26 February

6 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Sereh Secara Praktis dan Alami

Nyamuk merupakan salah satu predator yang cukup mengganggu kenyamanan sehingga penting untuk mengetahui cara mengusir nyamuk dengan sereh yang tepat. Sereh merupakan tanaman alami yang mudah dalam hal perawatan dan juga memiliki aroma khas sehingga nyamuk tidak suka.

Selain banyak terdapat pada bahan campuran obat nyamuk maupun losion anti nyamuk, sereh ini bisa Anda olah sendiri sebagai anti nyamuk yang efektif.

Daftar Isi

Cara mengusir nyamuk dengan sereh yang praktis

1. Sereh dan minyak esensial

cara mengusir nyamuk dengan sereh

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencampurkan sereh dengan minyak esensial lainnya. Anda bebas memilih menggunakan minyak sereh ataupun sereh yang masih segar, namun untuk keperluan lotion lebih disarankan menggunakan sereh dalam bentuk minyak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengaplikasiannya pada kulit.

Minyak esensial lain yang bisa digunakan bebas saja, namun yang paling recommended adalah jenis rosemary dan zaitun. Kedua minyak ini mampu memberikan formula tambahan yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Yang terpenting aroma dari dua bahan ini jika tercampur dengan minyak sereh juga akan sedap dan tidak aneh.

Ketika Anda memilih untuk menggunakan cara ini maka yang perlu diperhatikan adalah mengenai aroma akhir dari kedua jenis minyak esensial yang akan dicampur nantinya. Aroma yang aneh dan menyengat tentu akan membuat Anda tidak nyaman untuk menggunakannya.

Dengan cara ini tentu lebih menyenangkan karena Anda bisa melakukan eksperimen dengan bebas menggunakan beberapa jenis minyak esensial kesukaan yang berbeda-beda. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai dunia perminyakan dengan aroma bahan alami yang menenangkan.

2. Gunakan diffuser

cara mengusir nyamuk dengan sereh

Cara mengusir nyamuk dengan sereh di rumah kedua ini sangat cocok untuk Anda yang tidak suka menggunakan losion anti nyamuk. Beberapa alasan yang sering muncul dari orang yang tidak suka losion anti nyamuk adalah gerah dan sulit meresap dengan baik. Apalagi yang sampai muncul kemerahan karena iritasi dan kulit yang sangat sensitif.

Untuk menghindari efek samping tersebut Anda bisa menggunakan diffuser untuk membantu mengusir nyamuk menggunakan sereh. Namun karena menggunakan diffuser maka Anda wajib menggunakan sereh yang sudah terolah dalam bentuk minyak yang siap untuk dipakai.

Biasanya pada merek diffuser tertentu sudah menyediakan lengkap dengan pilihan minyak dari bahan alami, salah satunya adalah sereh. Untuk penggunaannya cukup teteskan maksimal 5 tetes pada air diffuser. Barulah nyalakan alat diffusernya, cara ini mampu mempermudah penyebaran aroma sereh ke seluruh ruangan dengan praktis.

Bahkan ketika menggunakan diffuser ini Anda tidak hanya bisa menggunakan satu jenis minyak esensial saja melainkan bisa menggabungkannya dengan beberapa jenis minyak sekaligus. Dengan begitu dalam satu malam beberapa manfaat sekaligus bisa langsung Anda dapatkan dengan mudah.

Baca Juga : Cara Mengusir Nyamuk dengan Hp Lewat Aplikasi Canggih Ini

3. Lilin sereh

cara mengusir nyamuk dengan sereh

Cara lain dalam menikmati aroma sereh untuk mengusir nyamuk adalah memilih lilin aroma terapi dengan varian sereh. Layaknya jenis lilin aroma terapi pada umumnya untuk menikmati aromanya Anda perlu menyalakan lilinnya terlebih dahulu. Selain mampu mengusir nyamuk lilin ini juga bisa membantu Anda lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

Lilin sereh ini bisa Anda jumpai dengan mudah di pasaran dengan harga yang bervariasi, namun jika merasa harganya terlalu mahal maka kreasikan saja sendiri lilin sereh dengan bahan yang murah. Tentu sebelum membuatnya siapkan terlebih dahulu bahan untuk lilin dan juga minyak serehnya.

Ambil beberapa batang bahan olahan lilin kemudian cairkan dan tambahkan beberapa tets minyak sereh, jangan lupa untuk mengaduknya dengan cepat agar minyaknya tersebar dengan rata. Anda harus bekerja dengan cepat dalam memindahkan pada wadah cetakan lilin dan berikan sumbu untuk menyalakannya.

Tunggu beberapa saat dan lilin sereh sudah bisa Anda gunakan ketika dibutuhkan. Cara yang satu ini juga merupakan alternatif paling praktis untuk menggantikan diffuser maupun obat nyamuk yang lebih efektif. Bahkan dengan mengolahnya menjadi lilin kebutuhan minyak sereh menjadi lebih sedikit.

Sebenarnya cara ini adalah kelanjutan dari cara sebelumnya namun tidak lagi menggunakan botol semprot melainkan langsung menggunakan diffuser.

4. Mengoleskan minyak sereh

cara mengusir nyamuk dengan sereh

Cara mengusir nyamuk dengan sereh di kamar keempat adalah langsung menggunakan minyak sereh sebagai losion anti nyamuk yang praktis. Tentunya cara yang pertama adalah membeli minyak sereh dengan merek apa saja kemudian oleskan saja pada bagian kaki dan tangan secara merata.

Namun perhatikan dalam penggunaannya karena tidak semua jenis kulit cocok dengan olahan minyak terlebih untuk kulit yang sensitif. Anda wajib menghentikan penggunaan jika terjadi iritasi yang ringan seperti gatal, kemerahan ataupun sampai yang berat sekalipun karena berbahaya untuk kulit Anda.

Untuk menghindari kandungan minyak sereh yang sangat berat Anda bisa mengakalinya dengan mencampurkan dengan air secukupnya pada wadah semprot. Tuangkan beberapa tetes minyak sereh pada air dalam botol. Kemudian semprotkan pada tangan dan kaki untuk pengganti losion nyamuk.

Bahkan dengan mencampurkannya menggunakan air akan membuat persediaan minyak sereh Anda lebih awet. Penggunaan semprotan ini bisa juga digunakan untuk menyemprot ruangan secara keseluruhan ataupun langsung pada gerombolan nyamuk yang mengumpul.

5. Menggunakan sereh segar

Selain menggunakan minyak sereh Anda juga bisa mengusir nyamuk menggunakan sereh yang masih segar. Dalam menggunakannya cukup ambil beberapa batang sereh segar kemudian potong besar-besar dan letakkan pada wadah mangkok. Terakhir cukup taruh saja pada sudut ruangan yang banyak terdapat gerombolan nyamuk.

Cara kedua yang bisa Anda gunakan untuk sereh segar ini adalah dengan mencincangnya sampai halus kemudian campurkan dengan pepermin oil atau jenis minyak lainnya pada wadah mangkok. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang kurang suka dengan aroma sereh untuk menyamarkannya.

Namun perlu diperhatikan ketika menggunakan bahan yang segar ini karena bisa mengalami pembusukan dan juga aroma yang hilang karena serehnya sudah kering. Jadi untuk penggunaan sereh yang segar ini disarankan mengganti potongan sereh setiap harinya agar tetap ampuh dalam mengusir nyamuk.

6. Menanam tanaman sereh sendiri

Cara mengusir nyamuk dengan sereh secara alami berikutnya adalah dengan menanam tanaman sereh tersebut sendiri di pekarangan rumah. Tanaman sereh yang ada di halaman rumah mampu menghalau masuknya nyamuk ke dalam rumah. Bahkan jika penanamannya tepat pada bawah jendela maupun dekat ventilasi lainnya.

Untuk hasil yang efektif Anda bisa mengiris sedikit sereh yang masih menancap pada tanah. Cara ini mampu memberikan aroma yang lebih pekat untuk serehnya. Bahkan dengan memiliki tanaman serehnya sendiri Anda bisa mudah untuk mengambilnya kapan saja ketika butuh.

Tidak perlu khawatir mengenai perawatannya karena tanaman sereh ini tidak membutuhkan perlakuan khusus dan bukan merupakan tanaman yang menjulang tinggi. Anda cukup memiliki sepuluh batang atau lebih pohon sereh untuk antisipasi nyamuk yang praktis. Anda juga bisa mencoba cara mengusir nyamuk yang terbukti paling ampuh dengan cara Klik Disini.

Itulah beberapa pilihan mengenai cara mengusir nyamuk dengan sereh. Selain cara alami tersebut, Anda juga bisa coba minta bantuan jasa pembasmi hama yang lebih efektif dalam mengusir berbagai hama seperti Bintoro Pest.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *