23 March

7 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk di Rumah Dengan Efektif

ara mencegah gigitan nyamuk dengan mengoleskan minyak pada bagian yang gatal pasti sudah biasa. Namun terkadang cara tersebut masih tidak bisa mencegah nyamuk untuk menggigit bagian tubuh yang lainnya. Akibatnya tetap sama saja dimana Anda akan bisa tergigit nyamuk.

Gigitan nyamuk memang menjadi hal yang biasa. Akan tetapi di musim pancaroba dimana curah hujan cukup tinggi membuat banyak nyamuk juga akan lebih mudah berkembang biak. Sehingga intensitas untuk gigitan nyamuk akan semakin tinggi. Untuk itu guna mencegah penyebaran nyamuk dan gigitannya, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

Daftar Isi

Cara mencegah gigitan nyamuk di rumah

1. Menanam tanaman yang tidak disukainya

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanam tanaman tertentu dimana tanaman tersebut tidak disukai nyamuk. Tanaman itu biasanya memiliki aroma yang bagi nyamuk cukup menyengat. Sehingga mereka tidak akan masuk pada ruangan tersebut.

Beberapa jenis tanaman tersebut seperti serai, marigold, lavender, dan kemangi. Bahkan beberapa jenis tanaman tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai dekorasi ruangan. Namun perlu diperhatikan bahwa penanaman atau penggunaan tanaman tersebut di dalam ruangan tidak bisa secara langsung mengusir semua nyamuk. Setidaknya jumlah nyamuk yang ada pada ruangan tersebut bisa berkurang.

2. Minyak esensial penangkal nyamuk

Penggunaan minyak esensial ini juga bisa membantu untuk menangkal nyamuk. Hal ini sangat bagus terutama bagi Anda yang memang tidak bisa menggunakan obat nyamuk dengan bahan kimia karena alergi dan sebagainya.

Beberapa jenis minyak bisa membantu untuk menangkal nyamuk. Misalnya minyak kayu putih, minyak serai, minyak pepermin, dan minyak tea tree. Jenis minyak tersebut bahkan juga bisa membantu mengurangi gejala dari penyakit tertentu.

Baca Juga : 5 Cara Menghindari Gigitan Nyamuk dan Mencegahnya Datang

3. Membersihkan genangan

Cara mencegah gigitan nyamuk di rumah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan genangan. Banyak orang pasti sudah mengetahuinya bahwa kondisi lingkungan dengan banyak genangan adalah tempat yang bagus bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Untuk itu agar nyamuk tidak semakin banyak berkembang biak di sekitar lingkungan Anda, maka bersihkan genangan airnya. Jika ada di halaman maka sebisa mungkin jangan sampai ada air yang menggenang.

Sedangkan untuk di dalam rumah, seperti pada bak mandi, penampungan air, kolam renang dan lainnya bisa Anda berikan bubuk pembunuh jentik nyamuk dan bersihkan dengan rutin.

4. Menghindari memproduksi CO2 berlebihan

Nyamuk akan mendeteksi sasaran untuk digigitnya melalui karbon dioksida atau CO2. Ketika detak jantung Anda meningkat, maka produksi karbon dioksida juga akan semakin banyak. Minum minuman beralkohol, stres, makan makanan pedas, olahraga dan banyak bergerak bisa meningkatkan produksi karbon dioksida yang lebih banyak.

Untuk itu guna menghindari terlalu sering digigit nyamuk, hindari untuk memicu tubuh menghasilkan banyak karbon dioksida secara berlebihan. Terutama untuk jam rawan nyamuk seperti malam hari.

5. Menggunakan pakaian berwarna terang

cara mencegah gigitan nyamuk

Mungkin beberapa orang tidak mengetahui hal ini, bahwa menggunakan pakaian yang terang bisa membantu mencegah agar Anda tidak digigit nyamuk. Ketika mencari mangsa di siang hari, nyamuk cenderung terbang dekat dengan lantai atau tanah.

Mereka akan mencari target dengan warna yang kontras dengan cakrawala. Itulah mengapa jika Anda menggunakan pakaian dengan warna yang gelap, Anda juga lebih cepat digigit oleh nyamuk. Jadi salah satu cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menggunakan pakaian berwarna terang.

6. Jangan terlalu banyak berkeringat

cara mencegah gigitan nyamuk

Alasan yang membuat nyamuk lebih sering menggigit Anda adalah karena produksi zat kimia tertentu dalam tubuh yang dilepaskan ketika Anda dalam keadaan yang berkeringat. Untuk itu cara mencegah gigitan nyamuk secara alami adalah hindari terlalu banyak berkeringat.

Selain dikarenakan aktivitas yang banyak menguras tenaga, keringat juga bisa disebabkan karena stres dan cuaca yang panas.

7. Menyalakan kipas angin

cara mencegah gigitan nyamuk

Cara yang terakhir untuk mencegah gigitan nyamuk adalah dengan menyalakan kipas angin. Hembusan angin dari kipas angin yang sepoi-sepoi akan menyulitkan nyamuk untuk terbang di sekitar Anda.

Anda bisa menyalakan dan mengarahkan kipas angin ke bagian bawah tubuh. hal ini karena nyamuk biasanya akan terbang rendah guna menghindari angin. Dengan begitu, nyamuk yang tadinya akan menggigit Anda bisa kesulitan karena adanya hembusan angin.

Kelebihan bahan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Sudah menjadi hal yang biasa bahkan refleks ketika Anda baru saja terkena gigitan nyamuk dan sesegera mungkin menggaruknya. Hal ini karena efek gatal yang dihasilkan akibat gigitan tersebut.

Namun menggaruk gigitan nyamuk ternyata tidak disarankan. Bekas gigitan nyamuk jika Anda garuk maka bisa saja menjadi luka bahkan infeksi. Akibatnya nanti, bekas gigitan tersebut justru akan menimbulkan bekas luka baru:

• Cuka apel

cara mencegah gigitan nyamuk

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cuka apel ini merupakan bahan alami sehingga ketika Anda menggunakannya untuk menghilangkan bekas gigitan, tidak akan menimbulkan luka baru atau efek samping baru.

Bahkan ketika Anda mengoleskan cuka apel, rasa gatal akibat gigitan nyamuk tersebut bisa reda dengan lebih cepat sehingga Anda juga tidak memiliki keinginan untuk menggaruknya.

• Madu

cara mencegah gigitan nyamuk

Cara mencegah gigitan nyamuk yang efektif memang tidak bisa menggunakan madu. Namun madu tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membantu meredakan dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Kelebihannya adalah madu memiliki sifat antiseptik yang alami dimana tidak menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Adanya kandungan antiseptik tersebut memang ampuh untuk membantu memudarkan bekas gigitan nyamuk. Anda bisa menggunakan madu tersebut yang dioleskan pada bekas gigitan dan tutup dengan perban semalaman.

• Bawang putih

cara mencegah gigitan nyamuk

Bawang putih selain tidak disukai oleh nyamuk karena aromanya, ternyata juga bisa membantu untuk meredakan bekas gigitan nyamuk. Hal ini karena kandungannya berupa antiseptik alami sehingga bisa meredakan gatal karena gigitan nyamuk. Selain itu bawang putih juga sekaligus bisa meredakan bekas gigitan nyamuk.

Anda hanya perlu menggunakan bawang putih yang sudah dipotong menjadi dua dan oleskan atau gosokkan pada bekas gigitan nyamuk tersebut. Gunakan cara ini untuk menghilangkan bekas gigitannya secara rutin.

• Putih telur

cara mencegah gigitan nyamuk

Putih telur selain dikonsumsi juga bisa membantu untuk meredakan dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Kelebihan menggunakan putih telur ini adalah untuk menggunakannya cukup mudah.

Anda hanya perlu mengoleskan putih telur pada bagian kulit yang menjadi bekas gigitan. Dikarenakan bahan yang digunakan adalah bahan yang alami, sehingga bahan ini juga aman digunakan pada kulit. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya pada area wajah. Guna hasilnya lebih maksimal, gunakan dan diamkan semalaman dan bersihkan ketika mandi pagi.

Demikian artikel mengenai cara mencegah gigitan nyamuk dan kelebihan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang mungkin akan berguna untuk Anda. Namun, jika hama nyamuk sudah menyerang, Anda bisa minta bantuan jasa pembasmi hama Bintoro Pest untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *