Enter the content which will be displayed in sticky bar

Cara Mengobati Sengatan Lebah Agar Tidak Bertambah Parah

Cara mengobati sengatan lebah sebaiknya segera dilakukan karena jika dibiarkan reaksi alergi bisa bertambah parah. Sengatan lebah memang biasanya dapat menimbulkan reaksi alergi, meski ada juga beberapa orang yang tidak mengalaminya. Hal ini karena lebah memiliki alat penyengat yang mengandung racun sehingga saat seseorang terkena sengat lebah, racun pun seperti disuntikkan ke tubuhnya. Kemudian pada area yang disengat bisa timbul reaksi alergi seperti bengkak.

Bahaya sengatan lebah

Untungnya efek dari sengatan lebah umumnya ringan dan jarang menyebabkan kematian, apalagi jika yang menyengat hanya 1-2 ekor lebah dan tidak bergerombol. Efek sengatan seperti ini dapat ditangani secara mandiri di rumah. Akan tetapi, jika sengatan yang diterima amat banyak atau apabila orang yang disengat memiliki alergi pada racun dari sengat lebah maka penanganan dari dokter lebih direkomendasikan.

Pada umumnya lebah dan tawon berbeda, lebah hanya bisa menyengat sekali saja sedangkan tawon berkali-kali. Hal ini karena ketika lebah menyengat, maka sengat yang dimilikinya akan copot dan tertinggal menempel pada benda atau makhluk yang disengatnya. Sedangkan tawon tidak.

Lebah sendiri akan menyengat saat merasa terancam dan sengatan yang mengandung racun tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri dan bengkak. Orang yang berada di area hutan atau area budidaya lebah akan lebih beresiko tersengat lebah. Bahkan risiko disengat lebah bisa meningkat jika Anda memakai pakaian warna terang, memakai parfum atau saat sedang mengonsumsi minuman/ makanan manis karena lebah tertarik pada warna cerah dan bau yang menyengat.


Gejala sengatan lebah

Ada banyak pertanda disengat lebah yang bisa dilihat dalam bentuk gejala yang ditimbulkan ketika seseorang kena sengatan lebah. Gejala tersebut bervariasi mulai dari ringan hingga reaksi yang cukup berat. Reaksi gejala sengatan lebah yang ringan antara lain seperti: pembengkakan di area yang tersengat, rasa panas dan nyeri dan muncul bentol. Untungnya gejala ini bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa jam. Cara mengobati sengatan lebah madu untuk reaksi ringan ini juga lebih gampang.

Namun bengkak dan bentol tersebut juga ada yang dapat bertahan dan meluas selama 2-3 hari atau 5-10 hari tergantung dari reaksi tubuh seseorang. Orang yang punya alergi terhadap racun lebah bisa lebih beresiko sampai terancam nyawanya. Berikut ini gejala atau tanda-tanda reaksi lebah yang berat:

  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Pusing
  • Kulit kelihatan pucat
  • Sesak nafas
  • Susah menelan
  • Muka membengkak
  • Hilang kesadaran/ pingsan

Jika setelah disengat lebah terjadi gejala-gejala atau reaksi di atas, maka sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan. Pada orang yang memiliki reaksi alergi sengatan lebah yang hebat, maka dokter di IGD biasanya akan melakukan tindakan pertolongan penyelamatan lebih dulu.

Untuk mereka yang memiliki gejala sesak nafas parah setelah disengat lebah, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit. Berikan bantuan nafas buatan atau CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) hingga pertolongan medis datang.

Sebaliknya, kalau reaksi alergi yang diterima ringan, maka dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap luka sengatan. Meski mengobati sengatan lebah di rumah untuk reaksi alergi semacam ini juga dapat dilakukan. Tes alergi bermanfaat pula untuk memastikan apakah pasien punya alergi pada racun lebah.

Cara mengobati sengatan lebah untuk pertolongan pertama di rumah

Sebagian besar kasus disengat lebah, hanya menimbulkan gejala yang ringan dan tidak parah. Itulah sebabnya Anda bisa mempraktikkan cara mengobati sengatan lebah atau tawon untuk alergi ringan sebagai berikut:

  1. Mencabut sengat lebah yang tertinggal di kulit

Pada lebah, biasanya sengat akan tertinggal dan tertusuk di bagian kulit yang disengat. Anda dapat meraba area kulit tersebut untuk mencabut sengat lebah yang tertinggal. Gunakan tangan untuk mencabutnya, jangan memakai pinset atau menekan sengat terlalu keras karena bisa jadi racun yang sisa dalam sengat malah akan semakin keluar dan membuat racun lebih banyak masuk. Jangan lupa cucilah area sengatan setelah dicabut sengatnya. Anda bisa cuci dengan memakai air dan sabun.

  1. Kompres dengan es batu/ air dingin

Untuk cara mengobati sengatan lebah yang sudah bengkak dan kelihatan memerah, maka sebaiknya area yang disengat lebah dikompres dengan es batu atau air dingin. Anda cukup mengambil es batu yang dibungkus handuk bersih atau cukup ambil botol air dingin kemudian tempelkan langsung ke bagian tubuh yang bengkak.

Kalau bagian yang disengat adalah tangan atau kaki, maka posisikan tangan atau kaki lebih tinggi daripada tubuh Anda. Jika Anda memakai aksesoris atau perhiasan di bagian yang disengat, maka lebih baik dicopot terlebih dahulu supaya tidak memperparah pembengkakan.

  1. Menggunakan obat penghilang rasa sakit

Biasanya reaksi alergi ringan juga dapat menimbulkan rasa sakit seperti rasa nyeri dan panas. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit. Anda dapat memakai obat seperti acetaminophen atau ibuprofen. Jika yang disengat masih di bawah 19 tahun, maka sebaiknya jangan memberikan aspirin.

Untuk mengobati reaksi alergi seperti rasa gatal, gunakan obat antihistamin atau kalau mau yang lebih alami, dapat membuat larutan baking soda kemudian tinggal dioleskan langsung di bagian yang gatal. Menangani atau meredakan rasa gatal dan bengkak juga dapat mengoleskan losion kalamin. Dan jangan pernah menggaruk bagian yang gatal karena dapat memperparah bengkak dan rasa gatal bahkan dapat sampai menimbulkan infeksi.

Setelah Anda mempraktekkan cara mengobati sengatan lebah yang sudah bengkak atau belum di atas, maka selalu jaga kebersihan untuk mencegah terjadinya infeksi. Tutup dengan kain kasa yang bersih jika memang perlu. Sengatan lebah dengan reaksi ringan pada umumnya akan cepat membaik hanya dalam waktu 2-5 hari.

8 Cara mengobati sengatan lebah dengan obat alami

Selain melakukan pertolongan pertama di atas, ada beberapa obat alami untuk mengobati sengatan lebah atau tawon yang bisa dicoba. Beberapa pengobatan tersebut dapat meringankan gejala atau reaksi alergi yang ditimbulkan oleh sengatan lebah. Obat-obatan yang ada antara lain seperti:

  1. Es batu

Seperti yang sudah diterangkan di atas, es batu dapat membantu mengatasi sengatan lebah untuk pertolongan pertama. Anda hanya perlu membersihkan bagian sengatan lebah dengan air dan sabun untuk membilas sisa racun lebah. Setelah itu ambil bongkahan es batu, masukkan ke dalam plastic dan balut dengan handuk yang tipis dan bersih. Tempelkan langsung ke area yang bengkak karena sengat selama kurang lebih 10-15 menit. Gunanya untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit dan kemerahan. Setelah itu angkat dan diamkan kulit, kalau memang mau diulang ditunggu sekitar 10 menit lagi baru dikompres kembali.

  1. Daun tembakau

Cara mengobati sengatan lebah dapat dinetralkan dengan menggunakan obat alami seperti daun tembakau. Anda bisa memanfaatkan daun tembakau baik yang basah atau kering untuk mencegah penyebaran racun lebah yang masuk ke tubuh Anda setelah disengat.

Kandungan nikotin pada tembakau merupakan cara alami untuk mengatasi bisa racun pada banyak luka gigitan atau sengatan beberapa hewan termasuk lebah. Cara memakainya tinggal mencabut jarum sengat yang menempel di kulit, kemudian kunyah daun tembakau agar bercampur dengan ludah. Setelah itu, tempelkan pada area luka sengatan lebah.

  1. Pasta soda kue

Cara menghilangkan bengkak karena disengat lebah bisa memakai beberapa bahan ramuan dengan pengolahan yang gampang. Bahan yang dipakai adalah pasta soda kue yang dicampur dengan bahan-bahan seperti asam cuka dan bubuk daun pepaya. Pakai perbandingan 1:1:1 untuk takaran ketiga bahan tersebut. Buat dan campur sampai merata sempurna dan membentuk adonan seperti pasta.

Pasta yang sudah jadi dioleskan ke bagian tubuh yang disengat lebah, mungkin Anda akan mendengar suara seperti mendesis ketika obat ditempelkan. Ini normal karena merupakan reaksi obat pasta soda kue. Oleskan dan biarkan hingga mengering selama kurang lebih 20 menit. Jika kulit atau luka sengat masih terasa sakit, bisa diulangi mengoleskan pasta tersebut setelah beberapa saat.

  1. Pasta gigi/ odol

Racun dari sengatan lebah yang tertinggal bersifat asam sehingga untuk menetralkan racun tersebut maka dapat menggunakan bahan alami seperti pasta gigi atau odol. Caranya dengan mengoleskan pasta gigi/ odol di sekitar letak sengatan lebah secara merata selama kurang lebih 2 jam sampai pasta yang dioleskan mengering. Saat dioles, Anda akan merasakan rasa hangat seakan luka sengatan sedang digaruk.

  1. Madu

Obat digigit tawon yang sudah bengkak maupun karena sengatan lebah yang sudah lama bisa memakai madu. Akan lebih baik memakai madu yang alami untuk menghilangkan bengkak atau rasa sakit akibat sengatan lebah. Oleskanlah madu alami tersebut pada kulit yang membengkak akibat sengatan lebah, nanti Anda akan merasakan sensasi lembut dan dingin yang nyaman untuk meringankan nyeri dan bengkak di kulit.

Madu mengandung senyawa yang fungsinya dapat meredakan pembengkakan serta peradangan. Sifat anti-bakteri yang terdapat di dalam madu ini juga dapat membantu mencegah infeksi serta membuat penyembuhan pada kulit lebih cepat. Hanya saja oleskan madu di tempat yang tertutup agar tidak menarik lebah lain datang.

  1. Deodorant

Deodorant rupanya tidak hanya dapat digunakan untuk mencegah atau menghilangkan bau keringat pada ketiak. Tapi deodorant dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati sengatan lebah di kulit. Anda bisa menggunakan deodorant merek apa saja asal yang sudah terpercaya. Kemudian oleskan deodorant tersebut ke area yang disengat lebah. Cara ini berguna untuk menghilangkan gejala atau reaksi sengatan seperti denyutan yang muncul karena masuknya racun ke pembuluh darah.

  1. Bawang Bombay

Cara mengobati sengatan lebah secara alami lainnya yang sangat efektif yaitu memakai bawang Bombay. Bumbu dapur ini mengandung minyak atsiri yang bersifat antitoksik. Cukup ambil bawang Bombay dan iris, kemudian tempelkan dan tekan luka sengatan yang ada setelah dicuci bersih. Efek racun yang masih ada di kulit akan berangsur-angsur mati.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah lama dikenal sebagai tanaman dengan banyak sekali manfaat yang dapat diberikan termasuk sebagai obat alami untuk mengatasi sengatan lebah. Gel yang ada pada lidah buaya ini dapat digunakan untuk membantu meredakan peradangan secara alami pada kulit sekaligus melembabkan. Apalagi gel tersebut memiliki sifat anti-bakteri yang membantu mencegah bekas sengatan sehingga tidak menjadi infeksi.

  1. Lotion calamine

Lotion calamine biasanya sering dipakai untuk meredakan gatal-gatal. Namun rupanya lotion ini juga dapat dipakai untuk mengurangi atau meredakan rasa sakit dan nyeri karena sengatan tawon atau lebah. Cobalah ambil lotion calamine dan oleskan langsung ke bagian yang terkena sengatan. Tunggulah beberapa menit saja sampai gejala atau rasa sakit mereka. Bisa diulangi sampai beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi gejala yang ad ajika memang perlu.

  1. Kentang mentah

Biasanya setelah disengat oleh lebah, akan ada rasa atau sensasi panas di kulit. Untuk meredakan rasa tersebut, maka ambil dan iris beberapa kentang mentah untuk digunakan sebagai cara mengobati sengatan lebah yang ampuh. Cukup gunakan kentang mentah ukuran sedang dan potong jadi 2 bagian lalu tempelkan irisan kentang pada bagian yang kena sengatan dan membengkak. Luka akan lebih cepat kempis.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat dipakai untuk mengobati sengatan dari lebah atau tawon. Gunakan dan manfaatkan salah satu cara di atas sebagi cara mengatasi gigitan atau sengatan lebah di rumah. Jika memang luka atau gejala yang dialami cukup parah, maka tetap sebaiknya segera diambil tindakan ke dokter.


Cara mencegah sengatan lebah

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, begitu pula dengan mencegah sengatan lebah agar tidak terjadi lagi. Saat ada lebah yang bertebangan, lebih baik tetap tenang dan janga panik. Tutuplah hidung dan mulit Anda, lalu berjalanlah dengan perlahan menuju ruang lainnya atau ruangan tertutup. Jangan mencoba mengusir lebah yang bertebangan karena justru mereka nanti merasa terancam dan menyegat Anda.

Bagi Anda yang suka beraktivitas di luar, resiko tersengat oleh lebah atau tawon tentu lebih besar. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya sengatan lebah dapat dilakukan beberapa hal, seperti:

  • Hindarilah memakai pakaian yang berwarna cerah atau bermotif bunga-bunga karena lebah menyukai warna cerah dan secara tidak langsung dapat memancing lebah.
  • Hindari memakai pakaian yang terlalu longgar supaya lebah tidak masuk dan terperangkap di antara kulit dan pakaian yang Anda kenakan.
  • Jangan lupa gunakan sepatu tertutup saat sedang berada di luar, khususnya tempat-tempat yang sering banyak lebah bertebangan.
  • Hindari mengonsumsi minuman atau makanan yang manis karena dapat memancing lebah untuk terbang datang mendekat.
  • Tutuplah wadah makanan dan minuman yang mengandung gula dengan rapat.
  • Bersihkanlah kotoran hewan dan sampah-sampah yang ada untuk mencegah lebah datang.
  • Hindari membuka jendela terlalu lebar ketika Anda sedang berkendara di dalam mobil.
  • Apabila hendak memangkas tanaman, rumput atau pohon di sekitar taman, maka berhati-hati karena tempat-tempat tersebut sering dijadikan sarang lebah. Jika memang melihat ada sarang lebah, segeralah pindah ke lokasi yang jauh.

Itulah beberapa cara melakukan pencegahan sengatan lebah. Meski sengatan lebah biasa menimbulkan reaksi yang mudah diobati di rumah, namun rasa nyeri dan gatal tetap membuat tidak nyaman. Maka dianjurkan berhati-hati untuk menghindari sengatan lebah.

Kalau sudah terlanjur disengat, dan reaksi yang ditimbulkan tampak mengkhawatirkan maka segera cari bantuan medis untuk cara mengobati sengatan lebah yang parah. Apalagi jika orang tersebut mempunyai syok anafilaktik yang tergolong berat dan dapat mengancam nyawa penderitanya. Semoga informasi artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Deskripsi: Sengatan lebah dapat menimbulkan reaksi alergi ringan hingga parah. Maka lakukan cara mengobati sengatan lebah berikut ini supaya tidak bertambah parah!

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp Kami Disini