Enter the content which will be displayed in sticky bar
z

10 Cara Menghilangkan Rayap Sampai Tuntas

Cara menghilangkan rayap di rumah sebetulnya bisa dilakukan sendiri kalau tahu apa yang harus dilakukan. Ada berbagai macam jenis rayap yang dapat bersarang di sekitaran rumah. Misalnya saja rayap tanah yang biasanya merusak rumah dengan membuat terowongan di dalam tanah yang dipakai sebagai akses keluar masuk rumah. Ada pula rayap kayu yang dapat menimbulkan kerusakan di dalam rumah, apalagi di furniture kayu. Rayap kayu ini tidak hanya menyukai tanah serta kayu basah lembab, namun juga suka bersarang di kayu kering.

 

 

Ini dia cara menghilangkan rayap sampai tuntas di rumah

Kerugian yang biasanya dapat ditimbulkan oleh serangan rayap antara lain seperti membuat kayu keropos, merusak dokumen/ arsip, menimbulkan korsleting listrik, hingga merobohkan plafon rumah. Berikut ini cara menghilangkan rayap di rumah untuk mencegah hal-hal tersebut:

1. Menyiram dengan air sabun

Salah satu cara menghilangkan rayap di rumah adalah dengan memanfaatkan bahan kimia. Anda bisa membuat zat kimia murah dan gampang untuk membasmi rayap dengan memakai air sabun. Cairan sabun memiliki fungsi untuk mengganggu aliran pernafasan rayap sehingga mereka bisa cepat mati. Anda tinggal membuat air sabun, masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan langsung ke seluruh perabotan kayu Anda.

2. Memasang kapur barus

Selain air sabun, Anda bisa memakai bahan kimia lainnya yang dijual secara bebas di pasaran. Contohnya memasang kapur barus karena kapur barus biasanya memiliki kandungan naftalena yang mematikan rayap hingga serangga kecil lainnya seperti semut dan kecoak. Ini bisa jadi cara menghilangkan rayap di lemari yang ampuh. Anda tinggal menaruh atau menyebarkan kapur barus di lemari dan perabotan atau furniture kayu lainnya.

3. Menaburkan garam

Garam yang dikenal sebagai bumbu dapur ini rupanya juga dapat digunakan untuk membasmi rayap dengan mudah. Hal ini karena di dalam garam terdapat kandungan yang disebut selulosa dan kandungan ini sangat disukai rayap. Ketika rayap memakan garam tersebut maka struktur kristalin yang ada di dalam garam akan menyerap cairan tubuh rayap sehingga menyebabkan dehidrasi sampai membuat rayap pun mati. Anda tinggal menaburkan garam ini ke tempat-tempat sarang rayap di dalam rumah.

4. Menjemur perabotan

Jangan malas untuk menjemur perabotan rumah Anda jika tidak ingin rayap bersarang. Keluarkan perabotan dan jemur di bawah sinar matahari langsung. Hal ini karena biasanya rayap tidak menyukai kondisi yang panas, kering dan cahaya. Mereka lebih suka kondisi basah serta lembab sehingga jika ada di kondisi kering dan panas, mereka akan lemas dan lama kelamaan mati. Apalagi perabotan kayu yang gampang lembab sehingga rentan diserang rayap. Anda perlu menjemurnya secara rutin, beberapa bulan sekali.

5. Menggunakan jasa pembasmi rayap profesional

jasa pembasmi rayap

Cara paling ampuh dan paling tidak bikin ribet Anda adalah menggunakan jasa pembasmi rayap profesioal dan sudah dipercaya ribuan klien. BintoroPest merupakan perusahaan jasa pembasmi rayap profesional yang akan memberikan Anda garansi pemeliharaan selama 3-5 tahun sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir terhadap ancaman rayap. Segera hubungi kami melalui whatsapp di 0822 1030 5555.

6. Pakai air cucian beras dan air tembakau

Ada bahan alami lainnya yang bisa dipakai untuk membasmi rayap di dinding atau tembok rumah yaitu dengan menggunakan air cucian beras dan air tembakau. Jangan buang air cucian beras Anda karena bisa dipakai sebagai bahan alami membasmi rayap dimana pun mereka bersarang termasuk di tembok.

Selain air cucian beras, Anda juga bisa gunakan air tembakau sebagai cara menghilangkan rayap di tembok. Biasanya serangga termasuk rayap tidak menyukai bau tembakau yang menyengat sehingga Anda bisa pakai untuk mengusir rayap dari rumah. Cukup semprotkan air beras atau air tembakau tersebut secara merata di tembok rumah yang dihuni oleh rayap.

7. Menggunakan obat pembasmi serangga

cara menghilangkan rayap

Saat ini di pasaran sudah ada banyak obat pembasmi serangga dijual secara bebas dan efektif dalam membasmi keberadaan rayap. Anda bisa berinvestasi dengan membeli obat pembasmi serangga ini yang sekaligus ampuh dalam mematikan rayap yang bersarang di rumah Anda. Obat pembasmi ini umumnya bisa berbentuk cairan yang disemprotkan atau serbuk putih yang ditebarkan. Anda dapat mencarinya sendiri di toko online atau offline dan sudah tersedia banyak merek obat serangga. Namun, jika Anda memelihara hewan peliharaan atau memiliki anak kecil, jauhkan jangkauan mereka dari obat serangga tersebut.

8. Memakai kemangi dan daun salam

cara menghilangkan rayap

Tidak hanya garam yang dapat dipakai untuk menghilangkan rayap sampai tuntas. Anda juga bisa memakai kemangi dan daun salam sebagai bahan alami pembasmi rayap. Bumbu dengan aroma yang harum dan kuat ini rupanya efektif mengusir rayap dari rumah Anda. Caranya gampang, cukup letakkan beberapa daun salam atau kemangi di tempat-tempat yang ada sarang rayap. Kelebihan dari bahan alami ini dibandingkan bahan kimia, jadi aman jika tidak sengaja dijangkau oleh anak kecil atau hewan peliharaan.

9. Membersihkan perabotan dan buku-buku secara rutin

cara menghilangkan rayap

Perabotan yang terbuat dari kayu serta buku-buku menjadi target empuk bagi sarang rayap. Oleh karena itu ada baiknya secara rutin, Anda membersihkan perabotan kayu dan buku-buku tersebut. Pastikan tidak ada sudut di perabotan serta buku-buku yang diletakkan di dinding atau rak buku lembab karena hal itu bisa menjadi sarang rayap. Bila perlu Anda juga bisa menjemur perabotan di sinar matahari karena hal ini bisa jadi cara menghilangkan rayap di kayu yang efektif. Jika ada buku yang tidak sengaja ketumpahan air, maka harus segera dikeringkan dengan cara dijemur.

10. Membuat jebakan kardus

cara menghilangkan rayap

Jika Anda ingin mencari tahu dimana sarang rayap di bagian rumah Anda, maka Anda bisa membuat jebakan dari kardus. Hal ini dapat dipakai untuk tahu keberadaan rayap. Anda tinggal membasahi kardus yang sudah tidak digunakan, lalu letakkan kardus tersebut di tempat yang Anda curigai menjadi sarang rayap. Kalau memang ada rayap di sana, pastinya rayap-rayap tersebut akan segera pindah ke kardus basah yang lembab itu.

 

Itulah beberapa cara menghilangkan rayap sampai tuntas dengan bahan alami, kimia, dan menjaga kebersihan di rumah. Namun, jika Anda tidak ingin repot membasmi rayap sendiri ataupun sudah menggunakan berbagai macam cara agar rayap mati dan tidak muncul lagi tapi tetap kurang efektif maka Anda bisa menyewa jasa pembasmi rayap. Jasa pembasmi rayap biasanya menggunakan metode atau teknik tertentu untuk membasmi rayap sampai benar-benar tuntas. Setelah rayap mati, langkah selanjutnya adalah menggunakan cara pencegahan seperti yang sudah dikemukakan beberapa di atas. Selamat mencoba.

Deskripsi: Ada berbagai cara menghilangkan rayap secara ampuh sampai tuntas di rumah yang bisa Anda lakukan sendiri baik secara alami maupun kimia. Mau tahu? Baca di sini!

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp Kami Disini