18 December

Cara Mengusir Tikus Curut yang Membandel

Siapa pun yang memiliki masalah dengan tikus tentunya membutuhkan pilihan mengenai cara mengusir tikus curut yang membandel. Tikus merupakan parasit yang memakan bahan makanan, menumpang hidup dan juga memberikan bakteri untuk benda yang dihinggapinya. Itulah sebabnya tikus ini harus diberantas agar jera.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus bandel bisa dilihat di bawah ini. Pengguna bisa memilih salah satu yang paling efektif dan praktis untuk dilakukan.

Daftar Isi

Cara mengusir tikus yang membandel dan curut

1. Bentuk Kepala

Banyak orang yang sulit membedakan tikus dan curut padahal kedua hewan ini memiliki karakteristik yang berbeda. Tentunya karakteristik ini nantinya akan berpengaruh dalam hal cara mengusir tikus curut secara alami. Karakteristik pertama adalah dalam hal bentuk kepala dimana tikus memiliki kepala yang bulat.

Sementara untuk curut sendiri memiliki bentuk yang lancip dan panjang. Kedua hewan ini jelas berbeda dimana curut lebih aktif di malam hari dan terkenal dengan baunya yang tidak sedap. Sementara tikus aktif pada siang hari dan merusak benda-benda yang ada di rumah.

2. Bentuk Mata dan Telinga

Hal kedua yang bisa diperhatikan adalah dalam hal bentuk mata dan telinga. Untuk tikus ini memiliki bentuk mata yang besar dengan bentuk telinga yang juga besar namun fleksibel untuk bergerak-gerak. Pengguna bisa memperhatikannya dengan cukup jelas ketika mereka datang atau berlarian mengitari rumah.

Kemudian untuk bentuk mata dan telinga dari curut ini berbentuk lebih kecil baik untuk telinga maupun matanya. Sementara untuk tingkat kelenturan telinga cenderung lebih statis tidak seperti tikus.

3. Tubuh dan Ekor

Hal ketiga yang bisa diperhatikan adalah mengenai bentuk dari tubuh dan ekor. Untuk tikus memiliki karakteristik bentuk tubuh yang lebih gemuk dan berisi. Sementara untuk bentuk ekornya cenderung lebih panjang namun botak atau tidak memiliki rambut sama sekali.

Sementara untuk curut memiliki tubuh yang kerempeng dan kecil berbeda jauh dengan tikus. Kemudian untuk bentuk ekor memiliki bentuk lebih pendek namun memiliki bulu yang banyak.

 

Baca Juga : Cara Ampuh Mengusir Tikus yang Membandel Dari Rumah

 

4. Jari dan Indera Peka

Hal keempat yang bisa diamati adalah dalam hal bentuk jari dan matanya. Untuk tikus memiliki jumlah jari sebanyak empat. Sementara untuk indra yang peka adalah dalam hal pendengaran, penciuman dan juga penglihatannya. Berbeda dengan indra peka yang dimiliki oleh curut.

Jumlah jari curut adalah lima dengan indera peraba yang begitu kuat dibandingkan indera lainnya.

5. Cara Hidup

Hal kelima yang perlu diperhatikan adalah dalam segi cara hidup dimana tikus lebih memilih hidup secara berkelompok. Sementara untuk kelas famili masuk dalam Famili Rodentia. Kemudian untuk cara hidup curut lebih memilih sendiri-sendiri dan kelas famili Eulipotyphla.

Untuk makanannya tikus masuk ke dalam jenis herbivor dan untuk curut hidup dengan cara karnivora. Banyak yang menganggapnya sama padahal jelas makanan mereka berbeda, jadi jika yang banyak hilang adalah sayuran bisa jadi penyakitnya adalah tikus namun jika daging maka itu adalah curut.

6. Cara Bertahan Diri

Diawali pada cara bertahan dimana tikus lebih senang berjalan di atas-atas langit menuju ke bawah. Sementara untuk curut lebih suka berlarian mengitari dinding-dinding rumahnya. Kemudian untuk cara bertahan dimana tikus akan berlari tanpa meninggalkan bau sementara curut pergi dengan meninggalkan bau yang menyengat.

Cara yang tepat mengusir tikus

Risau dengan banyaknya tikus yang datang ke rumah pengguna bahkan banyak bahan makanan yang hilang dimakannya? Tentunya hal ini pengguna tidak boleh tinggal diam karena jika dibiarkan akan menyisakan penyakit yang berbahaya dari bahan makanan yang disisakannya. Adapun cara alami yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus bisa dilihat di bawah ini:

  • Jasa pest control

Cara mengusir tikus curut yang membandel pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan Jasa Pest Control. Meskipun membutuhkan biaya yang lumayan untuk menyewanya namun jasa ini memiliki cara tersendiri untuk memberikan perlakuan yang tepat agar tikus hilang dan jera untuk kembali.

Jasa ini memakai strategi yang pas dan alat khusus untuk membuat tikus pergi tanpa meninggalkan bekas maupun jasad. Yang perlu diketahui oleh pengguna dalam menyewa jasa ini adalah mengenai kepemilikan sertifikat yang ada dari jasanya. Jangan pernah memesan ahli yang tidak memiliki sertifikat karena masih diragukan kemampuannya.

  • Memanfaatkan bahan alami

Cara kedua yang perlu digunakan adalah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa dipilih untuk mengusir tikus agar jera untuk kembali. Bahan-bahan yang bisa digunakan mulai dari baking soda, bawang, mint, cengkeh, lada dan juga daun mint asli.

Cara penggunaannya juga mudah hanya dengan meletakkannya pada tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus. Bahan-bahan alami ini memiliki bau yang menyengat dimana tikus memang tidak menyukai bau-bau yang menyengat. Bahan-bahan ini lebih aman untuk digunakan karena tidak memiliki efek samping.

Bahan lain yang bisa digunakan adalah semprotan air mengkudu yang mampu menghilangkan kuman akibat lintasan tikus dan juga mencegah tikus akan datang kembali. Bukan hanya buahnya saja ternyata penggunaan daun sirsak juga bisa digunakan untuk ditaburkan pada lintasan tikus.

  • Gunakan lem tikus

Cara ketiga yang bisa digunakan adalah menggunakan lem tikus. Tentunya ketika menggunakan jebakan tikus yang satu ini memerlukan biaya untuk membeli lemnya. Lem ini juga aman dan cukup efektif untuk memerangkap tikus yang berkeliaran di dalam rumah.

Pengguna tidak perlu khawatir karena lem tikus ini tidak memiliki zat berbahaya dan juga racun untuk manusia. Kinerjanya hanya bekerja untuk tikus yang sekaligus bisa memerangkapnya. Lem tikus ini memiliki beberapa macam kualitas dan harga pengguna wajib memilih yang paling berkualitas.

Cara penggunaannya adalah cukup menyebarkan pada lintasan tikus sehingga mereka akan terperangkap. Dengan begitu tikus akan jera dan tidak akan kembali ke rumah.

  • Gunakan racun tikus

Cara mengusir tikus curut efektif berikutnya yang bisa digunakan adalah racun. Namun ketika pengguna sudah memutuskan menggunakan ini karena pasti ada bangkai tikus yang berkeliaran di sekitar rumah. Selain kurang sehat bangkai tikus ini memiliki bau yang mengganggu sekitar.

Pengguna wajib memperhatikan penempatan racun tikus agar tidak terlalu menyebar bangkainya sehingga mudah dikumpulkan. Obat ini bisa bereaksi dalam jangka waktu beberapa jam saja sehingga biasanya bangkai ini ditemukan tidak jauh dari tempat pemasangan.

  • Gunakan perangkap tikus

Cara terakhir yang bisa dimanfaatkan adalah perangkap tikus. Meskipun hanya bisa digunakan untuk menangkap satu tikus saja namun cara ini cocok untuk rumah yang tidak begitu banyak tikus. Dengan menggunakan perangkap ini cocok dimanfaatkan untuk membuat tikus jera dan tidak akan kembali lagi.

Itulah beberapa macam cara mengusir tikus yang membandel yang bisa digunakan untuk mengantisipasi adanya tikus yang membandel ala Bintoro Pest.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *