19 February

Cara Mengusir Nyamuk di Rumah dan Pencegahannya

Anda wajib tahu beberapa cara mengusir nyamuk di rumah yang tepat. Pengusiran nyamuk dengan cara yang tidak sesuai justru akan membuang-buang waktu dan membuat perkembangan nyamuk semakin pesat. Nyamuk tidak hanya mengganggu dalam segi suara dan gigitan namun ada penyakit serius yang mengintai di baliknya.

Beberapa metode pengusiran nyamuk bisa saja Anda terapkan baik yang alami ataupun menggunakan obat buatan pabrik asalkan sesuai dengan situasi dan kondisi. Simak cara mengusir hama nyamuk di rumah dan pencegahannya ala Bintoro Pest.

Daftar Isi

Cara mengusir nyamuk di rumah dengan mudah dan efektif

1. Menggunakan bahan alami

cara mengusir nyamuk di rumah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengusir nyamuk adalah memanfaatkan bahan alami yang ada. Biasanya bahan alami yang mampu mengusir nyamuk ini memiliki karakteristik bau yang sangat kuat dan khas. Bahan ini juga banyak dipakai untuk bahan campuran lotion nyamuk atau obat nyamuk buatan pabrik.

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk adalah bunga Lavender. Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau bunga berwarna ungu ini memang mampu memberikan aroma wangi yang sangat kuat. Bunga ini banyak disulap menjadi minyak atau sekedar sebagai hiasan rumah anti nyamuk. Anda bisa memilih antara yang bunga asli ataupun yang sudah terolah menjadi minyak.

Bahan kedua yang juga tidak kalah ampuh dalam mengusir nyamuk adalah serai. Bahan pembuat bumbu dapur yang wangi ini juga mampu menimbulkan aroma yang kuat untuk mengusir nyamuk. Anda hanya perlu memotong-motong beberapa buah serai dan letakkan pada tempat yang banyak nyamuknya.

Bahan alami lain yang bisa Anda coba berupa kulit jeruk kering, geranium dan juga bawang putih. Pilih saja yang sekiranya murah dan terjangkau.

2. Obat nyamuk

cara mengusir nyamuk di rumah

Selain dari bahan alami cara mengusir nyamuk di rumah dengan mudah kedua adalah menggunakan obat nyamuk olahan pabrik. Alternatif ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu mencari bahan alami pengusir nyamuk tersebut. Obat nyamuk ini memiliki banyak bentuk seperti likuid elektrik, bakar maupun spray.

Obat nyamuk bakar adalah obat nyamuk yang pertama kali terkenal di Indonesia. Ciri dari obat nyamuk ini adalah adanya asap dan juga api yang membakar habis lingkaran spiral dari obat nyamuknya. Jenis obat nyamuk ini tidak boleh berada dekat dengan penghuni rumah karena bisa sesak nafas.

Kemudian yang kedua ada obat nyamuk spray, jenis yang satu ini penggunaannya harus disemprotkan pada keseluruhan ruangan ketika tidak ada orang di dalamnya. Barulah beberapa saat kemudian Anda bisa kembali menghuni ruangannya. Yang terakhir ada likuid elektrik yang menggunakan aliran listrik untuk menghidupkannya.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Nyamuk Secara Alami dan Praktis

3. Lakukan pengecekan dan pembersihan

cara mengusir nyamuk di rumah

Nyamuk senang sekali menempati ruangan atau tempat yang lembap dan gelap apalagi ada genangan air di dalamnya. Seperti halnya dengan rumah yakni pada bagian bak penampungan air dan juga wastafel. Anda wajib melakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala untuk menghindari perkembangan jentik nyamuk.

Anda yang memiliki vas bunga berisikan air juga harus waspada dengan mengganti airnya sesering mungkin. Vas bunga ini juga rawan sebagai tempat jentik-jentik nyamuk berkembang menjadi nyamuk dewasa. Air yang keruh dan berlumut adalah tempat yang paling banyak menghasilkan nyamuk. Jangan lupa juga cek tandon penampungan air.

4. Pembunuh nyamuk elektrik

cara mengusir nyamuk di rumah

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah memakai pembunuh nyamuk elektrik. Pertama Anda bisa menggunakan raket nyamuk yang mampu membunuh nyamuk seketika ketika mengenai sasarannya. Anda hanya perlu menggerak-gerakkan raket demi menjangkau target nyamuknya.

Kemudian ada lampu listrik yang kinerjanya hampir sama dengan raket nyamuk. Hanya saja jenis lampu ini tidak memerlukan tenaga yang banyak karena setiap nyamuk yang mendekat sudah pasti tersetrum oleh sengatan listriknya. Lampu listrik yang satu ini banyak dipakai untuk kepentingan ruangan yang lebih luas.

5. Hindari tumpukan baju kotor

cara mengusir nyamuk di rumah

Cara mengusir nyamuk di rumah secara alami berikutnya adalah menghindari tumpukan baju kotor. Baju kotor menimbulkan suasana ruangan yang gelap dan lembap sehingga mengundang nyamuk untuk datang bersarang. Baju kotor semakin menambah tumpukannya maka semakin banyak nyamuk yang datang.

6. Hindari celah udara yang berlebihan

cara mengusir nyamuk di rumah

Anda memang membutuhkan sirkulasi udara dan cahaya matahari untuk kesehatan ruangan namun jika celahnya berlebihan akan membuat nyamuk dan serangga lain bisa masuk dengan mudah. Untuk menghindari hal ini Anda bisa menutup celah sementara menggunakan lakban atau selotip. Kemudian bisa Anda buka kembali jika nyamuknya sudah pergi.

Jenis penyakit yang terjadi akibat gigitan nyamuk

Anda wajib tahu bahwa nyamuk ini tidak hanya meninggalkan gigitan yang gatal, bentol dan memerah melainkan ada penyakit berbahaya lain yang mengintai. Adapun jenis penyakit yang timbul akibat gigitan nyamuk bisa dilihat di bawah ini:

• Virus zika

cara mengusir nyamuk di rumah

Jika nyamuk yang menggigit membawa virus ini maka efek samping yang akan terjadi adalah mata merah, ruam, nyeri sendi, dan juga demam tinggi. Efek parah dari gigitan nyamuk ini adalah kecacatan pada janin bayi, kematian janin bahkan sampai keguguran untuk dampak yang sangat serius.

Virus zika dari nyamuk ini juga bisa dengan mudah ditularkan pada orang lain melalui hubungan ibu dengan bayi dan juga saat hubungan seks.

• Chikungunya

Virus yang satu ini sempat menggemparkan Indonesia beberapa tahun yang lalu karena proses penularan dan efek samping yang begitu pesat. Umumnya gejala yang terjadi tidak langsung tersampaikan dalam waktu dekat melainkan maksimal 7 hari setelah mendapat gigitan nyamuk.

Efek ringannya berupa ruam, pembengkakan sendi, nyeri otot, sakit kepala dan nyeri sendi yang berkepanjangan. Untuk efek serius dari virus ini adalah ketika orang yang terinfeksi memiliki riwayat medis yang serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

• Malaria

Selain mencari tahu cara mengusir nyamuk di rumah ampuh Anda juga wajib tahu bahwa penyakit Malaria ini sangat mudah menyebar melalui gigitan nyamuk. Prosesnya bermula ketika nyamuk menggigit pasien yang sudah terjangkit malaria kemudian berpindah menggigit orang yang masih sehat.

Gigitan nyamuk ini disertai perpindahan parasit yang berbahaya untuk tubuh sehingga orang tersebut juga akan terjangkit malaria dalam waktu yang dekat.

• Demam berdarah

Salah satu penyakit yang menimbulkan kematian dalam waktu yang cepat ini juga merupakan akibat dari gigitan nyamuk. Virus yang menjadi penyebabnya adalah virus dengue dari nyamuk Aedes Aegypti. Sama seperti malaria bahwa nyamuk ini juga sangat cepat menyebarkan penyakit DBD dari orang satu ke orang lainnya.

• Filariasis

Penyakit selanjutnya yang juga mengerikan adalah filariasis atau yang sering memiliki sebutan penyakit kaki gajah. Penyakit ini terjadi akibat adanya cacing mikroskopis yang menyerang lapisan kulit manusia. Penyebaran penyakit ini juga didukung oleh gigitan nyamuk yang membawa cacing parasit tersebut.

Itulah beberapa cara mengusir nyamuk di rumah dan jenis penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.