28 January

7 Bahaya yang Ditimbulkan Kecoa Terhadap Kesehatan

Tanpa disadari ada bahaya kecoa yang mengintai di dalam rumah Anda. Meskipun terlihat sepele ternyata kecoa ini membawa dampak yang buruk untuk kesehatan manusia. Ada bakteri staphylococus yang bisa menimbulkan infeksi pada kulit manusia. Bukan hanya bahaya pada kecoanya namun juga pada kotoran yang ditimbulkannya.

Kurang lebih ada tuju akibat yang ditimbulkan oleh keberadaan kecoa di dalam rumah. Anda wajib mencoba cara-cara khusus yang bisa mengusir kecoa secara efektif namun tidak memberikan efek samping yang bahaya untuk keluarga.

Daftar Isi

Apa saja bahaya kecoa untuk kesehatan manusia?

1. Infeksi Staph

bahaya kecoa

Bahaya pertama yang mengintai dari adanya kecoa banyak di dalam rumah ini adalah terjadinya infeksi staph. Staph adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena bakteri yang dibawa oleh kecoa. Bakteri ini bernama staphylococus sehingga penyakit yang ditimbulkannya dinamakan staph.

Infeksi staph ini ditandai dengan berbagai macam gejala mulai dari yang ringan sampai yang parah sekalipun. Jika terkena kulit bakteri ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit yang berdampak seperti bisul bernanah. Jika termakan karena terkontaminasi dengan makanan bisa menyebabkan keracunan.

Untuk infeksi tingkat lanjut bakteri ini bisa menyebabkan terjadinya impetigo, sindrom syok toksik. Bahkan penyakit ini bisa saja menular ketika menggunakan peralatan pembersih luka secara bersama-sama. Jadi penanganannya harus benar-benar diperhatikan.

2. Menyebabkan Disentri

bahaya kecoa

Bahaya lain dari kecoa sebelum masuk pada cara membunuh kecoa adalah menyebabkan penyakit disentri. Disentri ini diawali dengan gangguan pencernaan yang ringan namun jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka bisa berimbas pada gangguan yang berat.

Gejala yang ditimbulkan bisa berupa muntah disertai demam tinggi, mual, kram perut yang sangat sakit dan juga pendarahan pada saat buang air besar. Untuk penyakit yang satu ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Penyebabnya bisa berupa menyentuh mulut dengan tangan kotor, makan dan minum sesuatu yang telah terkontaminasi dan juga memiliki kontak dengan penderita disentri.

Baca Juga : Cara Mengusir Kecoa di Rumah Agar Rumah Tetap Sehat

3. Tifus

bahaya kecoa

 

Bahaya lain yang mengincar adanya kecoa di dalam rumah adalah menyebabkan penyakit tifus. Tifus ini disebabkan karena adanya bakteri salmonella typhi yang dibawa oleh kecoa. Umumnya tipe bakteri ini menyerang pada bagian aliran darah dan area pencernaan seperti usus.

Sementara untuk gejala yang ditimbulkan ketika terkena penyakit tifus ini adalah kehilangan selera makan, pusing dan batuk yang bersamaan, lelah, sembelit, sakit kepala dan juga demam tinggi. Bakteri jenis ini juga sangat mudah berpindah tempat dari satu inang menuju tempat lain yang disinggahinya.

Maka dari itu tidak menutup kemungkinan bahwa makanan dan minuman yang telah memiliki kontak dengan kecoa sudah terkontaminasi dengan bakteri tipe ini.

4. Menyalurkan Perpindahan 33 Jenis Bakteri

bahaya kecoa

Bahaya keempat yang ditimbulkan dari banyaknya kecoa di dalam rumah adalah proses penyaluran perpindahan dari 33 jenis bakteri menuju tempat lain di dalam rumah. Mikroba dan patogen yang ada di permukaan tubuh kecoa ini memiliki bahaya yang cukup signifikan untuk kesehatan manusia.

Kurang lebih sebanyak 33 jenis bakteri jahat yang ikut di dalam tubuh kecoa. Bahkan masing-masing dari bakteri tersebut membawa dampak untuk penyakit yang berbeda-beda. Gejala yang banyak ditimbulkan adalah mual, muntah, keracunan, kejang dan juga demam tinggi.

5. Iritasi Ruam Kulit

bahaya kecoa

Bahaya kelima yang menjadi akibat adanya kecoa di dalam rumah adalah ruam kulit iritasi pada manusia. Air liur, kotoran seperti feses dan juga urine dari kecoa bisa menyebabkan iritasi kulit yang cukup serius. Ruam pada kulit ini memberikan bekas yang memerah dan terasa sangat gatal.

Tingkat keparahannya tergantung kondisi tubuh, kulit dan juga tingkat kebersihan dari penderitanya. Ruam pada kulit ini bisa diatasi menggunakan pembersihan sabun dan air bersih. Berikan salep atau obat penunjang untuk meredakan rasa gatal dan membuat ruamnya cepat hilang.

6. Menyebabkan Asma

bahaya kecoa

Pentingnya Anda tahu tips membasmi kecoa adalah untuk menghindari bahaya yang ditimbulkannya seperti asma ini. Bagi anak-anak atau orang dewasa yang memiliki riwayat sesak nafas atau asma memang tidak akan bisa bertahan leluasa pada ruangan yang kotor dan penuh debu.

Bahkan keberadaan serangga seperti tungau dan kecoa bisa menjadi alasan khusus mengapa penyakit asma seseorang bisa kambuh. Serangga seperti kecoa ini pasti menyisakan air liur, feses dan juga bercak lain yang mengotori lingkungan dari penderita asmanya. Inilah yang menyebabkan pernafasannya menjadi terganggu.

7. Penyebab Diare dan Keracunan Makanan

Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami diare yang hebat bahkan keracunan makanan namun tidak menemukan penyebabnya. Ternyata keracunan dan diare ini bisa terjadi karena makanan sehat yang dikonsumsi sudah terkontaminasi dengan bakteri jahat.

Kaki kecoa yang baru saja berpindah dari lingkungan kotor seperti tempat sampah kemudian beranjak pada makanan yang dikonsumsi. Tentunya bakteri dari kaki tersebut akan berpindah pada makanan tersebut. jadi berhati-hatilah dalam menyimpan makanan agar tidak terjamah oleh kecoa.

Tips menghilangkan kecoa di dalam rumah

Ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi kecoa yang mengganggu di dalam rumah ini. Bahkan beberapa di antaranya bisa ditemukan dengan mudah di sekitar rumah.

• Tanah Diatom

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk membasmi kecoa adalah tanah diatom. Tanah diatom ini adalah tanah yang terbentuk dari fosil makhluk kecil. Memiliki zat dengan sifat yang abrasif yang efeknya akan membuat lapisan pada kecoa menjadi kering.

Untuk membuat jebakan dari tanah ini cukup mencampurkannya dengan gula sebagai perangkap. Tambahkan sedikit air untuk melarutkannya. Kemudian oleskan saja pada tempat-tempat yang biasa dijangkau oleh kecoa. Kecoa yang terkena olesan ini akan mati dengan sendirinya.

• Daun Salam

Cara alami membasmi kecoa kedua yang bisa digunakan adalah daun salam. Daun salam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bahkan menjadi penyedap masakan yang banyak digunakan. Untuk pembasmian kecoa juga bisa dipilih sebagai alternatif yang murah.

Caranya cukup ambil beberapa helai daun salam dan hancurkan seperlunya. Kemudian letakkan pada tempat-tempat yang didatangi kecoa atau tempat penyimpanan makanan. Bisa juga diletakkan pada sudut ruangan sebagai tempat yang paling digemari kecoa untuk tinggal.

• Pepermin

Langkah ketiga yang bisa dipilih untuk membasmi kecoa adalah menggunakan pepermin. Anda bisa mengambil beberapa helai daun pepermin kemudian dihancurkan dan diletakkan pada tempat-tempat yang menjadi rumah kecoa. Namun jika kesulitan mencari daun pepermin ini bisa diganti dengan bentuk minyak.

Ketika menggunakan dalam bentuk minyak harus diteteskan terlebih dahulu pada air. Setelah itu dipindahkan pada wadah dengan alat semprot. Barulah bisa disemprotkan langsung pada sudut-sudut ruangan. Wanginya cukup enak dan tidak berbahaya untuk lingkungan sekitar. Bahkan pepermin ini bisa digunakan untuk menyamarkan bau ruangan yang tidak sedap.

Itulah beberapa hal penting mengenai bahaya kecoa dan tips menghilangkan kecoa ala Bintoro Pest yang lebih efektif untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.