15 October

3 Cara Membasmi Rayap Dengan Kapur Barus Dengan Mudah

Cara membasmi rayap dengan kapur barus merupakan salah satu di antara banyak cara yang bisa dilakukan. Namun, cara ini sangat mudah dilakukan  karena kapur barus memang sudah sering disimpan di dalam lemari. Bahkan, juga ada yang menempatkannya di kamar mandi untuk manfaat tertentu.

Daftar Isi

Tentang kapur barus untuk obat anti rayap

Kapur barus memang efektif mengusir rayap dan juga murah. Simpel dan bisa dilakukan oleh siapa pun juga menjadi alasan banyak orang memilih cara ini. Mengenai jumlah kapur barus yang dibutuhkan sesuai banyak atau tidaknya rayap yang bersarang di rumah. Namun, sebelum masuk pembahasan cara memanfaatkan kapur barus, sebaiknya ketahui dulu beberapa hal berikut ini:

  • Bahan pembuatan kapur barus

Obat anti rayap ini bisa didapatkan dengan sangat murah di Indonesia karena  bahan utamanya ada di Indonesia, yaitu di Kalimantan dan Sumatera. Terdapat sebuah pohon bernama Laurel Kamper yang menghasilkan zat lilin dengan aroma khas dan kuat yang saat ini dikenal sebagai kapur barus. Meskipun begitu, dalam pembuatannya juga bisa dibuat dari tanaman lain seperti Ocotea Usambarensis, Drybalanpos aromatic dan Daun Rosemary kering. Serta ada tambahan bahan sintesis bernama zat terpentin.

  • Kapur barus bermanfaat untuk kesehatan

Ternyata meskipun memiliki bau yang menyengat yang tidak semua orang menyukainya, kapur barus memiliki manfaat positif di bidang kesehatan. Sehingga ketika digunakan untuk membasmi rayap ataupun diletakkan di kamar tidur, akan memperoleh dua manfaat sekaligus. Berikut manfaatnya untuk kesehatan tubuh:

  • Mengatasi rasa gatal
  • Memulihkan luka bakar
  • Gangguan pernafasan pun bisa diatasi dengan kapur barus
  • Solusi untuk masalah kulit kering
  • Mengatasi rasa sakit di persendian
  • Mengobati kulit eksim
  • Infeksi jamur di kuku juga bisa diatasi
  • Rambut lebih sehat dengan pengaplikasian yang benar
  • Bagus bagi penderita insomnia
  • Serta mampu mengatasi flu dan batuk

Efek samping penggunaan kapur barus

 

Cara membasmi rayap dengan kapur barus

Meskipun memiliki cukup banyak manfaat, namun obat pembasmi rayap ini juga memiliki efek samping sehingga tak boleh digunakan secara sembarangan. Terutama jika ada anak bayi di rumah, penting untuk diletakkan di tempat yang tinggi yang tidak sampai dijangkau oleh bayi. Nah, berikut beberapa efek sampingnya.

  • Jika terkena kulit bayi atau anak-anak bisa memicu munculnya alergi
  • Sebagian orang tidak tahan dengan bau menyengatnya sehingga bisa pusing
  • Sebagian orang pun bisa demam jika terus menerus terpapar kapur barus ini.

Jadi, ketika ingin menyemprot kapur barus, mintalah anak-anak untuk menjauh dari lokasi penyemprotan. Usahakan menggunakan masker dan sarung tangan, bahkan lebih bagus jika menggunakan kacamata agar benar-benar aman.

Baca Juga : 5 Cara Membasmi Rayap Sampai KOLONI Efektif dan Terbukti Ampuh

1. Membasmi rayap dengan campuran kapur barus dan kapur ajaib

 

Cara membasmi rayap dengan kapur barus

Cara membasmi rayap dengan kapur barus di lemari akan lebih efektif lagi jika ditambahkan kapur ajaib. Seperti yang diketahui saat ini sudah  banyak orang menggunakan kapur ajaib untuk menghindari atau mencegah serangga seperti kecoak dan semut. Tetapi, menggunakan kapur ajaib saja belum tentu ampuh untuk atasi rayap. Sehingga dibuatlah kombinasi antara kedua bahan ini.

Kapur barus dan kapur ajaib bisa diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga cara ini bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik kalangan menengah, kalangan atas ataupun kalangan bawah. Caranya yang sangat mudah pun sangat membantu para pemilik rumah yang memiliki masalah dengan rayap.

Bahan yang diperlukan di antaranya kapur barus sebanyak 4 pcs, dan kapur ajaib sebanyak 2 pcs. Serta sediakan air sebanyak 100 ml. Sedangkan alat yang dibutuhkan berupa mangkuk kecil yang fungsinya untuk menumbuk kapur barus dan kapur ajaib. Sendok atau ulekan untuk menggerus halus kedua bahan ini.

Cara Pengaplikasian:

  1. Bubuk kapur barus dan kapur ajaib di masukkan ke dalam botol semprotan. Selanjutnya tambahkan sebanyak 100 ml air bersih yang sudah disediakan sebelumnya.
  2. Botol semprotan dikocok agar air dan bubuk kapur bisa tercampur dengan baik.
  3. Semprotkan larutan ini langsung pada sarang rayap ataupun pada perabotan yang sedang dimakan rayap.
  4. Proses penyemprotan bisa diulangi  hingga 3 kali agar untuk memastikan semua rayap terkena campuran larutan ini. Beberapa jam kemudian, rayap akan mati dengan sendirinya.

2. Membasmi rayap dengan campuran kapur barus dan solar

 

Cara membasmi rayap dengan kapur barus di rumah dicampur dengan solar bahkan lebih ampuh lagi dibandingkan cara yang di atas. Larutan yang mampu bertahan lama terutama jika diaplikasikan ke bahan kayu. Sangat ampuh bahkan hingga tahun berikutnya jadi bisa melindungi dengan baik dari sengatan rayap.

Bahan yang perlu disiapkan yaitu kapur barus sebanyak 7 pcs. Sebelum digunakan, harus ditumbuk dulu hingga halus. Kemudian, sediakan juga solar sebanyak 100 ml. Sedangkan alat yang dibutuhkan sama seperti di atas yaitu mangkuk kecil dan sendok untuk memudahkan proses penumbukan kapur barus.

Cara Pengaplikasian:

  1. Pertama sekali, kapur barus yang sudah ditumbuk atau digerus dituang ke dalam botol spray. Selanjutnya, ditambahkan solar sebanyak 100 ml yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Botol spray dikocok hingga semua isi kapur barus bercampur dengan baik bersama solar.
  3. Semprotkan larutan ini langsung pada area yang terserang hama rayap ataupun langsung ke sarang rayap.
  4. Langkah ini diulangi lagi beberapa kali terutama jika jumlah rayap sangat banyak dan sarangnya sangat panjang.

Cara ini memiliki dua manfaat sekaligus yaitu untuk membasmi rayap yang sudah menyerang bagian rumah. Sedangkan manfaat yang kedua untuk mengantisipasi ataupun mencegah datangnya rayap yang lain pada hari-hari berikutnya.

3. Basmi rayap dengan campuran kapur barus dan minyak tanah

 

Minyak tanah pun menjadi solusi yang tepat untuk atasi rayap. Cara ini bisa jadi pilihan bagi yang tidak ingin menggunakan cara membasmi rayap dengan kapur barus dan garam. Bahan yang harus disiapkan berupa mangkuk kecil dan sendok ataupun ulekan untuk menghaluskan kapur. Sediakan minyak tanah 100 ml, bisa diperoleh di pasaran. Memang saat ini tidak banyak lagi yang menjual minyak tanah, tetapi bukan tidak ada sama sekali.

Cara Pengaplikasian:

  1. Kapur barus yang sudah dihaluskan dimasukkan ke dalam botol semprot. Kemudian tambahkan minyak tanah yang sudah disiapkan tadi.
  2. Kocok botol semprot hingga semua bercampur merata. Bisa juga diaduk menggunakan sendok atau alat tertentu agar lebih mudah larut.
  3. Arahkan ke sarang rayap, dan semprotkan. Sebaiknya langsung terkena tubuh rayap. Langkah ini sebaiknya diulang beberapa kali jika rayap dalam jumlah banyak.
  4. Menggunakan larutan dalam jumlah maksimal mempercepat pembunuhan rayap. Lebih bagus lagi jika digunakan secara rutin agar perabot rumah terjaga.

Jadi, dari ketiga cara membasmi rayap dengan kapur barus di atas, silakan lakukan yang mana saja sesuai keinginan. Setelah itu, rawatlah perabotan dengan baik agar tidak ada lagi rayap yang bersarang ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *