12 January

Cara Mengusir Semut Merah Agar Tidak Datang Lagi Secara Alami

Semut adalah salah satu hewan yang mengganggu kenyamanan di rumah. Anda wajib tahu beberapa cara mengusir semut merah agar tidak datang lagi yang efektif untuk dilakukan. Bahkan untuk pengusiran ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan yang tersedia di rumah. Dengan begitu tidak akan mengganggu keberadaan makhluk hidup lain di dalam rumah.

Jika memiliki bahan-bahan di bawah ini mungkin Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir koloni semut yang banyak ini termasuk jenis semut merah.

Daftar Isi

Ini dia 8 cara mengusir semut secara alami

1. Kulit Telur

cara mengusir semut merah agar tidak datang lagi

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah menggunakan cangkang telur. Cangkang atau kulit telur ini memiliki aroma yang sangat amis sehingga membuat semut tidak akan mendekat. Namun sebelum menggunakannya jangan lupa untuk mengelap cangkang atau kulit telur ini menggunakan tisu.

Untuk cara yang lebih efektif lagi cangkang yang sudah ada bisa disangrai terlebih dahulu. Tunggu sampai warnanya kehitaman dan haluskan. Terakhir taburkan pada tempat-tempat yang sering didatangi semut atau langsung pada rumahnya. Cara ini juga cukup aman dengan mempertahankan daya simpan cangkang sehingga bisa menjadi penangkal semut yang lama.

Jadi jangan lupa untuk menyisihkan cangkang telur setelah memakai isinya. Cangkang ini memang tidak memiliki daya simpan yang lama bahkan menimbulkan bau anyir jika terlanjur busuk. Jadi Anda harus cukup sigap untuk mengolah cangkang ini menjadi bubuk pengusir semut yang efektif.

2. Cairan Sabun Cuci Piring

cara mengusir semut merah agar tidak datang lagi

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi kedua yang bisa dilakukan adalah menggunakan cairan sabun cuci piring. Sebenarnya bukan hanya sabun cuci piring saja yang bisa digunakan namun juga bisa menggantinya dengan detergen sesuai kebutuhan. Cara membuat ramuannya juga cukup mudah hanya dengan mencampurkan detergen secukupnya dengan air dan meletakkannya pada botol semprot.

Kemudian yang bisa dilakukan adalah cukup dengan menyemprotkannya pada area yang sering didatangi semut atau pada gundukan rumah semutnya. Dengan begitu semut-semut yang ada akan mati dan tidak berani kembali saat semprotan tersebut sudah mengering. Aroma yang menyengat dari sabun ini nyatanya tidak disukai oleh koloni semut.

Sabun sendiri juga merupakan bahan yang selalu ada di rumah, dalam hal ini merek dan aroma yang bisa digunakan bebas seadanya saja yang di rumah. Jadi jika sewaktu-waktu koloni semut menggerombol maka bisa langsung mengambil detergen untuk mengusir semut dan koloninya ini.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Semut Merah di Rumah

3. Tepung Jagung

cara mengusir semut merah agar tidak datang lagi

Cara ketiga yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah menggunakan tepung jagung. Tepung jagung adalah bahan dapur dan murah untuk digunakan bahkan jika keperluan penggunaannya cukup banyak sekalipun. Tepung jagung memiliki struktur bentuk yang lengket jadi bisa digunakan sebagai perangkap semut yang efektif.

Bukan hanya tepung jagung saja namun bisa diganti dengan tepung maizena juga. Buatlah adonan menggunakan tepung jagung ini kemudian letakkan sebagai jebakan pada tempat tertentu yang banyak didatangi semut. Bahkan adonan ini juga bisa langsung diletakkan pada sarang semut untuk mendapatkan tangkapan yang sangat banyak sekaligus.

Tepung jagung dan maizena ini juga memiliki daya simpan yang lumayan lama untuk memerangkap semutnya. Namun jangan lupa untuk mengganti jebakan yang dibuat dengan jebakan yang baru jika dirasa semut yang terjebak sudah terlalu banyak. Selain menjijikkan untuk dilihat perekat ini juga tidak berfungsi maksimal lagi.

4. Gunakan Cuka dan Lada

cara mengusir semut merah agar tidak datang lagi

Tidak memiliki bahan dapur yang ada seperti di atas? Jangan khawatir karena masih banyak bahan dapur lagi yang bisa digunakan. Salah satunya adalah bisa menggunakan cuka ataupun lada. Kedua bahan ini juga cukup mudah didapatkan dan memiliki harga yang terjangkau untuk dibeli.

Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini menjadi satu jenis adonan kemudian menaburkannya pada tempat-tempat lintasan semut. Bahan ini juga bisa sekaligus digunakan untuk membasmi rumah semut dengan ratu di dalamnya. Jadi bisa langsung membunuh koloni semut dalam jumlah yang banyak.

Lada adalah bahan yang memiliki aroma cukup kuat dan membuat seseorang dengan hidung sensitif akan bersin jika mencium baunya. Sedangkan cuka sendiri adalah bahan dapur yang bersifat asam sehingga mampu mengusir semut yang tidak bisa bertahan pada lokasi yang asam.

5. Gunakan Air Lemon

Takut dengan bau yang sangat menyengat? Jangan khawatir ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk cara mengusir semut merah agar tidak datang lagi. Air lemon ini memiliki bau yang segar dan tidak berbahaya bagi anggota keluarga karena baunya tidak menyengat bahkan aman untuk hidung yang sensitif.

Cara penggunaan dari air lemon ini juga tidak kalah praktis dimana Anda hanya perlu mengambil satu buah lemon. Lalu belah menjadi dua bagian dan peras sampai keluar air lemonnya. Selanjutnya pindahkan pada wadah yang memiliki semprotan atau botol semprot. Terakhir cukup aplikasikan saja pada tempat yang dijangkau oleh semut.

Lemon ini memiliki keasaman yang stabil jadi hanya memerlukan sedikit cairan saja untuk bisa mengusir semut secara maksimal.

6. Daun Sirih

Daun sirih adalah salah satu bahan alam yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan manusia. Namun siapa sangka bahwa daun sirih ini juga memiliki manfaat cukup efektif untuk mengusir semut. Daun sirih adalah bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah bahkan dalam jumlah yang banyak sekalipun.

Cara penggunaan daun sirih ini ada dua macam yang pertama langsung menumbuknya kemudian meletakkannya pada sarang semut. Untuk cara keduanya adalah merebus daun sirih kemudian diambil air dan diletakkan pada botol semprot. Lalu cukup semprotkan saja pada lintasan semut dan sarang semutnya.

7. Cengkeh

Dengan perkebunan cengkeh atau memiliki stok  cengkeh yang melimpah? Mungkin bahan cengkeh yang satu ini bisa digunakan untuk bahan efektif dalam pengusiran semut. Cengkeh memiliki aroma yang menyengat dan tidak disukai oleh semut karena akan merasa terganggu indra penciumannya.

Cara penggunaan cengkeh ini hanya perlu meletakkan cengkeh pada lintasan semut atau langsung memasukkannya pada sarang semut agar lebih efektif untuk membunuh semut dalam jumlah yang banyak. Aroma cengkeh ini cukup awet bahkan untuk beberapa hari jadi tidak perlu melakukan pergantian yang terlalu sering.

8. Bubuk Kopi

Cara mengusir semut api agar tidak datang lagi berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi juga memiliki aroma yang pahit dan menyengat sehingga bisa digunakan untuk menangkal semut agar tidak datang ke rumah. Bubuk kopi juga bahan yang aman untuk anggota keluarga.

Bubuk kopi juga memiliki harga yang sangat terjangkau dan penggunaan dari bahan ini juga cukup praktis. Hanya perlu menaburkan bubuk kopi pada lintasan semut dan juga pada sarang semutnya langsung. Bubuk kopi bisa mengusir semut cukup efektif dengan waktu yang cepat.

Itulah beberapa cara mengusir semut merah agar tidak datang lagi ala Bintoro Pest yang bisa digunakan untuk terhindar dari koloni semut yang mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.