17 February

Cara Menghilangkan Nyamuk di Rumah dengan Bahan Alami

Anda wajib tahu mengenai cara menghilangkan nyamuk di rumah yang mujarab untuk dilakukan. Terlebih pada musim hujan seperti ini keberadaan nyamuk tentu sangat mengganggu kenyamanan bahkan saat malam hari menjelang istirahat. Selain itu nyamuk juga berpotensi menimbulkan penyakit seperti alergi kulit dan juga demam berdarah.

Perlu Anda ketahui juga bahwa nyamuk ini memiliki banyak jenis dan karakteristiknya. Dengan mengetahui jenis dari nyamuk akan mempermudah Anda untuk membasmi dan mengantisipasi akibat buruk yang ditimbulkannya.

Daftar Isi

Cara menghilangkan nyamuk di rumah menggunakan bahan alami

1. Kemangi

cara menghilangkan nyamuk di rumah

Kemangi adalah sayuran yang berbau wangi, biasanya bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Kemangi ini sangat cocok untuk teman makan lalapan agar semakin segar sambalnya. Namun selain itu semua ternyata kemangi juga memiliki manfaat khusus untuk mencegah nyamuk datang.

Aroma dari kemangi ini memang sangat menyengat sehingga nyamuk tidak menyukainya. Untuk menggunakan kemangi sebagai pengusir nyamuk juga sangat mudah hanya dengan meletakkan kemangi yang telah bersih pada tempat-tempat yang banyak menjadi sarang nyamuk.

2. Kayu manis

cara menghilangkan nyamuk di rumah

Bahan dapur yang satu ini juga memiliki manfaat khusus untuk mengusir nyamuk dari rumah. Cara menghilangkan nyamuk di rumah permanen juga sangat mudah hanya dengan menggunakan kayu manis atau langsung dari minyak kayu manisnya saja. Uniknya kayu manis ini mampu membunuh nyamuk beserta telur-telurnya.

Anda bisa menggunakan kayu manisnya untuk mencegah nyamuk masuk ke rumah dan juga campuran minyak kayu manis untuk telur nyamuk. Letakkan kayu manis yang sudah halus pada suatu wadah kemudian simpan pada tempat yang sering menjadi sarang nyamuk.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Nyamuk Secara Alami dan Praktis

3. Ampas kopi

cara menghilangkan nyamuk di rumah

Bahan berikutnya yang juga cukup efektif untuk mengusir nyamuk adalah ampas kopi. Ampas kopi ini merupakan bahan yang murah dan mudah untuk Anda beli. Cara penggunaannya hanya perlu menaruhnya pada tempat-tempat yang sering menjadi sarang nyamuk dan tempat berkembang biaknya.

Yang menjadi penangkal nyamuknya adalah aroma dari kopi yang sangat kuat sehingga nyamuk akan terganggu. Jadi ketika aroma dalam kopi yang sudah Anda taruh sebelumnya sudah tidak berbau maka segera bersihkan dan ganti dengan ampas kopi yang baru.

4. Serai

cara menghilangkan nyamuk di rumah

Salah satu bahan yang banyak terdapat dalam pembuatan lotion nyamuk ini juga bisa Anda gunakan tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Cara menghilangkan nyamuk di rumah paling efektif dengan serai ini hanya dengan membakar salah satu ujung dari serai yang telah terpotong sebelumnya.

Lanjut dengan meletakkannya pada tempat-tempat yang sering terdapat banyak kerumunan nyamuk. Aroma serai ini termasuk sangat menonjol sehingga mampu menyerap bau juga di dalam ruangan. Serai ini bisa habis terbakar layaknya lilin jadi hati-hati ketika meletakkannya. Jangan lupa untuk mengganti serai dengan yang baru jika sudah terbakar habis.

5. Jangan gunakan cat dengan warna gelap

cara menghilangkan nyamuk di rumah

Nyamuk identik dengan suasana yang gelap dan lembap jadi untuk area rumah yang berpotensi mengundang nyamuk lebih baik menghindari penggunaan cat dengan warna gelap. Nyamuk sangat suka bersembunyi pada area yang gelap seperti contohnya kolong meja dan kolong tempat tidur.

Anda bisa mengganti opsi cat warna gelap dengan warna cerah yang lebih ceria. Ada beberapa warna yang banyak dipercaya mampu mengusir nyamuk dari rumah seperti kuning kecokelatan, hijau dan putih. Warna-warna ini juga bisa Anda kreasikan sesuai keinginan tema pada setiap ruangannya.

6. Imbangi dengan lampu

Namun jika terlanjur menggunakan cat dengan warna gelap Anda wajib mengimbangi dengan pengadaan lampu. Lampu tidur ini memiliki rona warna yang membuat nyamuk kurang nyaman berada pada ruangan tersebut. Bahkan beberapa lampu tidur sudah diatur memiliki aroma anti nyamuk untuk mengusir nyamuk.

7. Kelambu

Cara yang satu sudah banyak digunakan pada zaman dahulu ketika belum ada obat nyamuk terutama ketika menidurkan bayi dan balita. Kelambu ini memiliki bentuk memutari sekeliling tempat tidur sehingga tidak menyisakan area untuk nyamuk bisa menerobos masuk.

Namun jangan khawatir ketika menggunakannya karena dalam kelambu ini masih ada rongga udara yang mampu mengalirkan udara masuk untuk bernafas. Ada resleting yang berguna untuk Anda masuk dan keluar dari ranjang. Resleting ini juga berguna untuk pasang bongkar kelambu ketika tidak dipakai.

Hati-hati! Ini dia jenis nyamuk dan penyakit yang diakibatkannya

Selain mengenal bahan yang bisa untuk mengusir nyamuk, Anda juga wajib tahu jenis dari nyamuk yang ada di sekitar kita. Adapun jenis-jenis nyamuknya bisa Anda lihat di bawah ini:

• Aedes aegypti

Nyamuk jenis ini cukup meresahkan masyarakat karena bisa menimbulkan banyak jenis penyakit berdasarkan virus yang melekat pada nyamuknya. Ada tiga jenis virus yang dibawa oleh Aedes Aegypti seperti di bawah ini:

  1. Virus Zika

Akibat dari virus yang satu ini sangat fatal untuk ibu hamil. Sementara bagi orang yang tidak sedang hamil hanya akan merasakan nyeri sendi, mata merah dan demam. Namun jika ibu hamil bisa menyebabkan kelahiran bayi dalam keadaan yang cacat. Kecatatan yang terjadi bisa berupa kerusakan otak dan juga ukuran kepala yang kecil.

  1. Chikungunya

Langkah lain dari cara menghilangkan nyamuk di rumah secara alami adalah mengenal jenis nyamuk yang berbahaya seperti chikungunya ini. Anda tentu pernah mendengar wabah yang menyerang beberapa masyarakat melalui nyamuk jenis ini.

Gejala yang ditandai akibat tergigit nyamuk ini adalah sakit kepala, nyeri sendi yang berkepanjangan, demam dan juga ruam yang sulit hilang. Celakanya penyakit dari nyamuk ini tidak bisa sembuh dalam waktu cepat bahkan dalam hitungan minggu dan bulan.

  1. Demam berdarah

Virus kedua yang terjadi adalah demam berdarah dengan gejala mual, muntah dan muncul bintil merah paa tubuh. Jika tidak segera diberikan tindakan serius demam berdarah ini bisa merujuk pada kematian dalam jangka waktu yang singkat.

• Anofeles

Jenis nyamuk berikutnya adalah Anofeles. Nyamuk jenis ini adalah jenis nyamuk yang membawa penyakit malaria. Cara penyebaran penyakit malaria sendiri sangat cepat yakni nyamuk jenis ini akan menyedot darah penderita yang sudah terjangkit malaria terlebih dahulu. Kemudian menggigit orang yang masih sehat.

Perlu Anda tahu bahwa nyamuk ini mampu menyerap bakteri parasit yang ada pada penderita malaria dan memindahkannya pada tubuh orang yang masih sehat. Sehingga dalam jangka waktu pendek orang yang sehat tersebut sudah terjangkit penyakit malaria.

Gejala yang terjadi cukup beragam seperti sakit ringan pada biasanya namun tidak kunjung sembuh seperti nafas yang terlalu cepat, dingin yang menggigil. Demam sangat tinggi sampai melebihi batasan normal, keringat dingin yang mengucur dan juga tidak nafsu makan serta kesulitan tidur.

Biasanya gejala awal akan terjadi pada hari kedua setelah terinfeksi dan jika tidak segera mendapat penanganan maka penyakit ini bisa merusak fungsi ginjal penderitanya.

Itulah beberapa hal penting mengenai cara menghilangkan nyamuk di rumah dan jenis nyamuk serta penyakit yang bisa dibawa. Maka dari itu jika rumah Anda diserang hama nyamuk, segera atasi dengan jasa pembasmi hama Bintoro Pest.

Leave a Reply

Your email address will not be published.