Enter the content which will be displayed in sticky bar

7 Cara Mengusir Rayap Sampai Habis

Cara mengusir rayap selain menyewa jasa pembasmi rayap, juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang sering bersarang di kayu dan tempat-tempat lembab lainnya. Rayap hidup berkelompok dan hampir sama seperti semut, terdiri dari kelompok pekerja dan ratu rayap yang memiliki tugas masing-masing. Jumlah rayap bisa sangat banyak saat bersarang, apalagi ratu rayap yang punya kemampuan berkembang biak dimana dalam sehari bisa mengeluarkan 30 ribu telur rayap.

Jika ada bekas-bekas kerusakan seperti kayu keropos dan semacamnya, bisa jadi di rumah Anda sudah ada sarang rayap. Sebaiknya harus segera dibasmi karena akibat dari rayap bisa sangat fatal mulai dari kayu mengeropos hingga dapat menyebabkan fondasi rumah roboh. Apalagi kalau sarang rayap berada di fondasi kayu atau tembok. Hal ini karena rayap tidak pernah berhenti merusak dan makan setiap harinya.

Tanda rumah sudah menjadi sarang rayap

Sebelum kita membahas tentang cara mengusir rayap di rumah, sebaiknya Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja tanda rumah yang sudah menjadi sarang rayap ini:

1. Tumpukan sayap yang berserakan

Rayap dewasa yang memasuki fase aktif reproduksi biasanya akan gencar mencari pasangan. Mereka akan banyak bergerak dan terbang meski dengan sayap yang tergolong mudah patah. Itulah sebabnya jika rumah Anda mulai ditemukan banyak sayap transparan berukuran kecil, maka bisa jadi ada koloni rayap yang bersarang.

2. Tembok terdengar kopong

Rayap sangat gemar menggerogoti tembok serta perabotan rumah lainnya, apalagi yang terbuat dari bahan kayu. Coba cek dengan mengetuk tembok rumah, apakah ketika diketuk, tembok terdengar kopong karena kemungkinan besar ada rayap aktif yang menggerogoti tembok rumah Anda.

3. Ada lubang di perabot kayu atau dinding serta lantai

Jika rayap sudah bersarang, maka sering banyak kasus dimana perabotan rumah hingga dinding kelihatan banyak berlubang. Jika sudah seperti ini maka jelas ada koloni rayap bersarang di dalam perabotan kayu atau dinding tersebut.

Selain tanda-tanda di atas, biasanya rayap yang bersarang juga akan meninggalkan gundukan kotoran rayap yang menggunduk di lantai. Lalu perabotan kayu yang keropos dan berlubang juga bisa jadi tanda kehadiran rayap.

Ini dia cara mengusir rayap sampai habis menggunakan bahan alami

1. Kapur sirih

Anda bisa memakai larutan kapur sirih untuk membasmi rayap yang ada di area rumah. Cara ini lebih aman daripada menggunakan obat-obatan kimia. Anda cukup mengguankan larutan kapur sirih yang dimasukkan ke dalam botol semprotan lalu semprotkan langsung ke area yang Anda sudah pastikan ada sarang rayap. Selain membasmi rayap, larutan ini rupanya juga efektif untuk membunuh rayap yang masih berbentuk larva.

2. Minyak jeruk

Anda bisa memakai minyak jeruk sebagai cara mengusir rayap di lemari yang ampuh. Gunakan minyak ini untuk meracuni rayap sehingga mati. Minyak jeruk berfungsi sebagai pestisida alami dan Anda cukup oleskan minyak ini berkali-kali di bagian perabotan seperti lemari atau tembok yang Anda yakini ada sarang rayap. Sebuah studi menyatakan bahwa kandungan yang ada pada minyak jeruk bisa efektif membunuh rayap hingga 68-96 persen. Hal ini berkat bahan aktif d-limonene yang terdapat pada minyak jeruk.

3. Cuka

Tidak hanya minyak jeruk atau kapur sirih, namun Anda bisa memakai cuka untuk membasmi rayap. Bahan dapur satu ini memiliki kandungan atau bahan aktif yang berfungsi membuat rayap mati. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan cuka ke bagian area rumah yang terdapat sarang rayap berkali-kali selama 8 hari dan tunggu saja rayap akan pergi.

4. Lidah buaya

Ada bahan alami lainnya yang ampub dalam membasmi rayap di rumah, yaitu lidah buaya. Lidah buaya memang sudah menjadi rahasia umum menawarkan banyak manfaat mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan. Tidak hanya itu, rupanya gel dari lidah buaya bisa diambil untuk membasmi rayap. Anda tinggal mengambil lidah buaya secukupnya, bersihkan lalu buatlah menjadi jus dengan diblender. Setelah itu masukkan ke dalam botol spray dan semprotkan ke bagian area atau perabotan rumah yang terkena rayap.

5. Air panas

Di antara semua bahan alami yang efektif untuk mengusir rayap, ada satu bahan termurah yang bisa Anda coba yaitu air panas. Metode ini sangatlah praktis dan tentunya lebih hemat budget. Anda hanya perlu memasak air panas atau ambil dari dispenser, kemudian siramkan langsung ke area rayap aktif yang ada di sekitar rumah seperti lemari, tembok, kitchen set, dsb. Rayap akan langsung mati sebab mereka tidak tahan dengan air yang bersuhu tinggi. Sayangnya kelemahan dari metode ini hanya mampu membunuh rayap yang ada di luar, namun tidak di dalam tembok atau fondasi.

6. Puntung rokok

Mungkin cara ini terdengar sangat aneh, tapi rupanya kandungan yang ada pada puntung rokok dapat dipakai untuk mengusir rayap dari rumah Anda. Caranya dengan merendam 10 puntung rokok dengan 2 gelas air, kemudian tambahkan ½ sdm garam. Biarkan larutan tersebut semalaman, setelah jadi masukkan ke dalam botol spray dan semprotkan langsung pada bagian yang diserang oleh rayap. Anda bisa gunakan puntung rokok sebagai cara mengusir rayap di tembok.

7. Kombinasi daun pepaya dan daun sirih

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kapur sirih terkenal ampuh dalam membasmi rayap. Rupanya tidak hanya kapur sirih, namun Anda bisa membuat obat alami dari kombinasi daun sirih ditambah daun pepaya untuk mengusir rayap. Gunakan dengan cara memblender daun pepaya dan daun sirih, tambahkan air secukupnya dan saring. Masukkan air daun pepaya dan sirih tersebut ke dalam botol spray lalu semprot ke area sarang rayap. Pakai perbandingan jumlah 2:1 saat membuat ramuan ini.

Itulah tadi beberapa cara mengusir atau membasmi rayap sampai habis di rumah Anda. Menggunakan cara alami memang lebih aman daripada bahan kimia, apalagi jika di rumah ada anak-anak serta hewan peliharaan. Akan tetapi jika Anda sudah berusaha membasmi rayap tersebut, namun rumah masih dipenuhi dengan sarang rayap yang semakin bertambah maka Anda bisa gunakan bantuan jasa anti rayap. Khususnya kalau Anda tidak tahu cara mengusir rayap di atap rumah karena jangkauannya yang tinggi.

Jasa anti rayap dan serangga bisa membasmi sarang-sarang rayap supaya akibat pengrusakannya tidak bertambah parah. Mereka bisa membasmi misalnya dengan mengasapi seluruh bagian rumah hingga menggunakan alat penyedot rayap yang ampuh membasmi seluruh rayap sampai tuntas. Tentunya cara mengusir rayap dengan bantuan jasa profesional seperti ini lebih ampuh dan dipastikan tuntas dibandingkan memakai cara-cara alami. Selain itu, jangkauannya juga bisa lebih luas hingga tiap sudut dan atap rumah. Selamat mencoba.

Deskripsi: Cara mengusir rayap sampai habis bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa obat alami yang dapat dibuat sendiri di rumah berikut ini!

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp Kami Disini