14 July

Cara Membuat Disinfektan Dengan Dettol Yang Beraroma Sehat

Anda wajib tahu cara membuat disinfektan dengan Dettol untuk disinfektan yang lebih berkhasiat. Dettol adalah antiseptik yang memiliki aroma sehat sehingga siapa pun akan menyukainya. Bisa menjadi alternatif menarik untuk membuat disinfektan dengan aroma yang lebih nyaman. Baca juga macam-macam campuran disinfektan selengkapnya.

Daftar Isi

Cara Membuat Disinfektan Dengan Dettol Yang Beraroma Sehat

1. Sterilisasi tempat sampah

cara membuat disinfektan dengan dettol

Manfaat pertama dari antiseptik ini adalah untuk sterilisasi tempat sampah. Perlu diketahui bahwa tempat sampah meskipun sudah tidak terisi sampah namun bakteri dan kumannya masih tertinggal. Gunakan larutan cairan Dettol untuk sterilisasi setelah pembersihan tempat sampah.

Anda bisa mencuci tempat sampah terlebih dahulu menggunakan sabun untuk membersihkan kotorannya. Kemudian pada bilasan terakhir baru bisa menggunakan larutan Dettol agar lebih steril. Lakukan proses pembersihan ini minimal dua kali dalam seminggu.

2. Sterilisasi kamar mandi

Manfaat dari cara membuat disinfektan dengan Dettol terbaik yang kedua adalah untuk sterilisasi kamar mandi. Dettol cukup ampuh untuk meluruhkan kuman yang ada di kamar mandi. Kamar mandi adalah sarangnya bakteri dan jamur sehingga perlu adanya proses sterilisasi untuk mengamankannya.

Anda bisa membersihkan kamar mandi dua kali dalam seminggu menggunakan larutan pembersih lantai. Untuk bagian yang berkarat atau sulit dibersihkan lebih baik gunakan cuka atau lemon. Kemudian bilas sampai bersih, gunakan larutan Dettol untuk bilasan terakhir sebagai proses sterilisasinya.

Baca Juga : Cara Membuat Disinfektan Dari Bayclin Untuk Sterilisasi

3. Sterilisasi pada luka

 

Larutan Dettol tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan wadah atau tempat saja namun bisa juga untuk luka. Dalam luka terdapat banyak bakteri kuman yang harus dibersihkan untuk mencegah adanya infeksi. Jika tidak dibiarkan dan langsung diobati tentu akan menghambat proses penyembuhannya.

Luka yang bisa dibersihkan menggunakan Dettol ini adalah goresan, gigitan serangga atau luka ketika jatuh. Anda bisa melarutkan Dettol pada wadah dan air, kemudian gunakan kapan untuk membersihkan lukanya. Pembersihan luka ini memang sakit namun bisa membuat luka cepat sembuh.

4. Penghilang bau kaki

Adanya bau yang tidak enak pada bagian tubuh disebabkan adanya kuman bersarang. Jika dibiarkan akan menyebabkan produksi keringat dan bau badan yang menyengat. Salah satu anggota tubuh yang sering menyisakan bau adalah kaki. Terlebih bagi yang sering menggunakan kaos kaki dan sepatu.

Kaki yang terbungkus terlalu lama dengan kaos kaki dan sepatu akan menyebabkan kelembapan. Kelembapan yang terjadi bisa memicu tumbuhnya jamur dan kuman dalam kaki. Inilah yang membuat aromanya menjadi tidak sedap. Anda bisa membersihkan kaki menggunakan rendaman larutan Dettol.

Lakukan perendaman kaki secara rutin minimal dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan baunya. Dettol mampu menghilangkan kuman penyebab bau pada kaki sehingga lebih steril dan sehat. Apalagi kaki adalah bagian tubuh yang banyak menginjak tanah dan lantai penuh kuman.

5. Mandi

Ketika sedang beraktivitas cukup padat tentu tubuh menghasilkan keringat dan bau tidak sedap. Mandi dengan air biasa ternyata tidak cukup untuk mengusir kuman yang bersarang sehingga mandi terasa tidak segar. Anda bisa menggunakan cara membuat disinfektan dengan Dettol terupdate untuk meluruhkan bau dan kumannya.

Gunakan satu tutup botol Dettol ke dalam bak mandi atau tempat tertentu untuk menampung air mandi. Anda bisa melakukan mandi seperti biasa menggunakan sabun, kemudian gunakan larutan Dettol ini untuk bilasan terakhir. Dengan begitu mandinya akan terasa lebih segar dan bebas dari kuman.

6. Sterilisasi popok

cara membuat disinfektan dengan dettol

Meskipun sudah banyak yang menggunakan jenis popok belian pabrik yang sekali pakai namun masih ada yang menggunakan tipe popok kain. Popok kain ini tentu harus dicuci dan sterilisasi secara optimal agar tetap aman untuk digunakan. Salah satunya adalah menggunakan Dettol.

Popok digunakan untuk menampung buang air kecil yang cukup sering sehingga tampungan kumannya juga ikut banyak. Anda bisa mencuci popok bayi maupun dewasa seperti mencuci popok pada umumnya. Kemudian setelah bersih baru bisa direndam menggunakan larutan Dettol. Dengan begitu kuman yang ada pada popok bisa hilang.

7. Sterilisasi masker dan baju

cara membuat disinfektan dengan dettol

Bukan hanya untuk sterilisasi pada popok bayi dan dewasa, Dettol juga bisa digunakan untuk sterilisasi masker dan baju. Masker adalah benda penting yang wajib digunakan pada era pandemi ini. Meskipun tersedia masker yang sekali pakai namun untuk berhemat ada yang memakai tipe masker kain agar bisa dipakai berulang kali.

Begitu pula dengan pakaian yang wajib diganti dengan pakaian bersih setelah digunakan pergi keluar beraktivitas. Anda hanya perlu mencuci baju dan masker seperti mencuci pada umumnya. Kemudian setelah dibilas bersih baru bisa direndam menggunakan larutan Dettol ini.

Selain mampu membersihkan dari bakteri dan kuman, cairan Dettol juga memiliki aroma yang sehat. Sehingga ketika digunakan tidak akan mengganggu kenyamanan. Baju dan masker wangi dan terbebas dari kuman.

8. Sterilisasi mainan

Hal berikutnya adalah cara membuat disinfektan dengan Dettol terpercaya untuk mainan anak. Mainan adalah benda yang sering digunakan untuk mainan anak kapan pun diinginkan. Bahkan untuk tipe anak tertentu ada juga yang memasukkannya ke dalam mulut sehingga banyak penyakit yang siap menyerangnya.

Mainan anak sering dipindah-pindahkan dan dijatuhkan sesuka anak sehingga memerlukan sterilisasi untuk membunuh kumannya. Sterilisasi ini bisa dilakukan menggunakan larutan Dettol. Perhatikan dulu kondisi mainannya, jika terlalu kotor lebih baik dicuci terlebih dahulu.

Kemudian buatlah rendaman dar air dan larutan Dettol. Lalu masukkan semua mainan yang ingin disterilkan ke dalam wadah rendaman tersebut. Anda juga bisa membuat dalam bentuk semprotan untuk sterilisasi harian.

9. Sterilisasi gagang pintu

Manfaat Dettol berikutnya adalah bisa digunakan untuk sterilisasi permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu. Untuk membuatnya juga cukup mudah siapkan air, Dettol dan botol spray. Kemudian tuangkan satu tutup botol Dettol ke dalam botol spray dan isi dengan air.

Lakukan penyemprotan setiap hari pada bagian yang sering disentuh secara bersama-sama untuk antisipasi. Kemudian tunggu beberapa saat sampai kuman dan bakterinya mati. Barulah bisa dilap menggunakan lap kering.

10. Sterilisasi lantai

Manfaat lainnya dari larutan antiseptik ini adalah untuk sterilisasi permukaan lantai. Untuk menggunakannya Anda cukup menuangkan satu tutup botol Dettol ke dalam ember berisikan air untuk mengepel. Lakukan pengepelan secara merata ke semua bagian lantai yang diinginkan.

Cara lain untuk lebih hemat penggunanya adalah dengan menempatkan larutan Dettol pada botol yang ujungnya dilubangi. Kemudian semprotkan pada bagian lantai yang akan dipel. Tunggu beberapa saat kemudian geser menggunakan kain pel. Cara ini memang akan membutuhkan waktu yang lama namun lebih efektif.

Cara membuat disinfektan dengan Dettol memang harus digunakan secara maksimal. Mengingat produk antiseptik ini memiliki harga terjangkau dan mudah ditemukan. Anda hanya perlu memiliki satu produk untuk kebutuhan sterilisasi yang lebih merata. Pembuatan disinfektannya juga lebih mudah dan tidak banyak bahan campurannya sehingga tidak ribet. Tetapi jika dirasa masih kurang membuat cairan disinfektan sendiri, Anda bisa memakai jasa disinfektan yang lebih efektif dengan cara Klik Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.