6 January

Cara Mengusir dan Membasmi Cicak Dari Rumah

Cicak adalah hewan yang banyak ditakuti karena jijik dengan keberadaannya. Untuk mengantisipasi pertumbuhan cicak yang terlalu banyak di rumah Anda perlu mengetahui cara mengusir cicak yang tepat.

Cara pengusiran ini lebih baik dilakukan dengan cara yang alami sehingga tidak berdampak buruk untuk sekitarnya. Bahan-bahan yang ada di rumah atau sekitar nyatanya bisa digunakan untuk mengusir cicak agar tidak kembali ke rumah lagi. Simak artikel Bintoro Pest seperti berikut ini.

Daftar Isi

Tips bagaimana cara mengusir cicak di rumah

1. Gunakan tembakau

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk pengusiran cicak ini adalah tembakau. Tembakau memiliki aroma yang cukup menyengat sehingga tidak disukai oleh cicak. Cicak yang hidup bergerombol mudah terganggu dengan aroma yang terlalu pekat karena menganggapnya sebagai suatu ancaman.

Cara yang perlu dilakukan dengan tembakau ini cukup dengan meletakkan tembakau secukupnya pada sudut-sudut rumah tempat cicak ini banyak berkeliaran. Namun jika tidak suka dengan bau tembakau atau tidak terbiasa bisa menggantinya dengan minyak tembakau atau minyak dengan aroma tembakau.

Tembakau dan minyak dengan aroma tembakau ini mudah untuk dicari jadi ketika aromanya sudah mulai hilang bisa langsung diganti dengan yang baru.

2. Pasang AC

Jika kondisi ruangan dalam rumah memungkinkan untuk dipasang AC maka cara membasmi cicak berikutnya bisa menggunakan AC. Cicak adalah spesies hewan dengan darah yang panas sehingga tidak bisa terlalu lama berada pada lingkungan yang dingin.

Gunakan AC untuk meminimalisir datangnya cicak ke dalam ruangan yang cukup mengganggu ini. Namun ketika menggunakan AC jangan lup untuk bijak dalam penggunaannya seperti penggunaan suhu dan kebersihan ruangan yang terjaga. Penggunaan AC yang terlalu sering juga berdampak tidak baik untuk kesehatan.

Pemasangan AC ini juga tidak direkomendasikan untuk penggunaan pada ruangan yang terlalu dingin. Ruangan yang terlalu dingin membuat suhu terlalu rendah jika ditambah dengan penggunaan AC ini. Jadi tentu membuat anggota rumah di dalam ruangan merasa kedinginan dan tidak nyaman.

 

Baca Juga : 5 Cara Mengusir dan Membasmi Kecoa Sampai Tuntas

 

3. Jangan biarkan makanan terbuka

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya dimana cicak ini memiliki penciuman yang tajam sehingga cukup menyukai aroma makanan yang terbuka lebar. Cicak tertarik dengan aroma makanan yang lezat sehingga gerombolan ini akan menjilati makanan yang tersedia dengan lapang.

Selain menjijikkan air liur cicak juga tidak baik untuk kesehatan ketika termakan oleh manusia. Air liur cicak ini mengandung kuman yang berbahaya untuk manusia jadi jangan biarkan cicak menjilati makanan yang tersedia. jangan lupa untuk menutup makanan yang terbuka dengan tudung saji secara rapat. Hal ini bisa menghalau cicak datang untuk mendekati makanan tersebut.

4. Bersihkan rumah

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara membersihkan rumah secara rutin. Kondisi rumah yang kotor dengan banyaknya sarang laba-laba di pojokan langit-langit rumah adalah pemicu utama datangnya cicak ini. Hal ini didukung dengan banyaknya nyamuk yang menjadi makanan dari cicak.

Jadi pastikan tidak ada sarang laba-laba dan tempat lain sebagai tempat berkembang nyamuk. Selain lebih nyaman dan bisa menangkal datangnya cicak untuk mencari makanan. Rumah yang bersih juga membuat serangga lain tidak akan datang ke rumah jadi kondisi rumah semakin sehat dan aman dari penyakit.

5. Halau ventilasi

Cara mengusir cicak dari rumah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menutup semua akses masuk yang bisa dijadikan cicak sebagai jalannya. Bisa diakali dengan memasang penghalau atau penyaring nyamuk pada bagian ventilasinya. Selain bisa menghalau cicak untuk datang sekaligus juga dengan serangga lain yang mengganggu.

Cukup efektif dibandingkan dengan menutup ventilasi secara keseluruhan padahal hawanya sedang panas. Tentu cukup mengganggu kenyamanan di dalam rumah jika harus ditutup keseluruhannya. Dalam jaring-jaring tersebut bisa diberikan perangkap dari double tip untuk memerangkap cicak agar jera dan tidak akan datang kembali.

Akibat jika hama cicak tidak segera diatasi

Ternyata selain menjijikkan dan mengganggu pandangan, cicak ini juga memberikan dampak yang serius di dalam rumah jika tidak diusir secepat mungkin. Kebanyakan gerombolan cicak akan betah tinggal di dalam rumah bahkan sampai berkembang biak di dalam rumahnya.

Adapun beberapa akibat yang ditimbulkan dari cicak ini ada di bawah:

  • Rumah Selalu Kotor

Akibat pertama yang disebabkan karena adanya cicak di dalam rumah adalah rumah yang selalu kotor dan tidak baik untuk kesehatan orang di dalamnya. Bukan hanya bekas air liur dan kaki cicak yang kotor namun cicak yang terlanjur tinggal di dalam rumah juga akan menyisakan kotoran yang mengganggu kebersihan rumah.

Bahkan telur cicak yang berceceran juga cukup mengganggu ketika terinjak. Cicak selalu membawa kotoran sama halnya dengan tikus. Jadi selama cicak masih berada di dalam rumah maka telur dan kotorannya akan semakin bertambah. Apalagi jika didukung dengan pembersihan rumah yang tidak serius.

Rumah yang selalu kotor ini akan memberikan bau yang tidak sedap, kesehatan anggota rumah yang terganggu sampai dengan makanan yang bercampur dengan kuman. Jadi jangan lengah untuk menjaga kebersihan rumah agar cicak tidak betah dan pergi dari rumah karena kondisinya bersih dan tidak menemukan makanannya.

  • Bau yang tidak sedap

Setelah mengetahui tentang cara membasmi cicak Anda juga harus siap dengan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak sedap ini disebabkan karena kotoran cicak dan juga air kencingnya yang ada di mana-mana. Bukan hanya ada di langit-langit rumah namun juga ada di kain-kain yang digunakan di dalam rumah.

Bau ini tentu sangat mengganggu untuk kenyamanan pemilik rumah bahkan tidak sehat untuk dihirup. Bahayanya jika kotorannya menempel pada makanan bisa menyebabkan kuman masuk ke dalam tubuh manusia. Jika menempel pada kain akan membuat kulit menjadi teriritasi.

Bau yang tidak sedap ini bisa diatasi dengan pembersihan kotoran cicak dan memberikan wewangian untuk menangkal cicak datang kembali. Dengan begitu cicak tidak akan kembali ke rumah.

  • Menyebabkan Infeksi E.Coli

Perlu diketahui oleh Anda bahwa cicak ini membawa bahaya yang cukup nyata yakni infeksi E. Coli. Bakteri ini bisa dibawa cicak ketika melewati benda atau makanan yang dekat dengan manusia. Seperti contohnya ketika cicak melewati gelas, makanan dan benda lain yang sering disentuh oleh manusia.

Infeksi E.Coli ini untuk akibat sederhananya bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang ringan sampai yang parah. Bahkan untuk puncaknya penderita bisa merasakan sakit perut dan diare yang tak tertahankan. Infeksi ini bisa mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lebih serius.

Jadi jika di rumah ada banyak cicak tentu Anda perlu memperhatikan setiap benda atau makanan serta cara penyimpanannya. Jangan lupa mencuci piring, gelas dan juga sayuran mentah yang ada di rumah sebelum di masak dan digunakan. Lebih berhati-hati dalam meletakkan benda dan makanan agar jauh dari jangkauan.

Itulah beberapa cara mengusir cicak yang bisa digunakan Anda untuk membasmi cicak yang berkeliaran di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *