Enter the content which will be displayed in sticky bar
z

Cara Membasmi dan Mengusir Tikus di Rumah

Banyak tikus yang menganggu? Tentunya pengguna perlu mengetahui cara membasmi tikus yang tepat. Cara membasmi yang tepat membuat tikus jera dan tidak akan kembali ke rumah Anda. Selain suaranya yang mengganggu bekas lintasan tikus ini juga berisi banyak kuman yang tidak baik untuk kesehatan.

Adapun cara yang bisa digunakan untuk mengusir tikus dengan mudah bisa di lihat di bawah ini. Pengguna bisa memilih cara yang paling efektif dan praktis.

Bagaimana cara membasmi tikus yang ampuh?

1. Peliharalah kucing

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan memelihara kucing. Kucing adalah musuh dari tikus sehingga tikus-tikus akan takut jika melihat kucing berkeliaran di rumah Anda. Namun tentu saja cara yang satu ini cocok digunakan untuk pengguna yang suka atau tidak memiliki alergi dengan bulu hewan.

Kucing sendiri juga memiliki banyak jenisnya jadi pengguna harus memilih kucing yang senang memburu tikus. Berbeda dengan jenis kucing rumahan yang lembut dan lucu justru mereka takut dengan tikus terlebih untuk tikus yang kotor dan menyeramkan. Pengguna wajib menjaga kebersihan rumah dan pemberian perawatan yang tepat seperti feses dan makan yang teratur.

Kucing pemburu yang mumpuni selain mampu menakut-nakuti tikus juga bisa menangkap tikus dalam keadaan mati. Dengan begitu rumah semakin aman dari gangguan tikus dan pengguna tidak perlu lelah menebarkan racun tikus. Tentu saja untuk memelihara kucing ini juga perlu biaya yang harus dipertimbangkan oleh pengguna.

2. Simpan makanan

Cara kedua ini cukup mudah namun memerlukan strategi yang tepat untuk menjauhkan makanan dari tikus yang memiliki indra pengendus kuat. Cara mengusir tikus di rumah paling ampuh adalah dengan menjauhkan makanannya. Tikus tidak bisa jauh dari air dan makanan itu adalah kunci kenyamanan mereka di dalam suatu tempat.

Pengguna wajib menyimpan makanan yang ada di tempat-tempat yang susah dijangkau oleh tikus. Tempat yang dimaksud bisa berupa lemari yang tertutup rapat atau kulkas untuk bahan-bahan yang mudah membusuk. Semakin rapat dan tebal ruang penyimpanan makanan tersebut semakin terlindungi makanan dari predator.

Hal ini bukan hanya bertujuan untuk memperketat makanan agar tidak dicuri tikus namun juga berfungsi untuk menghindari bakteri yang dibawa tikus. Makanan sisa dari tikus atau yang sudah terkena kaki-kakinya akan membawa penyakit yang berbahaya ketika termakan oleh manusia.

3. Batasi akses masuk

Cara ketiga yang perlu dilakukan adalah menutup semua akses yang bisa digunakan tikus untuk masuk dan keluar. Akses masuk ini memiliki banyak sumber mulai dari tembok yang bolong sampai kayu-kayu penopang rumah yang sudah lapuk. Pengguna harus sigap dalam menutup semua yang menjadi sumber masuknya tikus ini.

Tikus juga suka dengan tempat lembap dan banyak air sehingga tidak menutup kemungkinan tikus ini akan masuk melalui pipa saluran yang sudah rusak. Terlebih untuk tikus yang masih kecil tentunya akses gerak mereka semakin cerdik dan leluasa.

4. Kalau bisa jangan gunakan racun

Penggunaan racun untuk mengusir tikus memanglah tepat namun selain pergi tikus ini akan mati dan meninggalkan bangkai berbau. Selain meninggalkan bangkai berbau yang merepotkan ternyata racun ini juga tidak baik jika terhirup oleh manusia. Terlebih bagi pengguna yang memiliki anak kecil yang belum mengerti.

Racun bisa membunuh tikus tanpa takaran yang diperkirakan. Habisnya tikus dari rantai makanan juga bisa menjadi masalah baru untuk pengguna. Tikus adalah makanan untuk hewan lain sehingga jika tikus tidak ada akan merusak rantai makanan yang seharusnya sudah menjadi siklusnya.

5. Gunakan perangkap

Cara terakhir yang bisa digunakan adalah memanfaatkan perangkap. Perangkap ini murni hanya menjebak tikus tanpa membunuhnya. Bahkan saat ini untuk cara mengusir tikus di rumah dengan alami ini juga bisa memanfaatkan benda-benda sekitar yang aman dan murah untuk digunakan.

Pengguna bisa menggabung-gabungkan beberapa bahan bekas dengan makanan sebagai pancingannya untuk mengundang tikus agar masuk ke dalam perangkap. Perangkap ini bisa membuat tikus jera dan tidak akan kembali ke rumah pengguna.

Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir tikus

Ingin mengusir tikus menggunakan bahan alami namun bingung dengan bahan yang tepat? Jangan khawatir pengguna bisa menggunakan beberapa bahan di bawah ini:

  • Daun Salam

Bahan pertama yang bisa digunakan adalah daun salam. Daun yang satu ini memiliki cukup banyak khasiat untuk kehidupan salah satunya adalah dalam mengusir tikus. Biasanya daun ini dihancurkan terlebih dahulu kemudian dicampurkan pada makanan sebagai umpannya. Efeknya adalah tikus akan keracunan ketika memakan makanan yang sudah tercampur dengan daun salam ini.

Pengguna harus memperhatikan peletakan makanan pancingan ini agar hasilnya bisa efektif. Daun salam ini juga banyak tumbuh di daerah pekarangan rumah sehingga pengguna tidak perlu membelinya terlebih dahulu. Daun ini juga memiliki ketahanan yang lama ketika disimpan jadi pengguna tidak harus setiap hari melakukan jebakan ini.

  • Detergen

Tidak memiliki daun salam? Jangan khawatir nyatanya ada bahan berikutnya yang bisa digunakan tanpa harus membuat pengguna keluar rumah. Pengguna bisa memanfaatkan detergen yang ada di rumah untuk mengusir keberadaan tikus ini. Detergen memiliki bau yang menyengat sehingga tikus akan terganggu dengan ini.

Cara penggunaannya cukup sederhana hanya dengan menaburkan detergen sesuai dengan kebutuhan pada tempat-tempat yang dilalui oleh tikus ini. Dengan mencium aroma detergen ini tikus akan terganggu dan kemudian pergi dari rumah. Detergen sendiri juga cukup aman untuk ditaburkan namun tetap dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

  • Bombai

Memiliki bawang-bawangan untuk bumbu dapur? Cara mengusir tikus di rumah tanpa racun berikutnya adalah memanfaatkan bawang bombai yang ada. Bawang bombai memiliki aroma yang cukup menyengat dan membuat tikus tidak suka berada di ruangan tersebut.

Pengguna hanya perlu menyiapkan satu buah bawang bombai yang besar kemudian mengiris-irisnya. Irisan bawang ini bisa diletakkan pada tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus. Dengan begitu ketika tikus mencium aroma menyengat ini mereka akan pergi.

Selain bawang bombai jenis bawang lain yang ada di rumah juga bisa digunakan. Terlebih untuk jenis bawang putih yang memiliki aroma menyengat hampir sama dengan bombay ini.

  • Lada

Untuk jenis lada yang bisa digunakan pengguna lebih direkomendasikan untuk memilih lada bubuk karena lebih menyengat baunya. Lada bubuk ini banyak ditemukan dalam bentuk bungkusan plastik bahkan harganya juga terjangkau. Pengguna cukup menaburkannya pada tempat yang banyak tikusnya.

Lada ini memiliki aroma yang kuat bahkan manusia bisa saja bersin ketika mencium baunya. Dengan begitu tentunya lada ini bisa cukup efektif digunakan untuk mengusir tikus yang mengganggu di dalam rumah. Lada ini juga tidak akan membunuh tikus hanya mengusir mereka akibat baunya.

Itulah beberapa cara membasmi tikus yang aman digunakan oleh pengguna untuk mengusir tikus ala Bintoro Pest.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp Kami Disini