10 February

Cara Membasmi Nyamuk Paling Ampuh Secara Alami

Nyamuk adalah salah satu serangga yang sangat mengganggu jadi Anda wajib tahu mengenai cara membasmi nyamuk dengan benar. Nyamuk menyukai area-area yang mendukungnya untuk berkembang biak seperti perkebunan, sawah bahkan rumah dengan genangan air ditambah musim hujan yang tidak ada habisnya.

Nyamuk ini bisa diusir menggunakan cara-cara yang alami secara efektif agar mengurangi populasi perkembangannya. Anda bisa memilih cara pengusiran yang efisien untuk dilakukan.

Daftar Isi

Mengenal cara membasmi nyamuk di kebun

1. Tanaman

cara membasmi nyamuk

Meskipun tanaman adalah salah satu sarana yang banyak digunakan nyamuk untuk berlindung dan berkembang biak, namun perlu diketahui beberapa jenis tanaman tertentu ternyata justru mampu mengusir nyamuk dengan praktis. Biasanya ciri-ciri tanaman ini adalah memiliki aroma yang menyengat dan mengganggu indra penciuman nyamuk.

Anda bisa meletakkan tanaman dengan ciri seperti ini pada lingkungan kebun agar perkembangan populasi nyamuk tidak semakin merajalela. Ada beberapa jenis tanaman dengan aroma menyengat yang cocok untuk ditempatkan pada area kebun seperti akar wangi, Lavender, basil, cengkeh, geranium dan juga kantong semar yang langsung bisa menangkap nyamuknya.

Nyamuk merupakan hewan yang cepat merasa terusik ketika ada suatu hal yang mengganggu ketenteramannya meskipun hanya berupa aroma menyengat. Bagi Anda yang tidak memiliki gangguan terhadap aroma tanaman yang menyengat cara mengusir nyamuk dengan tanaman ini sangat direkomendasikan karena tidak menimbulkan efek samping.

2. Obat

cara membasmi nyamuk

Cara membasmi nyamuk di halaman rumah kedua yang bisa dilakukan adalah menggunakan obat khusus yang bisa membunuh nyamuk dengan efektif. Dari pada menggunakan obat nyamuk dengan bahan yang kimia baik berupa larutan maupun bakar ternyata kapur barus ini bisa menjadi alternatif yang tepat.

Kapur barus yang ada tinggal dimasukkan ke dalam gelas yang berisikan air kemudian diletakkan pada area yang banyak nyamuknya. Selain lebih aman, kapur barus ini juga mudah sekali untuk didapatkan. Selain bisa membasmi nyamuk yang sudah dewasa Anda bisa menggunakan abate untuk membunuh nyamuk yang masih berupa jentik-jentik.

Biasanya abate ini akan dilarutkan pada area tampungan air tempat dimana banyak jentik-jentik nyamuk di dalamnya. Dengan begitu Anda sudah melakukan cara yang paling tepat yakni membasmi nyamuk dewasa lengkap dengan jentik-jentiknya.

 

Baca Juga : Cara Mengusir Nyamuk yang Terbukti Paling Ampuh

 

3. Gunakan predator

cara membasmi nyamuk

Selain bisa dibunuh menggunakan obat khusus, ternyata nyamuk ini juga bisa dibasmi menggunakan predator tertentu. Ada dua jenis hewan yang cocok dipelihara untuk mengantisipasi perkembangan nyamuk yang merajalela terutama untuk area kebun. Hewan pertama yang cocok dipelihara adalah ikan.

Ikan Mas, Nila Merah, Cupang dan juga jenis ikan lainnya ternyata mampu memakan telur ikan yang diletakkan pada kolam genangan air. Ikan jenis tersebut mampu memangsa jentik nyamuk dalam jumlah yang besar yakni lebih dari 50 buah dalam sekali lahap. Tentunya cara ini selain bisa membasmi nyamuk dengan praktis dan juga bisa menambah keindahan kebun dengan kolam ikan.

Sebenarnya ada jenis hewan lain yang juga bisa membunuh nyamuk yakni nyamuk itu sendiri. Meskipun belum ada kabar kelanjutan mengenai hal ini, namun nyamuk spesies baru ini mampu memakan nyamuk yang mengganggu tersebut.

4. Menjaga lingkungan

cara membasmi nyamuk

Cara membasmi nyamuk di kebun berikutnya adalah dengan menjaga lingkungan agar selalu bersih dan terjaga dari genangan air. Anda bisa memulai dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya terutama sampah plastik karena sulit untuk hancur dan bisa menampung genangan air pada saat hujan.

Kemudian jangan lupa untuk membuat saluran drainase. Hal ini bertujuan untuk menghalangi nyamuk berkembang biak karena drainase sendiri mampu membuat air cepat meresap ke dalam tanah sehingga tidak memberikan kesempatan nyamuk untuk bisa bertelur pada genangan air tersebut.

Mengenal jenis tanaman pengusir nyamuk

Anda bisa mengusir nyamuk dengan cara alami yakni memanfaatkan beberapa tanaman tertentu untuk mengusirnya. Tanaman ini mampu memancarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga mereka akan pergi.

Adapun beberapa tanaman yang dimaksud bisa dilihat di bawah ini:

• Sereh

cara membasmi nyamuk

Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk resep masakan khas Indonesia ini ternyata cukup ampun untuk mengusir nyamuk secara alami. Sereh sendiri memiliki aroma khas yang enak dan di dalamnya terdapat kandungan zat sitronelal dan juga graniol. Kedua zat ini adalah pantangan bagi nyamuk.

Itulah mengapa selain Lavender, sereh ini juga banyak digunakan sebagai bahan campuran pembuatan lotion anti nyamuk.

• Rosemary

cara membasmi nyamuk

Tanaman kedua yang juga dipilih karena mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk adalah Rosemary. Tanaman ini banyak digunakan untuk bahan campuran pembuatan minyak telon. Sehingga jangan kaget jika mencium aroma tanamannya maka akan mirip dengan minyak telon bayi yang disertai anti nyamuk di dalamnya.

• Pepermin

cara membasmi nyamuk

Mulai dari daun sampai dengan minyak olahan dari mint ini memang terkenal memiliki aroma yang segar namun tidak disukai oleh serangga, termasuk nyamuk. Pepermin sendiri banyak digunakan untuk pembuatan minyak pengharum ruangan dan juga bahan tambahan untuk memasak. Anda bisa menggunakan daunnya secara langsung maupun minyak olahan aromanya.

• Pandan

Cara membasmi nyamuk secara alami berikutnya adalah menggunakan tanaman pandan. Merupakan jenis tanaman yang mudah ditemukan di sekitar rumah. Pandan ini memiliki aroma yang khas dengan sari warna hijau yang banyak digunakan sebagai pewarna makanan yang alami sekaligus penambah aroma yang sedap.

Pandan ini banyak tumbuh di area dengan tipe tropis. Bahkan ketika Anda harus membelinya harganya juga cukup terjangkau untuk mengusir nyamuk dengan cara yang alami.

• Lavender

Sudah bukan menjadi rahasia kalau Lavender ini bisa mengusir nyamuk karena aromanya yang tidak disukai. Lavender dengan warna khas ungunya ini mampu mengusir nyamuk dengan cepat sehingga bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan obat nyamuk maupun lotion anti nyamuk untuk lebih praktisnya.

Ada penelitian khusus yang memberikan penjelasan bahwa aroma dari Lavender ini sangat kuat bahkan lebih kuat dari jenis tanaman berbau lainnya. Sehingga nyamuk yang lewat sekitar tanaman ini dan menghirup aromanya bisa langsung pusing dan menjauh.

• Kemangi

Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk lalapan sambal ini juga memiliki aroma wangi yang menyengat. Kemangi ini cukup mudah untuk ditanam bahkan tanpa harus dipotong atau dihancurkan aroma alami dari kemangi ini sudah muncul dengan sendirinya. Anda bisa menanam tanaman ini untuk pengusiran nyamuk yang mudah.

• Kantong semar

Untuk jenis tanaman yang satu ini memang tidak menimbulkan bau apa pun yang bisa mengusir nyamuk, namun bentuk kantung dari tanaman ini mampu memangsa nyamuk secara cepat. Tanaman ini bisa ditanam sebagai hiasan dan sekaligus mengurangi populasi nyamuk dengan cara melahapnya langsung.

Bahkan kantong semar ini tidak hanya memangsa nyamuk melainkan semua serangga yang ada di sekitarnya.

Itulah beberapa hal mengenai cara membasmi nyamuk ala Bintoro Pest yang bisa dilakukan untuk area perkebunan secara alami dan tentunya efektif. Namun, jika ingin lebih praktis maka Anda bisa gunakan jasa pembasmi hama nyamuk di area terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.