22 January

Cara Mengusir Semut Dengan Kopi dan Bahan Lainnya

Tanpa harus repot, Anda bisa melakukan pengusiran semut menggunakan bahan yang mudah ditemui seperti cara mengusir semut dengan kopi. Kopi dipilih karena memiliki aroma menyengat dan tidak disukai semut sementara bagi penghuni rumah tetap aman digunakan. Bahkan harga dari kopi sendiri juga tidak mahal sehingga bisa digunakan dalam jumlah banyak.

Namun ada beberapa bahan yang mungkin menimbulkan alergen pada penghuni rumah seperti tidak menyukai aroma kopi ini. Jadi Anda bebas mengganti bahan kopi dengan bahan lainnya yang juga efektif untuk digunakan.

Daftar Isi

Cara mengusir semut dengan kopi dan bahan lainnya

1. Bedak Tabur

cara mengusir semut dengan kopi

Bedak tabur adalah salah satu produk yang memiliki harga bervariasi tergantung merek dan kandungannya. Untuk proses pengusiran semut ini pilihlah bedak yang murah atau bedak bayi karena lebih banyak isinya. Bedak tabur memiliki aroma wangi yang lekat dan menimbulkan efek licin pada tempat yang ditaburinya.

Anda bisa menggunakan bedak tabur ini untuk mengusir semut pada tempat-tempat yang dekat dengan keluarga. Bedak tabur tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk manusia bahkan hewan peliharaan. Jadi penggunaannya cukup efektif jika diperlukan di dalam rumah.

2. Sabun Cuci Piring

cara mengusir semut dengan kopi

Cara mengusir semut dengan alami kedua yang bisa dilakukan adalah menggunakan sabun cuci piring. Life hack dengan menggunakan sabun cuci piring bukan menjadi berita baru lagi terlebih untuk urusan kebersihan dan juga pengusiran serangga. Formula dari sabun cuci piring dirasa lebih kompleks dibandingkan jenis sabun lainnya.

Untuk pengaplikasiannya terhadap proses pembasmian semut mudah saja hanya perlu mencampurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air. Kemudian memindahkannya pada wadah semprot dan mengocoknya agar merata. Pemilihan wadah semprot ini bertujuan untuk mempermudah proses pengaplikasiannya.

Langsung saja semprotkan pada bagian yang sering digunakan jalur semut seperti jendela dan pintu rumah. Anda juga bisa langsung menyemprot barisan semut yang sedang berjalan untuk membubarkan koloninya. Sabun cuci piring ini juga banyak digunakan untuk membunuh koloni semut pada sarang semutnya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Semut Merah Di rumah

3. Garam

cara mengusir semut dengan kopi

Bahan dapur rumahan berikutnya yang juga bisa digunakan untuk mengusir semut adalah garam. Garam dapur memiliki harga yang terjangkau bahkan sekali membeli bisa langsung mendapatkan dalam jumlah banyak. Disarankan untuk menggunakan jenis garam halus agar lebih rapi saat digunakan.

Garam ini bisa digunakan untuk membuat gundukan pada sekitar rumah semutnya. Dengan begitu semut akan kesulitan untuk keluar dari wilayah rumahnya. Disarankan untuk membuat gundukan dengan ukuran 2 cm agar lebih aman dan susah dijangkau oleh semutnya.

Garam ini juga bisa ditaburkan langsung pada bagian rumah semut atau bagian lain yang sering digunakan semut untuk berlindung. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebelum penaburan ini area yang akan ditaburi harus dalam keadaan kering. Garam sangat rentan hilang dan larut pada kondisi lingkungan yang berair dan lembap.

4. Bubuk Kayu Manis

cara mengusir semut dengan kopi

Memang tidak menjadi rahasia lagi jika semut paling tidak suka dengan aroma menyengat bubuk bumbu dapur. Cara mengusir semut di rumah keempat yang bisa dilakukan adalah dengan cara menggunakan bubuk kayu manis. Bubuk kayu manis memiliki aroma yang menyengat dan cenderung tidak disukai oleh semut.

Bubuk kayu manis ini juga sekaligus bisa digunakan untuk meredam sebuah bau yang tidak sedap di dalam ruangan. Jadi sekali jalan Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Cara penggunaannya juga tidak ribet hanya dengan menaburkannya pada tempat-tempat yang biasa menjadi lintasan semut atau area sekitar rumahnya.

Namun bubuk kayu manis ini bisa saja mengalami penurunan pada baunya ketika sudah digunakan beberapa hari. Jadi jangan lupa untuk membersihkan bubuk yang sudah tidak berbau dan menggantinya dengan bubuk yang baru.

5. Cengkeh

cara mengusir semut dengan kopi

Selain kayu manis ternyata bahan dapur berikutnya yang juga tidak disukai oleh semut adalah cengkeh. Cengkeh ini juga memiliki aroma yang cukup kuat bahkan tanpa dibuat bubuk pun aromanya sudah sangat keluar. Cengkeh ini bisa langsung digunakan untuk mengusir semut dan menyerap bau yang ada di dalam rumah.

Bahkan dalam penggunaannya Anda tidak perlu menggunakan cengkeh dalam jumlah yang banyak. Untuk ukuran satu ruangan standar cukup letakkan cengkeh dengan jumlah maksimal 10 biji karena aromanya sudah cukup menyebar ke seluruh ruangan. Dengan begitu serangga dan juga semut tidak akan berani masuk pada ruangan tersebut.

6. Bubuk Cabai Rawit

Tidak memiliki bubuk kayu manis dan cengkeh untuk pengusiran semut tidak menjadi masalah karena Anda bisa menggunakan bubuk cabai rawit. Banyak yang tidak tahu jika si pedas yang dikeringkan ini merupakan musuh besar untuk semut. Namun bubuk cabai yang bisa digunakan hanyalah bubuk cabai murni yang tidak diberikan campuran perasa di dalamnya.

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah hanya dengan menaburkannya pada spot-spot yang banyak semutnya. Dikarenakan aromanya yang menyengat dan rawan menimbulkan bersin, lebih baik dijauhkan pada jangkauan keluarga dan juga binatang peliharaan agar tidak memakannya.

7. Tepung Maizena

Cara mengusir semut dengan mudah ketujuh yang bisa dipilih adalah memanfaatkan tepung maizena untuk mengusir semut. Biasanya tepung maizena ini ditaburkan begitu saja pada tempat-tempat yang dekat dengan rumah semut atau di dalam rumah semutnya sendiri.

Untuk jebakan semut dalam jumlah besar Anda cukup mencampurkan tepung ini dengan air sampai terbentuklah sebuah adonan. Barulah letakkan pada tempat yang biasa didatangi oleh semut. Maka semut itu akan menempel pada adonan ini. Jangan lupa untuk membersihkan sisa adonan yang sudah banyak ditempeli semut.

8. Cuka

Langkah berikutnya yang bisa dicoba adalah memakai cuka dan air untuk cairan pembasmi semut. Campurkan beberapa tetes cuka dengan air kemudian semprotkan pada bagian yang sering didatangi oleh semut. Cuka ini menimbulkan bekas yang lengket sehingga jangan lupa untuk menggunakan lap sebagai bahan pembersihan sisa cukanya.

Bau cuka ini memang tidak begitu mengganggu untuk manusia, namun bagi semut aroma ini sudah cukup menyengat meskipun tidak terlihat wujudkan karena berbentuk cairan. Sangat cocok untuk penyemprotan pada sekitar tempat sampah, sarang semut dan juga area jendela dan pintu.

9. Kopi

Memang sudah bukan rahasia lagi jika kopi ini banyak digunakan untuk pengusiran serangga seperti semut. Aromanya yang lezat justru menjadi pengganggu bagi semut. Bahkan jika ditaburkan pada tempat yang dekat dengan makanan tidak akan memberikan efek berbahaya apa pun.

Kopi ini cukup ditaburkan saja pada tempat-tempat yang menjadi lintasan semut dan juga sarang semut untuk mengusirnya. Jangan lupa untuk membersihkan sisa bubuk kopi yang aromanya sudah tidak ada lagi. Aroma kopi ini juga bisa membantu menyerap aroma tidak sedap di dalam ruangan.

Itulah beberapa pilihan bahan yang digunakan sebagai cara mengusir semut dengan kopi dan alternatif lainnya secara efektif dan mudah. Semoga artikel Bintoro Pest ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *