18 January

Cara Membasmi Semut Pada Tanaman Secara Alami dan Efektif

Memiliki tanaman yang banyak di taman tentunya mewajibkan Anda mengetahui cara membasmi semut pada tanaman secara alami. Cara yang tepat juga harus diimbangi dengan penyediaan alat serta bahan yang mendukung. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan antara lain tepung, air lemon atau jeruk dan juga semen.

Meskipun yang digunakan adalah bahan-bahan alami namun pengaplikasian dan pembersihan sisa bahan ini juga harus diperhatikan.

Daftar Isi

Cara membasmi semut pada tanaman secara alami dan efektif

Sudah membasmi semut dengan susah payah namun masih khawatir jika semut tersebut bisa kembali? Ternyata ada tips khusus yang bisa dilakukan untuk membuat semut jera datang kembali. Langkah yang tidak tepat akan membuat Anda harus melakukan pengusiran atau pembasmian ulang pada semutnya.

Adapun beberapa langkah yang perlu dilakukan agar semut yang sudah pergi tidak datang kembali seperti di bawah ini:

  • Jauhkan penempatan tanaman

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menjauhkan penempatan dari tempat sampah dan juga tanamannya. Semut suka dengan tempat sampah biasanya selalu berkumpul di sana untuk mendapatkan makanan. Ini bisa menjadi pemicu semut akan kembali berkerumun pada pot tanaman.

Menjauhkan tempat sampah dari pot tanaman ini juga termasuk cara membasmi semut pada tanaman pot yang efisien. Jarak yang lumayan jauh ini akan menyulitkan semut untuk kembali datang ke tanaman atau bahkan ke dalam rumah. Banyak orang yang tidak mengerti mengenai korelasi antara semut dan tempat sampah ini sehingga mereka menyepelekan penempatannya.

  • Berikan alas untuk penempatan pot

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah memberikan alas untuk penempatan potnya. Dengan tidak langsung Anda wajib memberikan wadah tertentu agar pot tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Biasanya wadah ini berbentuk mangkok atau piring yang diberikan air biasa atau air sabun.

Wadah ini bisa menghalangi semut untuk menjangkau langsung pada tanamannya. Nantinya semut akan masuk pada wadah tersebut dan mati. Dengan begitu tanamannya akan lebih aman dari jangkauan semutnya. Pemilihan alas ini bebas saja asalkan mampu menampung air dan juga pot di atasnya.

  • Gunakan perabot yang langsung bersentuhan dengan tanah

Memiliki rumah yang rawan adanya semut? Jangan khawatir untuk mengantisipasinya yang perlu dilakukan adalah memilih perabot yang tidak memiliki kaki atau yang langsung bersentuhan dengan lantai. Kolong dari perabot ini bisa memberikan ruang yang cukup luas untuk tempat persembunyian semut dan juga sisa makanan yang dibawa.

Namun jika terpaksa ini menggunakan perabot dengan kolong Anda perlu memperhatikan setiap cara pembersihannya. Pembersihan yang benar akan menghalau semut untuk datang ke rumah. Jadi tidak akan memberikan kesempatan untuk semut masuk dan bersarang di kolong tersebut.

Baca Juga : Cara Ampuh dan Alami Mengusir Semut di Rumah

  • Pembersihan rumah yang rutin

Memiliki masalah dengan seringnya semut datang ke tanaman atau masuk ke dalam rumah? Jangan khawatir untuk mengatasinya Anda bisa melakukan pembersihan rumah dengan rutin. Pembersihan ini juga tidak perlu yang rumit hanya perlu menyapu dan mengepel lantainya.

Pembersihan ini bisa membantu rumah terhindar dari sisa makanan atau bangkai serangga sehingga mengundang semut untuk datang. Rumah yang bersih juga menghilangkan aroma dan juga kotoran lain yang menarik perhatian semut jadi Anda tidak akan terusik dengan kehadiran semut ini.

Meskipun jarak rumah dengan taman jauh namun semut juga bisa datang karena kondisi rumah yang terlalu kotor. Jadi semut ini akan betah berada di sekitar rumah dan juga tamannya. Sehingga kebersihan dari dua tempat ini memang harus diperhatikan dengan maksimal

  • Perhatikan kebersihan tempat sampah

Cara membasmi semut pada tanaman di halaman berikutnya yang bisa dilakukan adalah memperhatikan kebersihan dari tempat sampah. Tempat sampah adalah salah satu tempat yang sering digunakan semut untuk tinggal karena mencari sisa makanan. Jadi jangan biarkan tempat sampah kotor dan berbau.

Anda wajib melakukan pembersihan teratur dan membersihkan tumpukan sampah agar tidak mengundang semut. Kalau perlu gunakan pewangi tambahan untuk menyamarkan aroma tidak sedap dari tempat sampahnya.

Tips mengusir dan mencegah semut dari tanaman datang kembali

Lalu bagaimana jika semut yang dihilangkan masih menempel dan kembali membuat rumah di tanaman? Tanaman juga wajib diperhatikan kebersihannya sehingga untuk menangkal datangnya semut ke tanaman Anda bisa menggunakan beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Hapus Jejak Semut

Banyak orang yang tidak tahu jika semut ini selalu hidup berkoloni dan mengikuti arah pemandu semutnya. Jadi dengan menghilangkan jejak semut dari sekitar tanaman ini akan membuat semut yang ada di tanaman berkurang atau bahkan hilang. Cara menghilangkan jejak ini juga cukup mudah hanya dengan cairan penghilang makanan.

Pembersih lain yang bisa digunakan adalah disinfektan yang sekalian bisa membersihkan dari bakteri yang ada di sekitar tanamannya. Semut-semut yang ada di sekitarnya juga akan ikut terbasmi dengan maksimal sehingga jumlah koloninya akan berkurang.

Penghapusan jejak semut ini mungkin memang membutuhkan ketelitian untuk bisa mendapatkan jejak yang tepat. Terutama pada bagian tempat yang dekat dengan tanaman tentunya membutuhkan kejelian yang tinggi. Namun jika dilakukan dengan teliti maka jejak semut ini akan hilang dan membuat semut lain kehilangan arah.

  • Gunakan Bubuk Alami

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk menghilangkan semut di sekitar tanaman adalah menggunakan bubuk-bubuk alami. Bubuk yang bisa digunakan berupa kayu manis, bubuk tepung dan juga kulit lemon. Bahan yang digunakan ini tidak akan merusak lingkungan bahkan berbau cukup segar.

Namun bau yang segar ini nyatanya tidak disukai oleh semut sehingga cocok untuk menangkal datangnya semut masuk ke dalam pot tanaman. Bubuk alami ini bisa ditabur sesuai dengan kebutuhannya dan bisa ditabur kapan saja. Hanya saja untuk bubuk alami ini memang memiliki aroma yang menyengat.

Aroma menyengat dari bubuk alami ini juga mengganggu pernafasan manusia jika terhirup secara sering. Jadi selalu perhatikan tempat-tempat yang akan ditaburi dengan bubuk alami ini.

  • Kapur Serangga

Cara membasmi semut pada tanaman di rumah terakhir yang bisa digunakan adalah melalui kapur serangga. Kapur serangga merupakan langkah yang cukup efektif diaplikasikan untuk mengusir dan membunuh semut bahkan serangga lainnya. Hanya saja kapur ini akan memberikan garis yang kurang estetik untuk dilihat.

Namun kembali lagi bahwa kapur ini adalah langkah yang praktis tanpa ribet untuk digunakan kapan pun saat dibutuhkan. Meskipun harus merogoh pengeluaran lebih banyak untuk pembelian kapurnya namun cara ini menjadi pilihan paling manjur untuk mengatasi semut yang banyak pada tanaman.

Pilihlah pot dari bahan tanah dengan warna putih untuk menyamarkan kapur yang dilingkarkan pada potnya. Kapur ini juga sering menghilang garisnya sehingga melingkari potnya juga harus dilakukan dengan sering untuk membuat semut tidak berani datang ke tanamannya.

Itulah beberapa langkah efektif mengenai cara membasmi semut pada tanaman secara alami ala Bintoro Pest yang bisa dilakukan sesuai dengan permasalahan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *