7 October

12 Cara Mengusir Lalat dengan Garam dan Bahan Alami Lainnya

Cara mengusir lalat dengan garam menjadi alternatif pilihan yang bisa dilakukan dengan mudah dan hemat. Pasalnya setiap rumah pasti terdapat garam, apalagi garam memiliki harga yang sangat terjangkau. Garam yang digunakan juga bisa dicampur dengan bahan lainnya.

Lalat selalu tidak disukai kedatangannya terutama di rumah tangga. Pasalnya, lalat membawa pengaruh buruk untuk makanan dan bakteri penyebab penyakit. Namun, jangan khawatir lagi sebab saat ini sudah ada cara mudah menggunakan garam kombinasi dengan bahan lain.

Daftar Isi

Yuk coba cara mengusir lalat dengan garam serta bahan alami lainnya berikut ini

1. Mencampurkan Garam dengan Bubuk Kunyit

Cara mengusir lalat dengan garam

Cara ini sudah dipraktikkan banyak orang di luar sana. Letakkan campuran di meja atau tempat tertentu yang banyak lalu lalang lalat. Cara ini akan mengusir lalat dengan sendirinya.

2. Perpaduan Jeruk Lemon dan Cengkeh

 

Cara mengusir lalat dengan garam

Memanfaatkan jeruk lemon dan cengkeh pun salah satu solusi jika tidak ingin menggunakan cara mengusir lalat dengan garam di siang hari. Aroma yang kuat dari lemon dan cengkeh sangat tidak disukai lalat. Jika melihat kerumunan lalat, coba letakkan irisan lemon dan taburan cengkeh di area tersebut. Namun, juga bisa menambahkan taburan garam di sekitarnya. Perpaduan ketiga cara ini akan mengusir lalat dengan ampuh.

3. Menggunakan Lilin Sereh

 

Cara mengusir lalat dengan garam

Cara ini sebenarnya banyak dilakukan untuk mengusir nyamuk. Namun siapa sangka juga ampuh mengusir lalat. Sebab kedua hewan ini tidak suka bau ataupun wangi dari lilin sereh. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan aroma bahan ini? Sangat mudah, tinggal hidupkan lilin aroma terapi yang beraroma sereh. Letakkan di beberapa sudut rumah sehingga aromanya bisa hadir ke seluruh penjuru rumah.

Baca Juga : Cara Mengusir Lalat Dengan Bawang Putih Secara Ampuh

4. Menggunakan Daun Kemangi

 

Cara mengusir lalat dengan garam

Wangi dari daun kemangi yang cukup kuat juga tak disukai lalat. Selain itu, daun ini juga mengandung antivirus dan antibakteri. Tanamlah di sekitar halaman rumah agar mendapatkan udara segar. Untuk mengusir lalat, ambil beberapa daun kemangi dan letakkan di area yang sering dikunjungi lalat. Jika ingin hasil yang maksimal, juga bisa kombinasikan dengan garam.

5. Menggunakan Bunga Lavender

 

Cara mengusir lalat dengan garam

Cara mengusir lalat dengan garam di rumah makan akan lebih bagus lagi jika ditambahkan bunga lavender. Garam bisa diletakkan ke dalam wadah kecil di meja dan biarkan terbuka agar lalat tidak datang. Bisa juga dengan langsung menaburkan pada area yang banyak lalat. Tambahkan juga bunga lavender yang bisa diletakkan di setiap meja rumah makan.

Fungsinya tidak hanya mengusir lalat, namun juga menambah nilai estetika pada rumah makan itu sendiri. Jika rumah makan memiliki halaman, maka tanamlah bunga lavender. Jika ditanam mengelilingi lingkaran rumah, tentunya semua penjuru ruangan akan tercium bau lavender.

6. Menggunakan Minyak Esensial

 

Cara mengusir lalat dengan garam

Minyak esensial ini sudah dikenal banyak orang dan tidak sulit untuk mendapatkannya. Mulai dari minyak daun serai, minyak pepermin dan minyak lavender bisa digunakan. Bahkan bahan ini lebih utama digunakan dibandingkan penggunaan bahan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan seperti berikut:

  • Minyak esensial daun serai bisa langsung di semprotkan ke pintu, jendela ataupun area lain yang sering dihinggapi lalat.
  • Minyak pepermin digunakan dengan cara  dioleskan pada bola kapas. Selanjutnya diletakkan pada area yang juga sering didatangi lalat.
  • Minyak lavender bisa dicampurkan dengan  beberapa tetes minyak bunga matahari. Masukkan ke dalam botol dan semprot di area yang ada sering  berkerumun lalat.
  • Minyak esensial lain yang bisa digunakan seperti minyak basil, minyak jeruk dan minyak cengkeh. Masukkan minyak esensial yang diinginkan ke dalam botol semprot, kemudian tambahkan air. Aduk ataupun kocok agar tercampur merata. Kemudian langsung semprotkan pada area yang dibutuhkan.

7. Menggunakan Daun Pandan

 

Daun pandan juga salah satu bahan di antara banyak bahan lain yang disukai lalat. Aroma wangi yang sangat disukai lalat ini ternyata tak disukai lalat. Bahkan digunakan bukan untuk mengusir lalat saja, namun juga mampu mengusir kecoak. Caranya, siapkan beberapa lembar daun pandan. Kemudian, potonglah kecil-kecil masukkan dalam wadah. Biarkan terbuka dan letakkan di lokasi yang sering dikerumuni lalat.

8. Potongan Timun

 

Juga bisa dijadikan sebagai obat pengusir lalat yang alami. Padahal wangi mentimun sangat enak dan menyegarkan. Namun siapa sangka lalat tidak suka dengan wangi ini. Lalat lebih suka dengan bau busuk sampah, makanya sangat mudah mengusir lalat. Ambil mentimun dan diiris-iris. Letakkan di tempat yang sering datang lalat.

9. Manfaatkan Air Cuka

 

Perangkap cuka juga salah satu cara yang efektif dan aman serta bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu cuka sari apel,  gelas, sabun cuci piring, karet gelang dan kantong plastik. Caranya yaitu:

  • Tuangkan sedikit cuka ke dalam gelas yang sudah disiapkan tadi.
  • Tambahkan satu tetes sabun cuci piring.
  • Letakkan kantong plastik di atas gelas tersebut dan diikat dengan karet gelang.
  • Lubangi di bagian tengah atas  agar lalat bisa masuk melalui lubang tersebut. Sebaiknya lubang lumayan besar tetapi jangan terlalu besar agar lubang tidak melarikan diri.

10. Menggunakan Bawang Putih

 

Selain cara mengusir lalat dengan garam dapur, juga bisa menggunakan bawang putih. Sediakan bawang putih, kayu manis, air dan cabai. Bahan dihaluskan terlebih dulu, jangan lupa masukkan air agar tercampur dengan merata.

Setelah diaduk, didiamkan beberapa saat. Selanjutnya, untuk mendapatkan larutan yang bisa disemprot, campuran tadi perlu disaring terlebih dulu ke dalam botol semprot. Kemudian tinggal aplikasikan ke area yang sering dikunjungi lalat.

11. Menggunakan Air Rendaman Cengkeh

 

Cengkeh yang berbau rempah-rempah ini direndam dalam wadah berisi air. Kemudian letakkan air rendaman yang masih ada biji cengkehnya langsung di area yang banyak dihinggapi lalat. Atau bisa juga menggunakan air perasan lemon dan jeruk dipadukan dengan butiran cengkeh.

12. Gantungkan Kantong Plastik Berisi Air

 

Cara ini pun sangat mudah dilakukan, tetapi tidak semua orang pernah mempraktikkan cara ini. Jika ingin tahu hasilnya, silakan coba langsung di rumah terutama yang banyak lalatnya. Seperti yang diketahui, lalat memiliki banyak bulatan mata. Sehingga ketika ada air dalam plastik yang digantung dan memantulkan cahaya ke berbagai tempat. Maka lalat akan bingung dengan sendirinya.

Jadi, sangat penting menggantungkan air dalam kantong plastik di area yang langsung terkena cahaya. Jika tidak terkena  cahaya, sama saja cara ini tidak memberikan hasil yang maksimal.

Nah, itulah cara mengusir lalat dengan garam, bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Mengingat banyak cara, jangan bingung. Pilih cara mana saja yang diinginkan. Jika lalat terlalu banyak, bisa kombinasikan dengan beberapa cara lainnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *