1 February

Macam-Macam Kecoa Dan Cara Mengatasinya

Tidak banyak yang tahu ternyata ada macam-macam kecoa di seluruh dunia ini. Anda mungkin berpikir kecoa hanya ada satu spesies saja namun ternyata macamnya juga banyak layaknya hewan lainnya. Berbeda spesies juga memiliki tempat kesukaan yang berbeda, hal ini bisa digunakan untuk membantu dalam proses pembasmiannya. Kecoa memiliki dampak negatif untuk kesehatan sehingga membutuhkan beberapa tips untuk membasmi kecoanya.

Daftar Isi

Macam-Macam Kecoa Yang Biasa Anda Temukan

1. Brown-Banded

macam-macam kecoa

Kecoa jenis pertama yang ada adalah brown-baned. Berbeda dengan jenis kecoa yang banyak ditemui dan menyukai kelembaban di mana kecoa jenis ini lebih suka berada di tempat yang kering. Tempat yang disukainya adalah area perabot elektronik rumah seperti bawah kulkas, belakang televisi dan juga penanak nasi.

Kecoa ini juga menyukai area kering yang berlubang seperti bingkai foto, kayu yang berlubang dan juga area lainnya. Macam-macam kecoa di Indonesia yang satu ini memiliki ukuran tubuh 1,3 cm. Untuk membedakan kecoa betina dan jantan bisa dilihat dari warna sayapnya.

Sayap dari jantan memiliki warna ujung sayap yang cokelat keemasan dan warna gelap untuk bagian pangkalnya. Kemudian untuk sayap dari betina memiliki warna merah kecokelatan dengan tubuh warna dominan cokelat yang gelap. Kecoa ini bisa masuk melalui area kering dan menjadikan perabot rumah atau elektronik untuk tempat tinggalnya.

2. Kecoa Jerman

macam-macam kecoa

Perlu diketahui bahwa kecoa yang satu ini memiliki ciri perkembangbiakan yang cukup cepat. Kecoa yang satu ini menjadi ancaman terbesar untuk manusia dan lingkungan rumah. Satu kecoa betina bisa menghasilkan kecoa baru dalam jumlah puluhan ribu untuk setiap satu tahunnya.

Berita baiknya kecoa tipe ini tidak bisa bertahan lebih lama dibandingkan jenis tipe kecoa lainnya. Panjang dari kecoa ini maksimal 2 cm dengan ukuran minimal 1,5 cm saja. Struktur warna kecoanya adalah cokelat muda dan suka tinggal di wilayah ruang dengan kelembaban ini.

Itulah mengapa jenis kecoa ini banyak ditemukan dalam ruang saluran air, kamar mandi, dapur dan area lembap lainnya. Bukan hanya itu saja kecoa ini juga banyak tinggal di sela-sela perabot rumah atau di dalam perabot rumah yang sudah rusak. Bukan merupakan tipe kecoa yang bisa terbang namun bisa bergerak dengan gesit.

Baca Juga : 7 Bahaya yang Ditimbulkan Kecoa Terhadap Kesehatan

3. Kecoa Amerika

macam-macam kecoa

Macam-macam kecoa di rumah ketiga adalah kecoa Amerika. Kecoa yang satu ini memiliki warna tubuh cokelat semi kemerahan. Banyak ditemui di Amerika dan Indonesia dengan ciri pola angka delapan di bagian kepalanya. Kecoa yang satu ini merupakan tipe yang paling menjijikkan.

Hidupnya banyak ditemukan di area lembap seperti selokan air, dapur, kamar mandi, saluran air, dan pipa pembuangan. Merupakan tipe kecoa yang bisa bertahan dalam suhu yang paling rendah. Kecoa ini juga bisa hidup lebih dari 2 tahun lamanya pada area yang tertekan sekalipun.

Kecoa Amerika ini juga merupakan tipe kecoa dengan tubuh panjang mulai dari ukuran 2,5 cm sampai dengan 7,5 cm untuk ukuran yang paling besar. Untuk kecoa yang sudah dewasa dari jenis ini bisa terbang karena sayapnya sudah berfungsi baik untuk betina maupun kecoa jantan.

Kecoa inilah yang paling banyak ditakuti karena cara masuk rumah bisa beragam baik merayap maupun menggunakan sayapnya. Badannya bisa mendadak lebih tipis untuk menjangkau sela-sela pintu maupun jendela agar bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah.

Tips Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami

Setelah mengenal banyaknya macam dari kecoa Anda bisa lanjut untuk mengetahui bahan-bahan alami yang bisa digunakan dalam pengusiran kecoa ini. Ternyata bahan disekitar yang aman cukup efektif untuk mengusir kecoa seperti di bawah ini:

1. Petroleum Jelly

macam-macam kecoa

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk membasmi kecoa adalah petroleum jelly. Bahan yang satu ini banyak digunakan untuk merawat luka goresan, campuran kosmetik dan juga melembapkan kulit. Selain itu petroleum jelly juga bisa digunakan untuk memerangkap kecoa.

Cara yang bisa dilakukan adalah menyiapkan kardus, gula dan juga petroleum jelly. Campurkan gula dan bahan ini ke dalam kardus kemudian letakkan pada area yang banyak dijangkau oleh kecoa. Bahan ini memiliki tekstur yang lengket sehingga bisa memerangkap kaki kecoa ketika menginjaknya.

2. Perangkap dari Botol

macam-macam kecoa

Bahan kedua yang bisa digunakan adalah botol bekas, tentunya modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Cara pembuatan perangkap ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan perangkap untuk tikus. Anda hanya perlu memotong botol pada bagian atasnya kemudian dibalik.

Setelah itu bisa diisi dengan makanan umpan. Untuk makanan umpan bebas saja sesuai yang ada. Posisi botol yang terbalik ini bisa mempermudah kecoa untuk masuk namun akan merasa kesulitan keluar. Cukup letakkan saja botol ini pada tempat-tempat yang banyak kecoanya. Lama kelamaan kecoa yang terperangkap akan mati dan siap dibuang.

3. Kapur Barus

Cara mengatasi macam-macam kecoa berikutnya yang efektif adalah menggunakan kapur barus. Kapur barus memang terkenal kegunaannya untuk mengusir serangga termasuk kecoa. Kapur barus ini memang mengharuskan Anda untuk membeli agar bisa disebarkan pada tempat yang diperlukan.

Umumnya kapur barus ini digunakan untuk melindungi area lemari dari gangguan kecoa, dalam sepatu sampai dengan penyimpanan buku karena lebih praktis dan memiliki aroma wangi. Namun perlu diketahui bahwa kapur barus ini bisa habis jadi perlu pembelian ulang selang beberapa minggu penggunaan.

4. Jeruk Lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa dicoba untuk mencegah datangnya kecoa adalah menggunakan jeruk lemon. Jeruk lemon ini cukup diambil airnya saja kemudian dipindahkan pada wadah semprot untuk memudahkan proses pengaplikasiannya. Semprotkan pada bagian yang dibutuhkan untuk menghalau datangnya semut dan kecoa.

Jeruk lemon ini memiliki aroma yang enak sehingga bisa digunakan untuk menyamarkan bau yang ada di ruangan. Selain cara itu Anda juga bisa memotong jeruk lemon ini seperti potongan timun dan meletakkannya pada tempat yang sering dilalui kecoa.

Jangan lupa untuk melakukan penyemprotan ulang atau mengganti lemon yang sudah kering dengan yang baru agar kecoa tidak kecolongan untuk masuk ke dalam rumah.

5. Daun Salam

Bahan alami kelima yang bisa digunakan adalah daun salam. Daun yang satu ini banyak digunakan untuk pengobatan dan juga bumbu masakan. Namun ternyata daun ini juga tidak disukai oleh kecoa. Harganya yang murah dan mudah ditemukan bisa menjadi alternatif yang pas untuk dipilih.

Sobek kasar saja daun salamnya kemudian sebarkan pada area rawan yang digunakan kecoa tinggal atau biasa lewat. Dengan mencium aroma daun ini kecoa tidak akan masuk lagi ke dalam rumah.

6. Mentimun

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengusir kecoa adalah mentimun. Caranya adalah cukup memotong tipis-tipis kemudian diletakkan pada mangkok dan siap ditaruh pada pojok-pojok rumah untuk menangkal masuknya kecoa. Jangan lupa untuk mengganti mentimun dengan yang baru ketika sudah kering.

Itulah beberapa macam-macam kecoa dan cara menghilangkan kecoa dengan bahan alami yang bisa diterapkan dengan mudah. Semoga artikel Bintoro Pest ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.