5 April

7 Cara Mengusir Tawon dan Solusi Jika Tersengat Lebah

Mengetahui cara mengusir tawon adalah hal yang penting jika lingkungan rumah Anda terdapat sarang tawon atau Anda sedang dikejar tawon. Sengatan tawon cukup berbahaya karena rasanya juga cukup sakit. Sengatan tawon mengandung racun yang bisa menyebabkan rasa nyeri, gatal-gatal, terbakar sampai pembengkakan.

Untuk itu lebih baik memang mencegah degan mengusir tawon itu sebelum bertambah banyak dan menjadi berbahaya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir tawon.

Daftar Isi

Cara mengusir tawon di sekitar Anda

1. Menanam pohon pengusir hama

cara mengusir tawon

Cara yang pertama adalah dengan menanam pohon pengusir hama. Ada beberapa jenis pohon yang bisa membantu untuk menjauhkan tawon. Bahkan juga bisa mengusir jenis hama yang lainnya. Jenis pohon tersebut adalah tanaman mint.

Tawon tidak menyukai jenis tanaman yang satu ini. Aroma dari tanaman mint yang tidak disukainya bisa membantu untuk mengusir tawon sehingga mereka juga tidak akan kembali. Dengan begitu lingkungan rumah Anda akan aman dari kunjungan tawon.

2. Kayu manis

cara mengusir tawon

Kayu manis biasanya banyak dimanfaatkan untuk menjadi bumbu dapur. Namun ternyata rempah-rempah ini juga bisa membantu untuk mengusir tawon. Anda bisa menggunakan beberapa kayu manis dan haluskan hingga menjadi serbuk.

Untuk menggunakannya, taburkan bubuk kayu manis tersebut di sekitar sarang tawon. Lakukan hal tersebut dengan rutin kurang lebih selama satu minggu. Aroma kayu manis yang wangi akan menarik perhatian tawon sehingga mereka juga akan memindahkan sarangnya ke tempat lain.

3. Jasa pembasmi hama

cara mengusir tawon

Jika beberapa cara di atas masih kurang ampuh untuk mengusir tawon, maka Anda bisa menggunakan jasa pembasmi hama. Jasa tersebut sudah terlatih dan berpengalaman dalam mengusir tawon.

Mereka akan mengusir hingga membersihkan sisa sarang tawon yang ada di rumah atau sekeliling rumah Anda. Dengan begitu tawon akan pergi dan sarangnya bisa hilang dengan bersih.

4. Menghancurkan sarangnya

cara mengusir tawon

Cara mengusir tawon lebah yang selanjutnya bisa Anda coba adalah dengan menghancurkan sarangnya. Tawon biasanya tidak akan terbang terlalu jauh dari sarangnya. Jadi ketika ada tawon, maka kemungkinan posisi atau letak sarangnya akan ada di sekitar Anda juga.

Cara yang ampuh untuk mengusir tawon agar tidak kembali lagi adalah dengan menghancurkan sarangnya. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir atau menghancurkan sarangnya.

Anda bisa mencoba dengan menyalakan api kecil dan menaruhnya di bawah sarang tawon tersebut. Asap dari tawon tersebut akan masuk ke dalam sarang dan mengganggu pernafasannya. Dengan begitu mereka juga akan keluar dari sarang dan berusaha untuk mencari rumah yang baru.

5. Air dan sabun

cara mengusir tawon

Siapa yang mengira bahwa air dan sabun adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tawon. Anda hanya perlu membuat racikan berupa air sabun dan masukkan ke dalam botol spray atau botol penyemprot. Kemudian semprotkan ke sekitar halaman rumah atau di sekitar rumah tawon tersebut.

Sabun bisa menyebabkan tawon keracunan karena akan menyumbat sistem pernafasannya. Dengan begitu tawon nantinya akan mati dengan perlahan setelah terkena air sabun. Anda hanya perlu mencampurkan sekitar 2 sendok sabun cuci piring dengan air dan masukkan ke dalam botol semprot.

6. Jebakan air dan gula

cara mengusir tawon

Mungkin beberapa orang mengira apakah cara ini bisa berhasil karena tawon menyukai Sesuatu yang manis. Ternyata hal ini sangatlah efektif untuk mengusir tawon. Anda hanya perlu menggunakan air dan gula yang dicampurkan kemudian masukkan ke dalam botol kecil.

Cara ini cocok untuk tawon yang tidak sengaja masuk ke dalam rumah. Tawon akan mendekat dan mencoba untuk mengambil cairan manis tersebut dengan cara masuk ke dalam botol. Ketika tawon sudah masuk ke dalam botol maka tawon akan terjebak di dalamnya dan kesulitan untuk keluar lagi. Baru Anda bisa membuang botol tersebut.

7. Minyak peppermint

Cara mengusir tawon di halaman yang terakhir adalah menggunakan minyak pepermin. Minyak pepermin ini termasuk bahan yang alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping untuk lingkungan dan juga untuk Anda.

Selain itu harganya juga cukup terjangkau dan mudah Anda temukan. Menurut sebuah penelitian di tahun 2013, tawon akan menghindar jika dihadapkan dengan sesuatu yang berbau mint.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah. semprotkan minyak pepermin tersebut di tempat yang banyak tawonnya atau juga bisa menyemprotkannya menggunakan kapas dan letakkan dekat dengan sarang tawon. Dengan begitu nanti tawon akan lebih cepat pergi.

Cara mengatasi sengatan lebah

Banyak orang pasti mengetahui bahwa efek atau gejala dari sengatan lebah memang sangat menyakitkan. Bahkan ada juga yang bisa sampai demam karena sengatan lebah tersebut. Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sengatan lebah.

1. Lepaskan aksesoris di sekitar area yang tersengat

cara mengusir tawon

Pertama adalah melepaskan terlebih dulu aksesoris pada daerah yang tersengat. Misalnya jika Anda tersengat di daerah jari, maka lepaskan cincin yang Anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko sengatan yang akan membengkak.

2. Lepaskan penyengat sesegera mungkin

Tawon atau lebah akan menyalurkan racunnya pada alat penyengatnya. Alat penyengat tersebut berbentuk seperti jarum kecil yang akan menusuk Anda. Ketika lebah sudah melepaskannya atau sudah menyengat Anda, maka penyengat tersebut masih menempel pada kulit dan berisi racun. Racun itulah yang berbahaya karena bisa menyebabkan efek lainnya yang lebih parah.

Untuk itu segera setelah Anda tersengat lebah, lepaskan penyengat yang tertinggal dalam waktu 30 detik. Anda bisa menggunakan pinset, kuku atau lainnya. Namun pastikan agar Anda tidak sampai meremas kantong racun tersebut.

Tujuannya untuk membatasi agar jumlah racun yang masuk ke aliran darah tidak terlalu banyak. Untuk itu memang sangat penting mengetahui cara mengusir tawon secara alami agar Anda juga tidak sampai tersengat.

3. Mencuci area yang tersengat

Jika penyengat sudah Anda lepaskan dari kulit, maka selanjutnya adalah cuci area yang tersengat tersebut dengan air mengalir dan sabun:

4. Kompres dengan air dingin

Ketika racun dari tawon tersebut sudah masuk ke pembuluh darah, maka akibatnya area yang tersengat nanti akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut tentunya akan sangat mengganggu dan menyakitkan. Untuk mengurangi terjadinya pembengkakan agar tidak bertambah parah, Anda bisa mengompres area sengatan menggunakan air dingin.

5. Meminum antihistamin

Cara yang terakhir adalah dengan meminum antihistamin. Obat ini akan bekerja untuk membantu mengurangi gejala atau efek dari sengatan tawon. Seperti rasa gatal, pembengkakan hingga reaksi radang lainnya. Jika Anda merasa gejalanya bertambah berat dan parah, maka disarankan untuk segera mencari pertolongan medis.

Demikian artikel mengenai cara mengusir tawon dan mengobati sengatan tawon. Akan lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi bebaskan rumah dari hama tawon dengan jasa pembasmi hama Bintoro Pest.

Leave a Reply

Your email address will not be published.