeli minyak sereh dengan merek apa saja kemudian oleskan saja pada bagian kaki dan tangan secara merata.

Namun perhatikan dalam penggunaannya karena tidak semua jenis kulit cocok dengan olahan minyak terlebih untuk kulit yang sensitif. Anda wajib menghentikan penggunaan jika terjadi iritasi yang ringan seperti gatal, kemerahan ataupun sampai yang berat sekalipun karena berbahaya untuk kulit Anda.

Untuk menghindari kandungan minyak sereh yang sangat berat Anda bisa mengakalinya dengan mencampurkan dengan air secukupnya pada wadah semprot. Tuangkan beberapa tetes minyak sereh pada air dalam botol. Kemudian semprotkan pada tangan dan kaki untuk pengganti losion nyamuk.

Bahkan dengan mencampurkannya menggunakan air akan membuat persediaan minyak sereh Anda lebih awet. Penggunaan semprotan ini bisa juga digunakan untuk menyemprot ruangan secara keseluruhan ataupun langsung pada gerombolan nyamuk yang mengumpul.

5. Menggunakan sereh segar

Selain menggunakan minyak sereh Anda juga bisa mengusir nyamuk menggunakan sereh yang masih segar. Dalam menggunakannya cukup ambil beberapa batang sereh segar kemudian potong besar-besar dan letakkan pada wadah mangkok. Terakhir cukup taruh saja pada sudut ruangan yang banyak terdapat gerombolan nyamuk.

Cara kedua yang bisa Anda gunakan untuk sereh segar ini adalah dengan mencincangnya sampai halus kemudian campurkan dengan pepermin oil atau jenis minyak lainnya pada wadah mangkok. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang kurang suka dengan aroma sereh untuk menyamarkannya.

Namun perlu diperhatikan ketika menggunakan bahan yang segar ini karena bisa mengalami pembusukan dan juga aroma yang hilang karena serehnya sudah kering. Jadi untuk penggunaan sereh yang segar ini disarankan mengganti potongan sereh setiap harinya agar tetap ampuh dalam mengusir nyamuk.

6. Menanam tanaman sereh sendiri

Cara mengusir nyamuk dengan sereh secara alami berikutnya adalah dengan menanam tanaman sereh tersebut sendiri di pekarangan rumah. Tanaman sereh yang ada di halaman rumah mampu menghalau masuknya nyamuk ke dalam rumah. Bahkan jika penanamannya tepat pada bawah jendela maupun dekat ventilasi lainnya.

Untuk hasil yang efektif Anda bisa mengiris sedikit sereh yang masih menancap pada tanah. Cara ini mampu memberikan aroma yang lebih pekat untuk serehnya. Bahkan dengan memiliki tanaman serehnya sendiri Anda bisa mudah untuk mengambilnya kapan saja ketika butuh.

Tidak perlu khawatir mengenai perawatannya karena tanaman sereh ini tidak membutuhkan perlakuan khusus dan bukan merupakan tanaman yang menjulang tinggi. Anda cukup memiliki sepuluh batang atau lebih pohon sereh untuk antisipasi nyamuk yang praktis.

Itulah beberapa pilihan mengenai cara mengusir nyamuk dengan sereh. Selain cara alami tersebut, Anda juga bisa coba minta bantuan jasa pembasmi hama yang lebih efektif dalam mengusir berbagai hama seperti Bintoro Pest.

10 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Sabun dan Tanaman Alami

Nyamuk ternyata bisa diusir menggunakan banyak hal, salah satunya adalah mengenai cara mengusir nyamuk dengan sabun. Bukan hanya berupa obat nyamuk buatan pabrik namun bahan-bahan alami sekitar juga ampuh untuk mengusir nyamuk. Bahkan bahan alami ini tidak memiliki kandungan alergen yang berbahaya untuk tubuh.

Anda bebas untuk menggunakan tanaman ini secara langsung ataupun sekaligus menanam tanaman alami di rumah sebagai antisipasi maksimal.

 

Cara mengusir nyamuk dengan sabun dan tanaman alami

1. Lilin sereh

Bahan pertama yang bisa Anda coba adalah lilin sereh. Citronella yang terkandung di dalam bahan ini memiliki sifat anti serangga atau pembasmi segala macam serangga, salah satunya adalah nyamuk. Aroma dari lilin sereh yang segar dan sehat ini ternyata membuat nyamuk tidak nyaman berada dalam ruangan tersebut.

Lilin sereh ini merupakan bahan alami yang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Anda cukup meletakkan lilin sereh pada tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk untuk antisipasi yang maksimal. Bahkan untuk rumah yang banyak serangga, lilin sereh ini ampuh untuk mengusir serangga lain yang bersarang juga.

2. Bawang putih

Cara mengusir nyamuk dengan sabun secara alami kedua adalah bawang putih. Bumbu masak dapur yang serba guna ini juga memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga tidak disukai oleh nyamuk. Untuk hasil yang efektif Anda bisa mengunyah bawang putih dan menelannya mentah-mentah karena aromanya bisa menyeluruh.

Namun cara ini memang tidak nyaman untuk sebagian orang terlebih karena baunya yang mengganggu. Anda bisa menggunakan alternatif seperti mengambil air rebusan dari bawang putih. Rebus saja bawang putih dengan air secukupnya kemudian Anda bisa menggunakannya sebagai semprotan anti nyamuk.

 

Baca Juga : Cara Mengusir Nyamuk dengan Hp Lewat Aplikasi Canggih Ini

 

3. Air sabun

Cara yang ketiga ini sangat cocok untuk Anda yang tidak menyukai aroma yang menyengat karena cukup menggunakan air sabun biasa. Cukup ambil air dan sabun kemudian aduk sampai busanya muncul dan letakkan pada piring. Lalu letakkan piring tersebut pada kerumunan nyamuk yang menyerang.

Air sabun ini tidak berfungsi untuk mengusir nyamuk namun sebagai jebakan agar nyamuk mendekat ke arahnya. Nyamuk sangat tertarik dengan busa sabun dan tidak terganggu dengan aromanya. Kemudian nyamuk akan terjatuh dan mati karena terkena air sabun.

4. Cuka apel

Langkah lain dari cara mengusir nyamuk dengan sabun sereh berikutnya adalah memanfaatkan cuka apel. Bahan yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk kecantikan baik sebagai kecantikan wajah maupun diet alami. Namun ternyata ada manfaat lain yang krusial yakni sebagai pengusir nyamuk.

Cuka apel ini memiliki manfaat sebagai semprotan anti nyamuk dengan mencampurkannya menggunakan minyak sereh. Anda bisa menyemprotkan campuran ini pada gerombolan nyamuk untuk pengusiran lebih maksimal. Bahannya juga bisa disimpan dalam waktu yang lama sehingga lebih praktis.

5. Lavender

Bunga yang satu ini banyak terdapat pada bahan campuran obat nyamuk maupun losion anti nyamuk sehingga bukan rahasia lagi kalau lavender adalah musuh untuk nyamuk. Saat ini Anda tidak perlu repot untuk mendapatkan manfaat dari lavender ini seperti menggunakan olahan minyak alami lavender.

Minyak lavender tersebut cukup Anda oleskan saja pada tangan maupun kaki untuk anti nyamuk yang alami. Minyak ini juga memiliki fungsi lain seperti pereda iritasi, kemerah-merahan pada kulit ataupun hal lain yang menjadi penyebab alergi kulit. Bahan ini tidak memiliki efek samping apa pun saat digunakan jadi lebih aman.

6. Tumbuhan alami

Selain cara di atas Anda juga bisa menggunakan beberapa tanaman khusus yang mampu mencegah datangnya nyamuk secara efektif. Bukan hanya itu saja, ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat lain untuk hiasan rumah yang estetik. Jadi Anda bisa sekaligus mendapatkan dua manfaat ketika memelihara tanaman ini.

Jenis tanaman yang bisa Anda pelihara adalah lavender, marigold, rosemary, serai, bawang putih dan juga basil. Semua jenis tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit jadi tidak akan merepotkan Anda ketika memeliharanya.

7. Geranium

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda pelihara di rumah adalah Geranium. Tumbuhan yang satu ini memiliki karakteristik yang cantik dengan warna merah yang menawan. Memiliki kandungan yang tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum semerbak ketika terkena angin.

Cara perawatan dari bunga ini juga tidak sulit karena tidak memerlukan perlakuan khusus bahkan bisa Anda letakkan pada ruangan dalam rumah. Bunga warna merah ini mampu mempercantik ruangan untuk hiasan bunga asli dan memiliki fungsi yang lebih pasti. Untuk peletakannya hanya perlu meletakkan beberapa batang Geranium pada vas berisikan air. Jangan lupa untuk sering mengganti air dalam vasnya.

8. Catnip

Selain bisa dengan cara mengusir nyamuk dengan sabun dan busa, nyamuk juga tidak menyukai jenis tanaman catnip. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memang masih ada keeratannya dengan kucing. Catnip memiliki manfaat untuk membuat kucing lebih aktif ketika memiliki kontak langsung dengan tanaman ini.

Meskipun begitu ternyata catnip merupakan tanaman yang menjadi musuh nyamuk karena kandungan minyak di dalamnya yang mampu membuat nyamuk tidak betah dalam ruangan tersebut. Terdapat nepetalactone yang mampu mengusir nyamuk tanpa efek samping layaknya bahan kimia pada umumnya.

Perlu Anda tahu bahwa tanaman ini mampu tumbuh menjulang cukup tinggi, jadi selalu perhatikan perkembangannya. Anda bisa memotong batangnya ketika sudah menjulang terlalu tinggi dan mengganggu pandangan. Catnip sangat membantu Anda untuk mengusir nyamuk dengan cara efektif.

9. Lemon balm

Tanaman kesembilan adalah lemon balm. Mungkin beberapa orang masih asing dengan jenis tanaman yang satu ini namun Anda perlu tahu karena fungsinya cukup efektif untuk mengusir nyamuk. Lemon balm ini memiliki aroma yang menyengat dan mengganggu kenyamanan nyamuk.

Sama dengan catnip, daun ini memiliki pertumbuhan yang lumayan cepat baik ketinggian maupun jumlah sehingga ketika menanamnya Anda perlu memperhatikan tingkat keefisienannya sebagai pengusir nyamuk. Anda cukup menanam beberapa batang saja untuk menghalau masuknya nyamuk ke dalam rumah.

10. Serai

Bahan yang banyak digunakan untuk jamu maupun bumbu masakan ini juga merupakan musuh bebuyutan bagi nyamuk. Banyak terdapat pada minyak pengusir nyamuk maupun lotion anti nyamuk ternyata Anda bisa memakai tanaman aslinya untuk mengusir nyamuk secara efektif.

Manfaatkan pekarangan rumah maupun samping rumah untuk menanam serai beberapa buah saja sebagai antisipasi datangnya nyamuk ke dalam rumah. Tanaman serai ini tidak cocok hidup di dalam pot jadi Anda wajib membiarkannya berada pada tanah secara bebas.

Lebih disarankan untuk menanam serai ini tepat di bawah jendela agar lebih mudah menahan nyamuknya. Aroma dari serai ini juga tidak akan mengganggu penciuman Anda bahkan juga bisa menyerap aroma tidak sedap yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Itulah beberapa hal mengenai cara mengusir nyamuk dengan sabun dan tanaman alami yang efektif. Jika Anda tetap merasa belum bisa usir nyamuk sendiri, andalkan jasa pengusir hama terpercaya Bintoro Pest.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Hp Lewat Aplikasi Canggih Ini

HP saat ini merupakan sebuah alat yang mampu memberikan solusi untuk masalah manusia seperti cara mengusir nyamuk dengan HP. Cara pengusiran nyamuk ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan beberapa jenis aplikasi pengusir nyamuk atau serangga yang sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya jenis aplikasi ini memanfaatkan gelombang frekuensi yang bisa mengganggu ketenteraman nyamuk tersebut. Sehingga ketika aplikasi dijalankan maka beberapa saat kemudian nyamuk akan pergi.

 

Cara mengusir nyamuk dengan HP melalui aplikasi

 

1. Alarm anti hama

Dari segi nama aplikasi tentu Anda wajib tahu bahwa aplikasi ini adalah buatan anak bangsa untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Aplikasi ini bukan hanya bisa mengusir nyamuk namun juga beberapa jenis serangga lain yang terganggu mendengarkan gelombang frekuensi yang digunakan.

Aplikasi ini memanfaatkan gelombang frekuensi yang berbunyi tanpa mengganggu ketenteraman manusia saat beristirahat. Anda hanya perlu membuka aplikasi yang telah terdownload ini kemudian menyalakannya. Aplikasi ini tidak ada batasan mengenai penggunaannya dan juga cenderung tidak boros kuota.

2. Mosquioto KillerX

Cara mengusir nyamuk dengan HP android kedua adalah menggunakan aplikasi Mosquioto KillerX. Aplikasi yang satu ini cocok untuk Anda yang cenderung alergi terhadap berbagai jenis obat nyamuk dan kurang suka menggunakan lotion anti nyamuk sebelum tidur.

Anda wajib memiliki aplikasi dengan ukuran yang sangat kecil ini untuk membantu mengusir gangguan nyamuk. Aplikasi ini juga bekerja menggunakan jenis gelombang dengan frekuensi tinggi sehingga dengungannya akan mengganggu nyamuk. Selain bisa diakses secara gratis, aplikasi ini juga tidak akan mengganggu Anda ketika digunakan.

 

Baca Juga : Cara Mengusir Hama Nyamuk di Rumah dan Pencegahannya

 

3. Ultrasound Barrier

Umumnya frekuensi gelombang suara yang bisa mengusir nyamuk adalah gelombang yang tinggi, namun semakin tinggi gelombang membuat aplikasinya berat dan menyerap banyak daya baterai. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa menggunakan aplikasi Ultrasound Barrier.

Aplikasi ini menggunakan gelombang frekuensi yang paling rendah yakni sampai 20kHz saja tidak lebih. Anda bisa menyesuaikan sendiri frekuensi yang akan dipakai mulai dari 15kHz sampai 20kHz. Untuk gelombang yang ampuh mengusir nyamuk dan banyak terpakai adalah ukuran 17kHz saja.

4. Pest Repelient Sound

Masih bingung untuk memilih aplikasi pengusir nyamuk yang tepat nyatanya Anda harus melihat aplikasi Pest Repelient Sound ini. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang memanfaatkan gelombang frekuensi tinggi maupun rendah, namun aplikasi ini memanfaatkan ultrasonik untuk cara pengusiran paling efisien.

Aplikasi ini bisa Anda nikmati dengan gratis tanpa terbebani ukuran yang berat dan juga daya serap kuota maupun baterai. Bisa diakses secara offline dan cukup mengeklik bagian “nyalakan” saja untuk memulai proses pengusiran nyamuk. Gelombang ultrasonik ini juga tidak akan mengganggu kenyamanan Anda ketika tertidur.

5. Any Fly Sound

Cara mengusir nyamuk dengan HP aplikasi berikutnya adalah memakai aplikasi Any Fly Sound. Uniknya untuk memaksimalkan penggunaan dari aplikasi ini Anda bisa memakai speaker untuk menaikkan volume suara nyamuk. Memang penggunaannya tidak disarankan untuk malam hari melainkan saat siang hari.

Aplikasi ini berguna untuk menjahili nyamuk yang datang dengan gelombang suara yang cukup mengganggu. Sama dengan jenis aplikasi sebelumnya, aplikasi ini gratis dan ringan untuk digunakan. Tidak ada efek samping pada kuota maupun penyimpanan meskipun dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

6. Insect Repellent

Aplikasi ini termasuk jenis aplikasi yang sangat ampuh dalam pengusiran berbagai jenis nyamuk di seluruh dunia, bahkan untuk tipe nyamuk yang berbahaya sekalipun. Uniknya aplikasi ini sudah mengusir setidaknya ribuan jenis nyamuk yang menyebar di seluruh dunia secara efektif.

Insect Repellent bekerja menggunakan gelombang frekuensi dari ultrasonik yang memiliki tegangan tertentu. Gelombang jenis ini sangat mengganggu kenyamanan nyamuk sehingga mereka memilih untuk pergi ketika mendengar gelombang ini. Cara penggunaannya juga cukup mudah hanya dengan menyalakan bunyi dalam aplikasi dan Anda bisa tidur dengan santai.

7. Mosquito Sound

Mosquito sound ini adalah aplikasi yang mampu menghasilkan frekuensi untuk jenis suara tertentu, termasuk untuk pengusiran nyamuk. Pada ukuran gelombang tertentu ternyata nyamuk sangat membencinya sehingga aplikasi ini bisa bermanfaat untuk mengusir nyamuk tanpa harus bersusah payah.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah Anda bisa mengatur sendiri kebutuhan mengenai ukuran frekuensi yang akan dipakai dalam pengusiran serangga maupun nyamuk. Suara dari aplikasi ini bisa Anda pakai untuk mengganggu kenyamanan nyamuk dalam area ruangan tertentu secara praktis.

8. Sonic Mosquito Repellent

Cara mengusir nyamuk dengan HP smartphone kedelapan adalah menggunakan aplikasi Sonic Mosquito Repellent. Aplikasi ini seperti layaknya penggunaan perabot elektrik karena ada tombol on atau off untuk mengaktifkan dan mematikannya. Anda juga bisa mengatur sendiri jenis ukuran gelombang untuk mengusir nyamuknya.

Sementara untuk mengatur tinggi rendahnya gelombang yang bisa Anda lakukan adalah menarik tombol up/ down. Up untuk menambah volume kemudian down untuk merendahkan volumenya. Jadi aplikasi ini sangat lengkap dan mudah untuk Anda gunakan sebagai alat pengusir nyamuk yang efisien.

9. Anti Fly Sound

Aplikasi kesembilan yang juga bagus untuk Anda coba adalah Anti Fly Sound. Aplikasi ini mampu mengusir banyak jenis serangga yang terbang termasuk nyamuk. Anda hanya perlu menyesuaikan volume frekuensi yang akan digunakan sesuai dengan tipe serangga yang akan diusir.

Aplikasi ini memiliki tombol khusus yang bisa Anda tarik untuk menambah dan mengurangi volume dengan praktis. Memiliki ukuran yang mini dan gratis dalam penggunaannya sehingga sangat recommended untuk Anda. Aplikasi ini mampu mengusir nyamuk namun tidak menutup kemungkinan jika nyamuk tersebut aka datang kembali.

10. Frequency Generator

Memanfaatkan bunyi sebagai pengusir nyamuk adalah keunikan dari aplikasi ini. Bunyi yang dihasilkan dari aplikasi ini memiliki frekuensi mulai dari 15000 sampai dengan 22000 Hz untuk ukuran yang paling besar. Tentu saja pengadaan ukuran ini sesuai dengan nama aplikasinya yang fokus dengan penggunaan gelombang frekuensi.

Tidak hanya bisa mengusir nyamuk namun aplikasi ini juga bisa mengusir serangga lain dengan ukuran frekuensi gelombang tertentu. Namun Anda tidak perlu khawatir karena meskipun gelombangnya besar, aplikasi ini tidak akan mengganggu pengguna ketika sedang menyala.

11. Anti Insect Repeller Simualator

Aplikasi kesebelas yang bisa Anda pakai adalah Anti Insect Repeller Simulator. Merupakan salah satu jenis aplikasi antiinsect yang cukup diminati oleh masyarakat. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang mampu mengusir banyak jenis serangga, tidak hanya fokus untuk pengusiran nyamuk saja.

Memanfaatkan gelombang frekuensi suara yang tinggi sehingga mengganggu nyamuk yang sedang datang berdatangan di ruangan tempat Anda bersantai. Cukup nyalakan saja aplikasi ini dan tunggu beberapa saat sampai beberapa nyamuk mulai pergi meninggalkan ruangan tersebut. perlu Anda tahu bahwa aplikasi ini hanya bisa mengusir nyamuk tanpa membunuhnya.

Itulah beberapa cara mengusir nyamuk dengan HP melalui beberapa aplikasi canggih. Namun jika rumah Anda masih diserang hama nyamuk, maka akan lebih efektif menghubungi jasa pembasmi hama Bintoro Pest.

Cara Mengusir Hama Nyamuk di Rumah dan Pencegahannya

Anda wajib tahu beberapa cara mengusir nyamuk di rumah yang tepat. Pengusiran nyamuk dengan cara yang tidak sesuai justru akan membuang-buang waktu dan membuat perkembangan nyamuk semakin pesat. Nyamuk tidak hanya mengganggu dalam segi suara dan gigitan namun ada penyakit serius yang mengintai di baliknya.

Beberapa metode pengusiran nyamuk bisa saja Anda terapkan baik yang alami ataupun menggunakan obat buatan pabrik asalkan sesuai dengan situasi dan kondisi. Simak cara mengusir hama nyamuk di rumah dan pencegahannya ala Bintoro Pest.

 

Cara mengusir nyamuk di rumah dengan mudah dan efektif

 

1. Menggunakan bahan alami

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengusir nyamuk adalah memanfaatkan bahan alami yang ada. Biasanya bahan alami yang mampu mengusir nyamuk ini memiliki karakteristik bau yang sangat kuat dan khas. Bahan ini juga banyak dipakai untuk bahan campuran lotion nyamuk atau obat nyamuk buatan pabrik.

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk adalah bunga Lavender. Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau bunga berwarna ungu ini memang mampu memberikan aroma wangi yang sangat kuat. Bunga ini banyak disulap menjadi minyak atau sekedar sebagai hiasan rumah anti nyamuk. Anda bisa memilih antara yang bunga asli ataupun yang sudah terolah menjadi minyak.

Bahan kedua yang juga tidak kalah ampuh dalam mengusir nyamuk adalah serai. Bahan pembuat bumbu dapur yang wangi ini juga mampu menimbulkan aroma yang kuat untuk mengusir nyamuk. Anda hanya perlu memotong-motong beberapa buah serai dan letakkan pada tempat yang banyak nyamuknya.

Bahan alami lain yang bisa Anda coba berupa kulit jeruk kering, geranium dan juga bawang putih. Pilih saja yang sekiranya murah dan terjangkau.

2. Obat nyamuk

Selain dari bahan alami cara mengusir nyamuk di rumah dengan mudah kedua adalah menggunakan obat nyamuk olahan pabrik. Alternatif ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu mencari bahan alami pengusir nyamuk tersebut. Obat nyamuk ini memiliki banyak bentuk seperti likuid elektrik, bakar maupun spray.

Obat nyamuk bakar adalah obat nyamuk yang pertama kali terkenal di Indonesia. Ciri dari obat nyamuk ini adalah adanya asap dan juga api yang membakar habis lingkaran spiral dari obat nyamuknya. Jenis obat nyamuk ini tidak boleh berada dekat dengan penghuni rumah karena bisa sesak nafas.

Kemudian yang kedua ada obat nyamuk spray, jenis yang satu ini penggunaannya harus disemprotkan pada keseluruhan ruangan ketika tidak ada orang di dalamnya. Barulah beberapa saat kemudian Anda bisa kembali menghuni ruangannya. Yang terakhir ada likuid elektrik yang menggunakan aliran listrik untuk menghidupkannya.

 

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Nyamuk Secara Alami dan Praktis

 

3. Lakukan pengecekan dan pembersihan

Nyamuk senang sekali menempati ruangan atau tempat yang lembap dan gelap apalagi ada genangan air di dalamnya. Seperti halnya dengan rumah yakni pada bagian bak penampungan air dan juga wastafel. Anda wajib melakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala untuk menghindari perkembangan jentik nyamuk.

Anda yang memiliki vas bunga berisikan air juga harus waspada dengan mengganti airnya sesering mungkin. Vas bunga ini juga rawan sebagai tempat jentik-jentik nyamuk berkembang menjadi nyamuk dewasa. Air yang keruh dan berlumut adalah tempat yang paling banyak menghasilkan nyamuk. Jangan lupa juga cek tandon penampungan air.

4. Pembunuh nyamuk elektrik

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah memakai pembunuh nyamuk elektrik. Pertama Anda bisa menggunakan raket nyamuk yang mampu membunuh nyamuk seketika ketika mengenai sasarannya. Anda hanya perlu menggerak-gerakkan raket demi menjangkau target nyamuknya.

Kemudian ada lampu listrik yang kinerjanya hampir sama dengan raket nyamuk. Hanya saja jenis lampu ini tidak memerlukan tenaga yang banyak karena setiap nyamuk yang mendekat sudah pasti tersetrum oleh sengatan listriknya. Lampu listrik yang satu ini banyak dipakai untuk kepentingan ruangan yang lebih luas.

5. Hindari tumpukan baju kotor

Cara mengusir nyamuk di rumah secara alami berikutnya adalah menghindari tumpukan baju kotor. Baju kotor menimbulkan suasana ruangan yang gelap dan lembap sehingga mengundang nyamuk untuk datang bersarang. Baju kotor semakin menambah tumpukannya maka semakin banyak nyamuk yang datang.

6. Hindari celah udara yang berlebihan

Anda memang membutuhkan sirkulasi udara dan cahaya matahari untuk kesehatan ruangan namun jika celahnya berlebihan akan membuat nyamuk dan serangga lain bisa masuk dengan mudah. Untuk menghindari hal ini Anda bisa menutup celah sementara menggunakan lakban atau selotip. Kemudian bisa Anda buka kembali jika nyamuknya sudah pergi.

Jenis penyakit yang terjadi akibat gigitan nyamuk

Anda wajib tahu bahwa nyamuk ini tidak hanya meninggalkan gigitan yang gatal, bentol dan memerah melainkan ada penyakit berbahaya lain yang mengintai. Adapun jenis penyakit yang timbul akibat gigitan nyamuk bisa dilihat di bawah ini:

• Virus zika

Jika nyamuk yang menggigit membawa virus ini maka efek samping yang akan terjadi adalah mata merah, ruam, nyeri sendi, dan juga demam tinggi. Efek parah dari gigitan nyamuk ini adalah kecacatan pada janin bayi, kematian janin bahkan sampai keguguran untuk dampak yang sangat serius.

Virus zika dari nyamuk ini juga bisa dengan mudah ditularkan pada orang lain melalui hubungan ibu dengan bayi dan juga saat hubungan seks.

• Chikungunya

Virus yang satu ini sempat menggemparkan Indonesia beberapa tahun yang lalu karena proses penularan dan efek samping yang begitu pesat. Umumnya gejala yang terjadi tidak langsung tersampaikan dalam waktu dekat melainkan maksimal 7 hari setelah mendapat gigitan nyamuk.

Efek ringannya berupa ruam, pembengkakan sendi, nyeri otot, sakit kepala dan nyeri sendi yang berkepanjangan. Untuk efek serius dari virus ini adalah ketika orang yang terinfeksi memiliki riwayat medis yang serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

• Malaria

Selain mencari tahu cara mengusir nyamuk di rumah ampuh Anda juga wajib tahu bahwa penyakit Malaria ini sangat mudah menyebar melalui gigitan nyamuk. Prosesnya bermula ketika nyamuk menggigit pasien yang sudah terjangkit malaria kemudian berpindah menggigit orang yang masih sehat.

Gigitan nyamuk ini disertai perpindahan parasit yang berbahaya untuk tubuh sehingga orang tersebut juga akan terjangkit malaria dalam waktu yang dekat.

• Demam berdarah

Salah satu penyakit yang menimbulkan kematian dalam waktu yang cepat ini juga merupakan akibat dari gigitan nyamuk. Virus yang menjadi penyebabnya adalah virus dengue dari nyamuk Aedes Aegypti. Sama seperti malaria bahwa nyamuk ini juga sangat cepat menyebarkan penyakit DBD dari orang satu ke orang lainnya.

• Filariasis

Penyakit selanjutnya yang juga mengerikan adalah filariasis atau yang sering memiliki sebutan penyakit kaki gajah. Penyakit ini terjadi akibat adanya cacing mikroskopis yang menyerang lapisan kulit manusia. Penyebaran penyakit ini juga didukung oleh gigitan nyamuk yang membawa cacing parasit tersebut.

Itulah beberapa cara mengusir nyamuk di rumah dan jenis penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.